Tips Cara Menghubungkan Gadget Ke Televisi

20 Jun 2011 12:02 37258 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Jika Anda mengetahui teknologi *gadget* yang Anda gunakan, seperti laptop, Android Tablet, atau Android Phone terbaru yang mendukung mini HDMI, Anda mungkin tahu bagaimana cara menghubungkannya ke televisi Anda. Tetapi untuk pengguna yang baru dalam hal mengatur *input* dan *output*, mungkin akan sedikit kebingungan tentang bagaimana cara kerjanya. Berikut Paseban akan membahas tentang berbagai jenis kabel dan adaptor yang digunakan untuk menghubungkan *gadget* ke televisi.

Jika Anda mengetahui teknologi gadget yang Anda gunakan, seperti laptop, Android Tablet, atau Android Phone terbaru yang mendukung mini HDMI, Anda mungkin tahu bagaimana menghubungkannya ke televisi Anda. Tetapi untuk pengguna yang baru dalam hal mengatur input dan output, mungkin akan sedikit kebingungan tentang bagaimana cara kerjanya. Berikut Paseban akan membahas tentang berbagai jenis kabel dan adaptor yang digunakan untuk menghubungkan gadget ke televisi.

HDMI

HDMI adalah jenis kabel yang sangat umum digunakan untuk menghubungkan antara gadget dan televisi saat ini. Gadget dan televisi flatscreen saat ini umumnya memiliki port HDMI tertanam pada perangkat. HDMI juga sangat mudah digunakan. Kedua port akan terlihat sama, sehingga Anda tinggal memasukkan kabel HDMI pada port yang tersedia untuk membuat sambungan.

Dalam beberapa kasus ,yang jarang terjadi, gadget atau TV akan menggunakan mini HDMI, yang seperti namanya, akan memiliki ukuran lebih kecil dari kabel HDMI standar. Dan Untuk port seperti ini, Anda membutuhkan kabel tambahan untuk mengkonversi dari kabel mini HDMI ke kabel HDMI.

DVI

Sama seperti HDMI, DVI akan berbentuk kabel digital. Ada berbagai jenis kabel DVI, beberapa yang membawa sinyal digital, beberapa yang membawa sinyal analog, dan beberapa yang membawa keduanya. Anda dapat melihat perbedaan pada gambar. Jika Anda memiliki port DVI pada gadget Anda dan port DVI di televisi Anda, itu tidak berarti setiap kabel DVI akan bekerja. Anda harus mengidentifikasi jenis port DVI pada keduanya dan mendapatkan kabel yang sesuai. Setelah Anda memiliki kabel yang cocok dengan port perangkat, Anda dapat menghubungkan gadget ke televisi Anda dengan mudah.

VGA

VGA merupakan standar port yang digunakan pada waktu lampau, dimana kini sudah tidak banyak digunakan lagi. Namun port ini masih bisa Anda temukan pada semua perangkat model lama dan beberapa perangkat keluaran baru. Jika gadget dan TV Anda memiliki port VGA, Anda hanya perlu membeli kabel VGA untuk menghubungkannya.

Conversion

Pada beberapa kasus, Anda menemui port pada perangkat satu akan berbeda dengan perangkat lainnya. Pada kasus seperti ini Anda membutuhkan kabel converter/adapter.

DVI to VGA/HDMI

Konversi yang paling umum adalah dari port DVI ke VGA/HDMI. VGA kadang bisa menjadi rumit karena merupakan sinyal analog (sedangkan DVI kadang-kadang tidak), sedangkan HDMI tidak memiliki banyak masalah.

Pada gambar DVI diatas, Anda akan melihat port DVI-A dan DVI-I. Port DVI-A memberikan sinyal analog (A adalah untuk analog) dan DVI-I port menyediakan keduanya analog dan digital. Kedua port ini dapat dikonversi ke VGA tanpa ada masalah.

Jika Anda memiliki port DVI-D (D adalah untuk digital), Anda akan memerlukan converter yang lebih mahal, DVI-D to VGA converter box, untuk membuat sinyal bisa berfungsi.

HDMI, di sisi lain, lebih mudah. Jadi selama Anda memiliki sinyal digital (DVI-D atau DVI-I) Anda bisa membeli DVI to HDMI adapter.

VGA to HDMI

VGA merupakan sinyal analog dan HDMI sinyal digital, sehingga konversi ini lebih rumit. Namun, Anda dapat menghubungkan kedua port ini dengan menggunakan VGA to HDMI converter box.

Kabel Audio Tambahan

DVI dan VGA keduanya tidak mampu mendukung sinyal audio, hanya port HDMI yang sekaligus mendukung audio. Port DVI dan VGA hanya untuk mentransfer video. Jadi apabila Anda menghubungkan port HDMI dengan port DVI atau VGA, Anda harus menggunakan kabel audio terpisah. Umumnya gadget dan televisi Akan memiliki port audio 3,5 mm (seperti jack headphone). Dan bahkan pada beberapa televisi Anda akan menemui port audio 3.5mm dan port HDMI dengan tujuan khusus untuk menghubungkannya dengan perangkat lain yang non-HDMI. Jika hal ini terjadi, Anda hanya perlu kabel audio 3.5mm.

Kadang-kadang Anda akan menemukan input audio dalam bentuk konektor RCA audio, yang mungkin lebih akrab bagi Anda sebagai port merah, putih, dan kuning di TV Anda. Port kuning adalah untuk sinyal video, dan port merah dan putih adalah untuk sinyal audio. Jika TV Anda membutuhkan kabel RCA untuk audio, bukan port audio 3.5mm, Anda memerlukan 3.5mm to RCA connector converter. RY

About The Author

Plimbi Editor 999
Telepathic

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel