Cara Mudah dan Cepat Menginstal Windows 8.1 dari USB Flash

8 Jan 2014 16:35 1225 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Setelah lama meluncurkan versi preview-nya, Microsoft akhirnya memperkenalkan versi pembaharuan yang paling diantisipasi sebagai penyempurna dari Windows 8, yakni Windows 8.1. 

Meskipun versi update tersedia di dalam apps store, namun update ini akan menghabiskan koneksi internet anda jika ketersediaan koneksi di rumah anda tidak dapat diandalkan. Ditambah proses ini akan memakan waktu yang sangat lama, anda harus melakukan patch lalu anda baru bisa melakukan instalasi Windows 8.1. Hal yang sama juga terjadi pada beberapa pengguna yang pernah menginstal preview dari Windows 8.1 yang mana para pnegguna ini tidak langsung dapat menginstal Windows 8.1 ke dalam mesinnya.

Jika situasi anda berada dalam situasi yang sama, maka anda dapat mengikuti tutorial ini untuk menginstal Windows 8.1 dari USB flash tanpa harus khawatir akan koneksi internet anda.

 

1.Cari Serial Number Anda

Mulailah dengan temukan lokasi dari serial number Windows 8 anda, karena Anda akan membutuhkannya sebagai bagian dari instalasi. Jika Anda telah membeli sebuah laptop atau PC yang datang dengan  Windows 8 pra-instal, maka anda harus menemukan sial number pada stiker yang menempel di suatu tempat. Jika mesin anda datang dengan tanpa stiker yang membuat serial number, maka anda harus memeriksa dokumen penjualan sistem anda, kadang-kadang sistem integrator menempel pada selembar kertas dan tersembunyi dengan manual motherboard Anda.

2.Plan B

Jika anda masih belum bisa menemukan serial number dari Windows 8 anda, maka anda perlu bantuan dari sebuah aplikasi yang bernama Belarc Advisor yang dapat anda unduh di sini: http://www.belarc.com/free_download.html. Setelah anda mengunduh dan menginstal aplikasi ini, jalankan aplikasi ini dan aplikasi ini secara otomatis akan memindai sistem anda sebelum membuat sebuah local web page yang memiliki ikhtisar dari sistem anda, termasuk mengungkapkan serial number Windows 8 Anda. Jangan khawatir, karena aplikasi ini tidak akan mengunggah informasi anda secara umum.

 

3.Instalasi

Dengan  serial number yang telah anda dapatkan, anda sekarang sudah bisa memulai proses untuk mengunduh Windows 8.1 ISO. Buka halaman download Windows http://windows.microsoft.com/en-us/windows-8/upgrade-product-key-only dari browser anda, dan klik pada 'Install Windows 8' (jangan klik 'Install Windows 8.1'). Ini akan memulai asisten installer. Masukkan kunci produk Anda dan pilih 'Install by creating media'. Setelah mulai men-download, segera tutup installer dengan cepat. Bisa dibilang ini adalah instalasi yang digagalkan secara sengaja, karena untuk mendapatkan file dalam bentuk ISO, anda harus melakukan hal ini.

 

4.Kembali Lagi

Sekarang Anda dapat kembali ke situs web Windows Upgrade dan klik link pertama – ini akan berlabel 'Install Windows 8.1'. Dengan mengklik ini, anda akan meluncurkan  instalasi asisten baru, dan ini adalah instalasi yang benar-benar harus anda gunakan. Sekali lagi, klik 'Install by creating media', tapi kali ini jangan membatalkannya seperi cara nomor tiga. Opsi ini memungkinkan Anda untuk membuat instalasi menggunakan USB flash atau DVD

 

Baca juga :

               4 Cara yang Seharusnya Microsoft Lakukan untuk Mempromosikan Windows 10

               Hadir dengan Layar OLED, Ini Harga Mi Band 2

 

5.Pilih dengan Bijak

Paseban merekomendasikan agar anda menggunakan USB Flash, karena ini merupakan pilihan yang umum, terutama untuk perangkat yang tidak memiliki optical Drive, dan itu jauh lebih  cepat daripada menginstal dari media CD Drive. Anda setidaknya membutuhkan USB flash dengan minimal 3GB ruang yang tersedia, jadi setidaknya anda harus memiliki USB flash dengan kapasitas paling minim 4GB, di atas itu, maka lebih baik. Proses oini akan memakan waktu cukup lama untuk membuat file image pada Drive anda (tergantung pada kecepatan koneksi yang anda miliki), jadi anda bisa meninggalkannya untuk sesaat dan menyibukkan diri sendiri  dengan kegiatan lain selagi perangkat ini menciptakan file image pada Drive anda.

 

6.Waktunya untuk Mulai

Jika Anda perlu untuk meng-update  beberapa mesin sekaligus, maka ide baik untuk mengubah installer bekerja untuk meminta nomor serial setelah proses instalasi selesai. Untuk melakukan hal ini, anda perlu membuat file baru di folder Sources dan dinamai ei.cfg dan masukkan rincian seperti berikut:

[EditionID]

Professional

[Channel]

Retail

[VL]

0

Simpan perubahan ini ke dalam USB flash anda dan anda sudah bisa memulai untuk menginstal pembaharuan ke mesin and

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel