Cara Mudah Menemukan Topik Populer Hanya dengan 7 Layanan Google Ini

9 Oct 2015 20:00 5083 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
7 cara menemukan topik hanya dengan Google 

Plimbi kali ini akan memberikan tutorial dalam mencari topik artikel populer. Tentunya tutorial ini akan sangat berguna untuk Anda yang senang menulis, apalagi untuk blogger. Atau dalam hal ini, untuk Anda para penulis Plimbi 

Mengapa harus menulis topik populer? Bukankah kita bisa menulis topik apapun? 

Yap, Anda memang bisa menulis topik apapun. Anda juga bisa bebas mengutarakan pendapat Anda tentang apapun. Hanya saja, belum tentu artikel yang Anda buat populer atau banyak pembaca. 

Ingat, banyak pembaca!. Ini sangat penting! Apalagi untuk author Plimbi.  

Para author Plimbi pastinya tahu, bahwa artikel dengan topik populer biasanya mendapatkan view tinggi dan mendapatkan banyak perhatian. 

Tentunya dengan keuntungan tersebut akan membuat artikel Anda atau mungkin Anda bisa terpilih sebagai author of the mont di Plimbi. 

Tapi tentu saja artikel ini tidak khusus buat para author Plimbi. Anda yang sering menulis di blog sendiri atau menulis di stius lain juga bisa menggunakan metode ini. 

Oh yah, sebenarnya ada banyak metode untuk mendapatkan topik populer atau topik menarik tertentu. Tapi, kali ini yang akan dijelaskan adalah mencari topik hanya dengan menggunakan layanan Google saja. 


Tanpa perlu basa-basi lagi, mari simak apa sajakah layanan untuk mencari topik artikel? 

 


1.  Google Trends 

Cara Mudah Menemukan Topik Populer Hanya dengan 7 Layanan Google Ini

Ini adalah layanan Google yang palimg ampuh dalam mencari topik populer. Mengapa? Karena, pada layanan ini akan ditunjukan topik-topik yang sedang ngetrend. Atau topik yang memang banyak dicari oleh netizen. 


Anda bisa melihat tiap harinya, topik apa yang memang sedang dicari dan sedang hangat diperbincangkan. Anda pun bisa melihat jumlah pencariannya.  

Dan sangat disarankan, Anda menulis tentang topik dengan jumlah pencarian (penelusuran) lebih dari 20 ribu.

Anda bisa langsung akses ke https://www.google.co.id/trends/hottrends. 

Jika Anda mencari topik tren dari luar negeri, Anda tinggal mengganti domain Google.co.id dengan Google.com  saja.

 


2. Google Alerts 

Cara Mudah Menemukan Topik Populer Hanya dengan 7 Layanan Google Ini

Anda bisa menggunakan Google Alerts untuk mencari topik yang lebih rinci (niche topic).  Tentunya ini sangat bermanfaat untuk Anda yang fokus menulis bidang tertentu. 

Misalnya, jika Anda ingin menulis topik otomotif, maka Anda cukup menambahkan topik otomotif (bisa lebih rinci seperti mobil atau sepeda motor).  Setelah itu, Google Alert akan mengirimkan topik terkait ke e-mail Anda. 

Topik yang dikirimkan akan berupa berita dari media online dengan jumlah cukup banyak. Karena itu, Anda perlu menyortir topik yang ingin Anda cari dengan baik. 

Oh yah, Anda bisa menerima kiriman topik tiap harinya ataupun seminggu sekali. Anda bebas mengaturnya sesuka Anda.

 

 

3. Google Keyword Planner 

Cara Mudah Menemukan Topik Populer Hanya dengan 7 Layanan Google Ini

Layanan ini adalah tools ampuh untuk Anda yang memang ingin membuat artikel Anda atau bahkan blog Anda benar-benar populer. 

Pasalnya, dengan Keyword Planner, Anda bisa mencari keyword (kata kunci) populer yang memungkinkan pengunjung datang ke tulisan Anda. Tentu saja ini berarti, artikel yang Anda buat bisa nangkring di halaman satu. 

Tool ini juga memiliki kelebihan karena Anda bisa mencari topik yang sifatnya evergreen (tidak usang). Jadi bukan topik  yang sedang fenomenal kemudian lenyap seperti pada Google Trends dan Google Alerts. 

Hanya saja penggunaan Google Keyword Planner agak ribet dan membutuhkan waktu untuk mempelajari semuanya. Mengapa? Karena tools ini cukup lengkap untuk menampilkan jumlah pencarian kata kunci dan persaingan pada kata kunci tersebut

 


4. Google Suggestion 

Ini adalah cara mencari topik yang lebih sederhana dibandingkan Google Keyword Planner. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengunjungi situs mesin pencari Google. 

Setelah itu, Anda tinggal menuliskan kata kunci yang ingin Anda cari. Misalnya kata kuncinya adalah “cara memperbaiki motherboard”. 

Ketika diketikan kata kunci tersebut, maka Google akan memberikan saran kata kunci yang lebih terperinci serperti pada gambar berikut ini. 

Cara Mudah Menemukan Topik Populer Hanya dengan 7 Layanan Google Ini

Jika Anda menggunakan cara ini, Anda bisa menggunakan kata kunci  yang panjang untuk topik artikel Anda.

 


5. Google Flipboard 

Google Filipboard adalah layanan dari Google yang menggabungkan konsep media sosial dan kurasi berita. Artinya, layanan ini adalah layanan membaca berita dengan konsep media sosial. 

Cara Mudah Menemukan Topik Populer Hanya dengan 7 Layanan Google Ini

 Jika Anda menggunakan layanan ini, Anda bisa mencari berbagai topik menarik dari seluruh dunia. Tentunya dengan menggunakan layanan ini, Anda bisa mendapatkan inspirasi dari kabar seluruh dunia. 

Anda pun bisa menginstal Google Flipboard di perangkat Android Anda agar Anda bisa mendapatkan berita lebih mudah dan nyaman. 


 

6. Google News 

Sebenarnya, Google News mirip dengan Google Trends. Hanya saja layanan ini menampilkan media berita saja. Dan tentu ini sanga cocok untuk Anda yang senang menulis berita terbaru. 

Untuk menggunakan layanan ini, Anda cukup mengunjungi mesin pencari Google. Setelah itu, Anda tuliskan topik yang ingin Anda cari di berita online. Kemudian Anda pilih  “berita” (biasanya ada disebelah bagian “gambar”)

Misalnya, Anda mengetikan :Jawa Barat. Maka dalam Google News, akan muncul berita yang terkait dengan Jawa Barat seperti pada gambar berikut ini. 

Cara Mudah Menemukan Topik Populer Hanya dengan 7 Layanan Google Ini


 

7.  Google PlayStore 

Layanan ini lebih bermanfaat untuk para penulis aplikasi dan games. Atau bisa dibilang, sangat cocok untuk yang memiliki blog tentang Android maupun tentang games Android. 

Mengapa? Karena dengan layana  ini, Anda bisa mencari  berdasarkan kategori yang sudah ada. Yakni, aplikasi populer, aplikasi terlaris, aplikasi berbayar terlaaris, aplikasi terbaru, games terbaru, games berbayar terbaru, dan sebagainya. 

Tentu dengan cara ini, Anda tidak akan kehabisan topik dalam membahas aplikasi maupun games. 

Cara Mudah Menemukan Topik Populer Hanya dengan 7 Layanan Google Ini


Nah, itulah 7 layanan Google yang sangat cocok untuk Anda yang ingin mencari topik artikel. 

Mudah-mudahan membantu Anda para penulis untuk menemukan topik artikel yang ingin Anda buat. 

Jika Anda masih kebingungan, tenang saja. Plimbi nanti akan jelaskan tiap poin dari layanan tersebut dalam artikel lain secara terpisah-pisah. Tunggu saja! [HMN}

Tags

About The Author

Plimbi Editor 500
Administrator

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel