Kisah Orang Sukses Khoirul Anwar, Ilmuwan yang Terinspirasi dari Dragon Ball Z

18 Sep 2013 06:00 8432 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Professor Khoirul Anwar lahir di Kediri Jawa Timur, pada tanggal 22 Agustus 1978. Beliau lahir dari keluarga petani. Ayahnya bernama Sudjianto dan ibunya bernama Siti Patmi. Kisah orang sukses ini memiliki cerita sedih saat kecil. Saat Khoirul akan masuk sekolah menengah pertama, ia ditinggalkan oleh ayahnya untuk selamanya. Kasih sayang ibunyalah yang kemudian membuat Khoirul tetap semangat untuk belajar. Karena berkat doa dan usaha ibunya, Khoirul bisa menempuh pendidikan tinggi.

Kisah orang sukses yang akan diceritakan pada kesempatan kali ini datang dari ranah kita tercinta, Indonesia. Beliau adalah salah seorang tokoh yang   membawa pengaruh terhadap perkembangan teknologi informasi. Beliau adalah Professor Khoirul Anwar, seorang pria asal Kediri yang memiliki hak paten atas teknologi 4G berbasis OFDM.  

Professor Khoirul Anwar lahir di Kediri Jawa Timur, pada tanggal 22 Agustus 1978. Beliau lahir dari keluarga petani. Ayahnya bernama Sudjianto dan ibunya bernama Siti Patmi. Kisah orang sukses ini memiliki cerita sedih saat kecil. Saat Khoirul akan masuk sekolah menengah pertama, ia ditinggalkan oleh ayahnya untuk selamanya. Kasih sayang ibunyalah yang kemudian membuat Khoirul tetap semangat untuk belajar. Karena berkat doa dan usaha ibunya, Khoirul bisa menempuh pendidikan tinggi.

Khoirul Anwar lantas memilih studi di ITB Bandung jurusan Teknik Elektro. Kisah orang sukses seorang Khoirul Anwar mulai terlhat saat dia menjadi lulusan terbaik dengan predikat cum laude pada tahun 2000. Menariknya saat ia kuliah di ITB, ia mendapatkan beasiswa penuh selama 4 tahun. Sebuah anugrah yang disyukuri oleh Khoirul saat itu.

Berkarya di Jepang

Kisah orang sukses seorang Khoriul Anwar berlanjut saat ia mendapatkan beasiswa S2 di Jepang.  Setelah lulus S2, lagi-lagi Khoirul mendapatkan beasiswa untuk lanjut ke S3 di universitas yang sama saat ia menempuh S2, Nara Institute of Science and Technology (NAIST). Di tempat inilah Khoirul berkarya dan melakukan berbagai penelitian

Salah satu penemuan Khoirul Anwar  yang terkenal adalah pengurangan daya transmisi pada sistem OFDM (Orthogonal frequency-division multiplexing) dan juga MC-CDMA (Multi-carrier code division multiple access). Berkat penelitiannya ini, ia mampu mempercepat kecepatan data yang terkirim. Atas penemuan ini, Khoirul mendapat penghargaan pada tahun 2007 dari Konsulat Jenderal RI Osaka.Bukan hanya mendapat penghargaan, penemuannya ini pun dipakai di sebuah perusahaan satellit Jepang. Selain itu perusahaan Huawei Technology.  Rencananya juga akan menggunakan teknologi temuan Khoirul Anwar.

Terinspirasi Dragon Ball Z

Kisah orang sukses bernama Khoriul Anwar ini semakin menarik ketika ia menemukan sesuatu dengan  inspirasi dari sebuah film kartun. Ceritanya, ketika ia bekerja di Japan Advanced Institute of Science and Technology, ia diminta untuk mengajukan penelitian. Khorul bingung penelitian seperti apa yang akan ia lakukan. Ketika ia sedang berpikir, ia teringat sebuah kartun Jepang yang pernah ia tonton, Dragon Ball Z. Pada seri kartun yang diadaptasi dari manga karya Akira Toriyama ini, terdapat sebuah jurus menyerap energi makhluk hidup yang hanya bisa dilakukan oleh tokoh utamanya, Son Goku. Jurus yang disebut dengan Bola Semangat inilah yang kemudian menginspirasi Khoriul Anwar untuk menerapkan pada termuannya.  Beliau mencoba menerapkannya pada dekoder turbo sebagai Bola Semangat yang menyerap energi makhluk hidup. Tentu dekoder turbo atau turbo equalizer ini tidak menyerap energi manusia melainkan energi dari blok blok-blok transmisi baik yang dulu ataupun yang delay. Energi dari blok transmisi inilah yang kemudian mampu menghilangkan data yang terdistorsi akibat gelombang.

 

Baca juga :

               Review Elsword Evolution, Game Reinkarnasi Elsword yang Hadir di Perangkat Android

               Inilah 9 Masjid Terindah Di Bandung !!

 

Turbo Equalizer (dekoder turbo) yang mampu mengumpulkan seluruh energi dari blok transmisi yang ter-delay, maupun blok transmisi terdahulu, untuk melenyapkan distorsi data akibat interferensi gelombang.

Berkat berbagai penemuannya ini, kini Khoirul Anwar menjabat sebagai asisten profesor di JAIST, Jepang. asisten profesor di JAIST, Jepang.  Ia pun mendapat banyak penghargaan salah satunya adalah  Young Scientist Best Paper  pad ajang IEEE VTC 2010 di Taiwan. Kisah orang sukses bernama Khoirul Anwar tentu menginspirasi banyak orang di Indonesia. Apalagi penemuannya berada pada ranah teknologi.

Ingin Menginspirasi Orang Indonesia

Kisah orang sukses ini tentu menjadi sebuah kisah yang penting. Mengingat Khoirul adalah seorang yang biasa saja kemudian menjadi luar biasa Di Jepang sendiri, Khoirul hidup dengan istrinya. Ia memiliki tiga orang anak yang semuanya laki-laki. Ia tinggal di sebuah rumah yang dekat dengan tempat bekerja yaitu di Nomi, Ishikawa. Lama tinggal di Jepang bukan berarti ia akan lupa pada tanah airnya.  Khoirul Anwar punya rencana untuk kembali ke Indonesia dan memberikan inspirasi serta ide-ide luar biasa kepada generasi merah putih. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel