Beginilah Cara Menggabungkan File Video dan Memisahkannya

27 Dec 2012 16:30 7960 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Ada waktu dimana Anda butuh untuk memisahkan satu file video berukuran besar menjadi beberapa bagian. Video yang dibagi tersebut Anda gunakan untuk mengakali koneksi internet yang kadang lambat dan bahkan terputus ketika Anda sedang mengirimkan suatu file.

Ada waktu dimana Anda butuh untuk memisahkan satu file video berukuran besar menjadi beberapa bagian. Video yang dibagi tersebut Anda gunakan untuk mengakali koneksi internet yang kadang lambat dan bahkan terputus ketika Anda sedang mengirimkan suatu file. Dengan begini, Anda mengurangi resiko ketika mengirimkan atau meng-upload video. Namun, dalam beberapa kesempatan, Anda juga butuh untuk menggabungkan suatu file video. Oleh karena itu, diperlukan berbagai opsi yang dapat memenuhi kebutuhan Anda tersebut. Suatu program untuk menggabungkan dan memisahkan video diperlukan, jika Anda sering melakukan upload dan download video yang terpisah. Apabila video yang terpisah memiliki format Zip atau RAR, hal itu tidak menjadi masalah.

Tetapi jika video itu terdiri dari beberapa potongan clip dari suatu file berukuran besar, maka Anda membutuhkan bantuan suatu program. Menggabungkan dan memisahkan video adalah suatu hal yang mudah. Dengan syarat, file video yang Anda gunakan memiliki format dan codec yang sama. Ada banyak program untuk penggabungan dan pemisahan video yang dapat Anda gunakan. Berikut ini Paseban menampilkan beberapa cara menggabungkan file video dan memisahkannya dengan menggunakan software berikut ini:

Format Factory Format Factory adalah software video dan audio converter yang kaya akan fitur, yang memiliki area untuk program split dan merge. Dalam menggunakan area split, adalah hal yang mudah untuk melakukannya, semudah Anda mencari file video dalam komputer. Setelah itu, Anda dapat mengatur jarak waktu clip video dari waktu mulai hingga waktu akhir dan kemudian mulailah pemrosesan.

Proses merge juga sesimpel proses split. Di luar itu, Format Factory menawarkan file converter, dimana akan ada opsi jika Anda ingin untuk mengubah format dan ukuran file yang dihasilkan. Software yang support dengan platform Windows ini juga mendukung berbagai format video seperti AVI, MPEG, MP4, MKV, WMV, FLV, SWF, dan 3GP.

Movica Movica adalah suatu proyek open source. Software edit video ini pada dasarnya adalah tampilan dari program lain yang memegang kendali dalam hal video editing.

Program seperti AsfBin, MpgTx, flvtool telah diinstalasi sebagai bagian dari software. Dalam software ini, Anda dapat melakukan berbagai hal yaitu memilih dan menghapus satu atau lebih file video, menggabungkan banyak file secara bersamaan, memisahkan file video menjadi bagian-bagian kecil, juga mendukung untuk edit beberapa file audio. Software ini didesain untuk kebutuhan Anda akan editing berbagai format video seperti MPG, WMV, dan FLV. Untuk memudahkan penggunaan, juga disediakan shortcut pada keyboard pada beberapa fitur. Movica akan membawa Anda untuk melakukan split file termasuk didalamnya pengaturan durasi, jumlah bagian yang diinginkan, atau ukuran pada setiap bagian. Untuk penggabungannya juga sederhana, dimana Anda memilih file video yang Anda inginkan, kemudian mengaturnya jika dibutuhkan, dan klik join untuk memulai proses join file. Lama pemrosesan yang berjalan tergantung pada besarnya file.

Mediajoin Seperti namanya, Media join adalah program video dan audio joiner. Program gratis ini akan dengan mudah Anda pakai dan mendukung format file WMA, WAV, OGG, AVI, MPEG-1, MPEG-2, WMW serta format audio MP3. Pengoperasian untuk penggabungan file cukup Anda lakukan dengan hanya beberapa klik, yaitu Anda memilih file yang akan digabung dan menyusun mereka secara berurutan. Pilih Media Type dan format output yang Anda inginkan. Di dalamnya juga terdapat pengaturan video dan audio. Anda dapat mengatur secara spesifik codec, bitrate, atau video profile.

HJSplit Jika Anda mencari program yang memisahkan file dengan cepat tanpa mengatur codec, HJSplit adalah pilihan yang tepat. HJSplit memisahkan file menjadi bagian-bagian yang kecil, dimana program ini juga dapat menggabungkannya kembali secara cepat, serta mendukung file video berukuran besar. Bagian terbaik dari HJSplit adalah, program gratis ini tidak membutuhkan instalasi serta memiliki ukuran file yang kecil.

Ada juga versi yang tersedia untuk OS seperti Linux dan Mac. Pada program ini Anda cukup memilih akan melakukan split atau join, untuk kemudian memilih file-file yang diinginkan dan setelah itu HJSplit akan memulai pemrosesan. [DEAS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel