Tokoh-tokoh Teori Evolusi Terkenal Selain Charles Darwin

10 Nov 2013 13:00 33361 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Teori evolusi memang tidak ada habisnya untuk diperbincangkan dan diperdebatkan. Padahal teori evolusi hanyalah merupakan cabang dari ilmu biologi evolusioner. Dan dalam hal ini nama Charles Darwin dianggap sebagai sosok sentral dalam teori evolusi. Namun apakah hanya dia yang menjadi penggagas teori evolusi? Adakah tokoh-tokoh teori evolusi lain?

Pada dasarnya para ilmuwan mengajukan pendapat bahwa evolusi terjadi karena dua mekanisme, yakni dari hanyutan genetik dan seleksi alam. Dengan itulah akhirnya terjadi perubahan pada sifat-sifat terwariskan suatu populasi organisme dari generasi satu ke generasi yang lain. Teori evolusi erat kaitannya dengan kajian catatan fosil dan keanekaragaman hayati organisme hidup, karena dua hal demikian yang mampu meyakinkan para peneliti tentang perubahan spesies. Menarik untuk membahas mengenai siapakah tokoh-tokoh teori evolusi selain Charles Darwin. Tentu ini sangat penting karena pada dasarnya, sebelum ia menulis buku The Origin of Species yang terkenal itu Charles Darwin juga banyak dipengaruhi oleh beberapa ilmuwan lain. berikut ini daftar beberapa tokoh-tokoh teori evolusi terkenal selain Charles Darwin beserta gagasannya:

Anaximander (Anaximandros)

Mungkin Anaximandros merupakan tokoh teori evolusi terdahulu dan gagasannya dianggap paling tradisional atau bahkan erat kaitannya dengan mitologi. Anaximandros merupakan filsuf yang lahir pada sekitar abad 610 Sebelum Masehi. Ia dikenal sebagai tokoh Yunani yang banyak melakukan penelitian dalam bidang astronomi dan geografi. Bahkan ia disebut sebagai orang yang pertama membuat peta bumi. Selain bidang tersebut, ternyata Anaximandros juga sempat mengajukan gagasan tentang evolusi manusia. Ia beranggapan bahwa dahulu bumi seluruhnya diliputi oleh air dan ikan menjadi makhluk hidup utama. Ketika panas pada bumi akhirnya ada laut yang mengering dan menjadi daratan. Saat itulah makhluk air naik ke daratan dan berkembang lalu beradaptasi dengan lingkungan serta selanjutnya berevolusi menjadi manusia.

Al Jahiz

Tokoh yang kedua ada Al Jahiz, seorang sastrawan Arab abad ke 9 yang berasal dari Afrika Timur. Ia banyak melakukan penelitian dalam bidang biologi, zoologi, literatur Arab dan lain-lain. Meskipun tidak dijelaskan secara spesifik mengenai gagasan evolusinya, namun Al Jahiz sempat menuliskan bahwa lingkungan berpengaruh pada kemungkinan keberlangsungan hidup suatu organisme, dan ia juga menjelaskan konsep perjuangan makhluk hidup untuk bertahan hidup. Salah satu buku terkenalnya adalah Al-Hayawan meskipun sering dikritik karena banyak isinya yang mencontek dari Aristoteles.

 

Baca juga :

               Bagian yang Hilang 14.500 Tahun Lalu dari Peradaban Manusia Mulai Terkuak

               Asus X540SA, Laptop 3 jutaan dengan Layar Superlebar

 

Ibnu Miskawaih

Ilmuwan asal Persia bernama Ibnu Miskawaih menjadi tokoh teori evolusi berikutnya. Teori evolusi yang diajukan oleh Miskawaih tertulis dalam buku al-Fawz al-Asghar. Ia berpendapat bahwa teori tersebut terdiri atas 4 tahapan, yakni  dimulai dari evolusi mineral, evolusi tumbuhan, evolusi hewan serta evolusi manusia. jadi sederhananya, Miskawaih berpendapat bahwa awalnya manusia berasal dari mineral, kemudian berubah menjadi uap, menjadi air, lalu menjadi tanaman, berubah lagi menjadi kera dan terakhir manusia.

Pierre Louis Maupertuis

Pierre Maupertuis merupakan seorang filsuf dan matematikawan asal Perancis. Ia merupakan seorang presiden pertama dalam perkumpulan Akademi Sains Prusia. Mengenai teori evolusi Maupertuis, digagaskan dengan pendapat mengenai seleksi alam. Ia beberapa kali mengemukakan teori pangenesis, dimana pengendalian partikel dari kedua ibu dan ayah adalah hal yang mempengaruhi karakter dari sang anak. Selain itu ia juga sempat mengajukan berbagai pendapat tentang asal alam dari ras manusia, dan gagasan bahwa bentuk-bentuk kehidupan mungkin telah berubah dengan waktu.

Erasmus Darwin

Erasmus Darwin adalah kakek dari Charles Darwin yang justru lebih dikenal sebagai tokoh teori evolusi terbesar. Ia seorang filsuf, ahli fisiologi, dokter dan seniman asal Inggris. Erasmus Darwin menawarkan sekilas gagasan dari teori evolusi meskipun tidak begitu jelas. Ia menulisnya dalam sebuah catatan berjudul The Origin of Society yang berfokus pada konsepsi evolusi . Catatan tersebut, Erasmus berusaha menelusuri perkembangan kehidupan dari mikro - organisme menjadi manusia.

Jean Baptise Lamarck

Ilmuwan biologi asal Perancis yang terkenal dengan teori Transmutasi spesies. Teori ini merumuskan tentang penjelasan mengenai perubahan satu spesies menjadi spesies lain. Istilah Transmutasi spesies menjadi salah satu nama yang umum serta banyak digunakan guna merujuk pemikiran-pemikiran evolusioner pada abad ke-19. Bahkan istilah ini populer sebelum Charles Darwin membuat  buku The Origin of Species (1859).

Selain beberapa tokoh teori evolusi diatas, masih ada beberapa tokoh terkenal lainnya yang sempat mengajukan gagasan tentang teori evolusi, diantaranya adalah filsuf Cina, Zhuangzi, Ronald Fisher, Sewall Wright, Alfred Russel Wallace dan masih banyak lagi yang lain. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel