Empat Situs Gratis yang Membantu Anda Belajar dan Tutorial Membuat Game

15 Apr 2015 20:00 7383 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Perkembangan game saat ini sangat pesat. Semua perangkat elektronika di serbu oleh game. Mobile (baik itu tablet atau smartphone), komputer, browser dan televise. Game juga cukup menjanjikan dalam hal keuangan. Dengan adanya teknologi saat ini, berjuta-juta orang berlomba membuat game namun sayangnya kurang lebih hanya sepertiganya yang terkenal

Perkembangan game saat ini sangat pesat. Semua perangkat elektronika di serbu oleh game. Mobile (baik itu tablet atau smartphone), komputer, browser dan televise. Game juga cukup menjanjikan dalam hal keuangan. Dengan adanya teknologi saat ini, berjuta-juta orang berlomba membuat game namun sayangnya kurang lebih hanya sepertiganya yang terkenal. Bahkan yang lain sama sekali tidak dipedulikan orang-orang. Ini terjadi terutama di game mobile dan browser. Tentunya, untuk membuat game pertama yang perlu di ketahui adalah pemograman. Anda bisa mendapatkan banyak bahan dari internet mengenai dasar pemograman. Namun, untuk menciptakan sebuah game yang baik, Anda bukan hanya perlu handal dalam pemograman tetapi, bagaimana Anda bisa menterjemahkan dan mengatur pikiran Anda menjadi kenyataan. Berikut beberapa situs yang menyediakan tutorial membuat game gratis. Semua berbahasa Inggris, tetapi untuk saat ini, bahasa merupakan rintangan yang tidak sulit untuk dilewati.

Lazy Foo Tutorials

Lazy Foo’s sudah ada selama bertahun-tahun. Situs tutorial membuat game ini cukup bagus untuk menyelidki pemograman awal pembuatan game. Dia menyediakan banyak tutorial mengenai SDL dan OpenGL, dua library grafis cross-paltform dan dapat menangani grafik 2D dan 3D. Tutorialnya ditulis dengan baik, mudah dan membuat Anda mudah berkenalan dengan library game menggunakan C++.

Plimbi sarankan masuk ke artikel yang umun dahulu kemudian berlanjut ke tutorial SDL kemudian OpenGL. Untuk grafis 2D tidak terlalu membutuhkan kemampuan matematika yang tinggi. Berbeda dengan 3D, Anda harus bisa matematika. Tetapi kalau Anda memiliki basic yang kuat dan percaya diri, silahkan langsung ke OpenGL. Anda bisa mengaksesnya di sini.

 

Baca juga :

                    PES Club Manager, Game Adiktif Sebenarnya

                    Tips Agar Artikel Mendapat Status “Approved by Plimbi”

 

Aaron Cox

Aaron Cox merupakan situs gratis untuk belajar pemograman video game. Namun, situs ini lebih berfokus pada pembuatan game 2D menggunakan library  grafis SDL jadi, Anda dapat menyatukan pelajran yang di dapat dari Lazy Foo’s. Aaron memiliki gambaran SDL sendiri dan mereka memberikan fondasi yang kuat tetapi, kajian mereka tidak sedalam Lazy Foo’s.

Alas an Aaron Cox’s masuk dalam rekomendasi Plimbin karena dia memiliki banyak contoh game arcade menggunakan SDL. Dia memiliki tutorial lengkap untuk membuat kloningan Tetris, Pingpong dan Breakout. Ini penting untuk programmer pemula karena akan mengajari logika sebuah game. Anda perlu membentuk pola pikir dan paradigma, tutorial dari Aaron Cox’s akan membawa Anda. Anda bisa mengaksesnya di sini.

Pengembangan Game Tuts+

Tuts+ bukan hanya menyediakan tutorial untuk pemograman game saja, Anda juga bisa menemukan tutorial disain. Disini tersedia banyak sekali tutorial pembuatan game. Tetapi, pada awalnya mungkin Anda bingung menavigasi situs ini namun, Anda akan dibimbing oleh Tuts+. Saran Plimbi, jelajahi  situs ini dahulu agar Anda bisa menemukan apa yang di inginkan.

Tuts+ memberikan tutorial langkah demi langkah pemograman sebuah game. Pada awal masuk ke halaman pengembangan game klik lah tombol “New to Tuts+: Game Development? Start Here”. Ini akan membawa Anda ke pembuatan game dari dasar sekali. Untuk selanjutnya, Anda bisa mencoba-coba dengan panduan artikel yang lain dan di sini banyak sekali artikel yang tersedia. Berlatih terus dengan mengikuti panduan, Anda mungkin akan mahir.

Di situs ini yang diajarkan hanyalah pembuatannya saja. Anda tidak akan mendapat pelajaran logika game atau membuat ide-ide baru. Hal yang paling utama Anda peroleh dari situs ini adalah kemampuan membuat game. Masalah ide atau kreatifitas itu sudah bagian Anda sendiri. Anda bisa mengaksesnya di sini.

GameDev.net

Belum lengkap rasanya bila tidak memasukkan GameDev.net. Situs ini merupakan situs komunitas internasioanal para pengembang game. Situs ini menjadi situs informative dan pusat untuk pengembang game pemula bahkan yang sudah mahir. Umur situs ini sudah 15 tahun dan tidak ada tanda-tanda dia akan mati dalam waktu dekat.

Di GameDev, Anda akan menemukan banyak sekali artikel yang ditujukan untuk pemula tetapi, yang lebih menguntungkan adalah Anda berkunjung ke forum mereka. Ada puluhan topic seperti from scratch, beginner questions, finding helpers dan coders, bisnis dan sisi hukum pengembangan game, workshop untuk mengasah keterampilan Anda dengan berbagai bahasa dan engines. Sayang sekali bila Anda melewatkan situs yang satu ini. Ini adalah situs yang memiliki sumber daya yang luar biasa. Anda bisa mengaksesnya di sini. [RIC]

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel