3 Situs Inisiatif Tampung Aspirasi Penanam dan Peminjam Modal Usaha

30 May 2011 18:31 4509 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Di Inggris, terdapat tiga situs pinjam meminjam modal usaha, yaitu prosper.com, zopa.com, lending.com. Berbeda dengan Bank, para pelaku usaha tidak perlu risau dan memusingkan semua persoalan administrasi untuk disetujui dan dicairkan uang pinjamannya. Mereka hanya perlu menjadi *member* dan mendeskripsikan kebutuhan mereka, maka situs tersebut akan membuatkan proposal usaha modal kepada para investor.

Bagi pelaku usaha, menciptakan pekerjaan itu lebih berarti daripada menjadi pegawai, hanya saja sering kali para pelaku usaha ini tersandung modal usaha yang sulit didapat. Betapa sulitnya para pelaku usaha untuk bisa meminjam modal usaha di Bank dengan sejumlah persyaratan yang rumit dan mencekik.

Pelaku usaha kalangan atas pun sering kali kebingungan untuk bisa menginvestasikan kelebihan uangnya kepada orang yang tepat. Kedua pelaku usaha ini sulit untuk bisa bertemu meski sebenarnya pasangan yang cocok, padahal mereka saling membutuhkan satu sama lain. Sejauh ini di Indonesia tidak ada satu wadah pun yang bisa menampung aspirasi hubungan pinjam meminjam yang aman dan praktis.

Nah di Inggris, terdapat tiga situs pinjam meminjam modal usaha, yaitu prosper.com, zopa.com, lending.com. Berbeda dengan Bank, para pelaku usaha tidak perlu risau dan memusingkan semua persoalan administrasi untuk disetujui dan dicairkan uang pinjamannya. Mereka hanya perlu menjadi member mendeskripsikan kebutuhan mereka, maka situs tersebut akan membuatkan proposal usaha modal kepada para investor.

Tidak hanya itu, para investor tidak perlu repot mencari dan menduga-duga apakah uangnya jatuh pada orang dan usaha yang tepat atau tidak. Situs ini menjadi integritas yang sinergi antara peminjam dan yang membutuhkan pinjaman, semua transaksi bisa dilakukan dengan sangat praktis. Pada umumnya ketiga situs tersebut memiliki persamaan yaitu mengintegrasikan dan membuat suatu komunitas antara pelaku investor dan pelaku peminjam modal. Kalau terjadi keterlambatan pembayaran maka dikenakan biaya, selain itu Grade peminjam didasarkan pada tingkat keseringan peminjam melakukan pinjaman dan performa pengembalian pinjaman, sedangkan perbandingan di antara ketiganya:

prosper.com
Terdapat service charge atau ongkos layanan berdasarkan rating borrower, tingkat peminjam. Setiap peminjam mendapatkan rating berdasarkan dengan konsitensi para peminjam dalam mengolah modal yang dipinjamnya, apakah tepat waktu atau tidak dalam membayar cicilan, semakin bagus rate borrower maka semakin kecil tarif service charge-nya. Tingkat pengembaliannya (Actual Return) berkisar 10,4% dari investasi. Selain itu memanfaatkan situs ini para pelaku peminjam dikenai biaya apabila ada keterlambatan dan penutupan account. Dan setiap transaksi yang gagal maka dikenai biaya 15%.

zopa.com
Pada dasarnya zopa.com juga tidak terlalu berbeda dengan prosper.com, hanya saja di situs ini service charge sebesar £130 per transaksi dari peminjam dan sebesar 1% annual fee dari investor. Untuk meminimalisasi resiko, setiap investor yang menginvestasikan uangnya lebih dari £500, maka uangnya akan dipinjamkan ke 50 peminjam, sehingga resiko uang tidak kembali sangat kecil. Selain itu service share-nya ditambahkan ke dalam jumlah pinjaman (misalnya pinjaman 5000 akan dianggap meminjam 5.13). Sedangkan APR (Annual Persentage Of Return) untuk lenders (orang yang meminjamkan uang) mencapai 7.3% per tahun.

lendingclub.com
Kebijakan situs ini yakni persentase pengembaliannya per tahun, APR sekitar 14.10% untuk investor. Setiap peminjam dikenakan service charge yang tarifnya berdasarkan tingkatan peminjam (borrower's grade). Semakin bagus grade peminjam, semakin rendah tarif pinjaman. Pembayaran pengembalian bulanan bisa dilakukan melalui auto debit rekening dan setiap bulannya akan dikirimkan notifikasi ke peminjam agar peminjam bisa menyiapkan dana di account-nya sehingga di hari penarikan dana, dananya ada. Setiap peminjam bisa melakukan pelunasan pinjamannya kapanpun tanpa dikenakan biaya penalti. LN

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel