Apa Yang Baru Pada iOS 5?

14 Jun 2011 13:00 3785 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Sejak diadakannya Worldwide Developer Conference (WWDC) 2011 pada pekan lalu, media informasi dibanjiri dengan berita tentang munculnya iOS 5 dan fitur-fitur baru yang dimilikinya. Berikut beberapa fitur baru iOS 5 yang Paseban kumpulkan dari berbagai macam sumber.

Sejak diadakannya Worldwide Developer Conference (WWDC) 2011 pada pekan lalu, media informasi dibanjiri dengan berita tentang munculnya iOS 5 dan fitur-fitur baru yang dimilikinya. Berikut beberapa fitur baru iOS 5 yang Paseban kumpulkan dari berbagai macam sumber.

Notifications

Notifikasi pada iOS 4 kebawah memang diakui kurang memadai. Bentuk notifikasi ini hanya berupa kotak besar yang muncul di layar dan akan mengganggu apabila pengguna sedang menggunakan handset-nya untuk kegiatan tertentu. Kelemahan dari sisi notifikasi inilah yang dikembangkan oleh Android. Dan sejak munculnya Android, Apple mulai mengerjakan pengembangan sistem notifikasinya.

Overall, sistem notifikasi iOS 5 mirip dengan Android. Apple menciptakan menu pengaturan khusus untuk sistem notifikasi. Pada menu ini, pengguna bisa mengatur notifikasi untuk setiap aplikasi, dan bisa memilih untuk mematikan notifikasi aplikasi tertentu. Selain itu pengguna bisa mengatur setiap aplikasi untuk memiliki notifikasi yang berbeda. Bukan hanya sekedar ringtone yang berbeda, tetapi juga notifikasi yang muncul di layar. Selain itu juga terdapat pull-down window shade terletak di bagian atas, sama dengan milik Android, yang berisi berbagai macam notifikasi.

Notifikasi juga akan berbentuk LED menyala apabila ada SMS atau telepon masuk. Sistem ini digunakan untuk handset "jadul" beberapa tahun lalu, dan sudah tidak pernah digunakan oleh handset baru. Tetapi "who knows", mungkin sistem notifikasi LED Flash ini bisa berguna bagi pengguna.

Twitter

Twitter benar-benar terintegrasi ke dalam fitur iOS 5. Setting dan Tweet bisa dilakukan langsung melalui aplikasi bawaan iOS 5 seperti Safari atau foto. Pada menu yang biasanya berisi pilihan untuk mengirim via email, akan dilengkapi dengan pilihan Tweet.

Camera and Photo

Aplikasi kamera pada iOS 5 mengalami banyak perkembangan. Tombol volume pada bagian samping handset akan berfungsi sebagai tombol untuk mengambil foto pada iOS 5. Dan pada saat pengguna akan mengambil foto, layar akan dilengkapi dengan grid untuk membantu pengguna dalam mengambil foto. Aplikasi kamera juga dilengkapi dengan fitur lock the focus and the exposure, dan juga pengguna bisa mengambil foto pada saat layar handset terkunci.

Untuk aplikasi foto pada iOS 5 dilengkapi dengan fitur pengedit foto standar seperti Crop, Auto-Enhance, Rotate and Remove Red-Eye. Namun aplikasi ini dalam versi Beta dan masih dalam perkembangan. Ada kemungkinan pada versi Final, aplikasi foto akan menjadi satu dengan aplikasi kamera.

Reminder

Reminder merupakan aplikasi standar untuk mengingatkan pengguna berdasarkan waktu tertentu. Tetapi pada iOS 5 terdapat tambahan fungsi bagi Reminder, yaitu bisa di-set berdasarkan lokasi, Reminder akan aktif apabila pengguna melewati lokasi tertentu. Contoh, pengguna akan pergi ke mall untuk berbelanja, dan dalam perjalanan ke mall tersebut dia akan melewati kantor pos untuk mengirimkan barang, supaya tidak lupa pengguna mengaktifkan Reminder, maka pada saat pengguna berkendara di dekat kantor pos, Reminder akan berbunyi.

Improved lockscreen

Lockscreen pada iOS 5 juga mengalami perkembangan yang menarik. Pada saat layar terkunci, notifikasi yang atas aplikasi tertentu bisa di-klik dan menuju ke aplikasi tersebut tanpa harus membuka kunci.

NewsStand

iOS 5 akan dilengkapi dengan "rak majalah" pribadi bagi pengguna. Apabila pengguna mengunduh aplikasi berita, secara otomatis aplikasi tersebut akan ditempatkan di rak tersebut. Rak ini merupakan ide yang bagus untuk mengorganisir aplikasi berita yang banyak tersedia.

Split Keyboard

Touchscreen Keyboard iOS 5 mengalami perubahan yang berbeda dari handset lainnya. Keyboard iOS 5 terbagi menjadi dua dan berada di sisi kiri dan kanan, sementara tempat input teks berada di antara keyboard. Beberapa orang akan menyukai desain baru ini, karena mengetik akan lebih nyaman dengan tombol lebih mudah untuk diraih oleh jempol pengguna. Sementara beberapa orang tidak menyukai desain ini, karena berbeda dan perlu adanya adaptasi lagi.

PC Free

Setiap handset Apple akan membutuhkan PC khususnya untuk update. Pada iOS 5, Over The Air (OTA) update akan lebih banyak tersedia, untuk meminimalisir kebutuhan handset akan PC.

iMessages

Aplikasi ini pada dasarnya adalah BBM (Blackberry Messenger) untuk iOS. Aplikasi ini berfungsi untuk chatting antar pengguna iOS 5, dilengkapi dengan kemampuan untuk berbagi berbagai macam file. RY

Tags Ulasan Gadget

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel