Cara-cara Mencegah Rasa Kantuk pada Siang Hari

30 May 2015 13:15 16785 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Anda jadi tidak bersemangat dalam menjalani aktivitas karena rasa ngantuk menyerang karena itu lakukan cara-cara berikut ini. 

 

Cara-cara Mencegah Rasa Kantuk pada Siang Hari-Siang hari adalah saat yang kadang membosankan, baik untuk Anda yang belajar dan juga bekerja. Pada jam ini, Anda akan rentang sekali pada dua hal, lapar dan ngantuk. Makan siang mungkin jadi solusi untuk Anda yang lapar. Tetapi sesudahnya, sering kali kita malah merasa ngantuk. Hal yang sama juga ketika kita berpuasa. Waktu siang terkadang membuat badan kita terasa berat dan cepat mengantuk.

Tidak ada salahnya sih mengantuk saat siang hari. Hanya saja hal ini akan memengaruhi produktivitas Anda. Anda jadi tidak bersemangat dalam menjalani aktivitas. Berbeda jika Anda ada pada hari libur. Anda bisa tidur siang saat mengantuk. Meskipun, tidur siang sebenarnya sangat tidak disarankan. Lantas, apa yang harus dilakukan? Ada beberapa cara yang bisa Anda tempuh agar Anda tidak mengantuk saat bekerja. Beberapa hal tersebut adalah sebagai berikut.  

 

Menjaga Asupan Tubuh dengan Makanan Bergizi

Cobalah untuk lebih banyak makanan bergizi seperti sayuran ataupun asupan vitamin c. Banyaklah makanan seperti bayam. Sementara untuk vitamin C, Anda bisa memakan banyak buah seperti mangga, jeruk ataupun nanas. Karbohidrat kompleks juga bisa Anda pilih karena lebih banyak energi untuk tubuh. Karena itu, pilihlah nasi merah, roti gandum, jagung, ataupun singkong.

 

Tidur Malam yang Cukup Berkualitas

Terkadang rasa kantuk siang hari justru disebabkan karena Anda kurang tidur pada malam hari. Karena itu, sebaiknya Anda lebih banyak waktu tidur yang cukup dan berualitas. Tidurlah yang nyenyak agar tubuh Anda tetap segar ketika Anda menjalani aktivitas pada siang hari. Sebaiknya, Anda tidak banyak begadang. Jikapun ada hal yang dikerjakan, tetap atur pola tidur agar dalam saut hari Anda memiliki waktu tidur yang cukup.

 

Rajin Olahraga Rutin

Rasa kantuk siang hari bisa disebabkan karena polah hidup Anda yang kurang sehat. Bisa saja Anda kurang olahraga sehingga badan Anda terasa pegal saat siang hari. Karena itu, sebaiknya Anda rajin berolahrga. Ada beberapa olahraga yang bisa Anda terapkan. Tidak perlu ke gym, Anda bisa melakukan kardio pada akhir pekan. Pada hari lainnya, Anda bisa melakukan olahraga kecil. Jika memungkinkan, lakukan olaharga O7W yang sangat efektif untuk Anda yang sibuk. Olahrga 07W ini adalah jenis olahraga dengan 12 gerakan dalam tempo 7 menit. Anda bisa mencari tutorial video 07W ini. Untuk pertama—tama, Anda bisa melakukan pelan-pelan. Percayalah, olahraga ini membuat tubuh lebih segar dan juga efektif menurunkan lemak tubuh Anda.

 

Air Putih yang Banyak

Salah satu penyebab kantuk siang hari muncul adalah kurangnya minum air atau dehidrasi. Dehidrasi ternyata bisa menyebakan menurunnya konsentrasi sehingga membua tubuh Anda merasa lemah dan kantuk pun muncul. Hal yang sama berlaku ketika Anda sedang berpuasa. Karena itulah, Anda harus sering meminum air. Jikapun Anda sedang berpuasa, sebaiknya Anda meminum air putih yang banyak saat sahur.

 

 

Tidak Sarapan

Mungkin banyak yang tidak akan setuju dengan hal ini. Tapi percayalah, berdasarkan pengalaman,  sarapan ternyata membuat tubuh lebih mengantuk pada siang hari. Terlebih jika pada siangnya, Anda makan lagi. Jika Anda tipikal orang yang seperti ini, sebaiknya hindari makan pagi. Tapi, ingat saat siang, Anda harus makan dengan porsi yang wajar. Jikapun Anda tidka mau melewatkan sarapan, maka sebaiknya Anda sarapan dengan asupan gizi yang baik dan tidak terlalu banyak.

 

Tidur Sebentar

Jika memang Anda membutuhkan tidur, maka sebaiknya Anda tidur siang hari dengan waktu yang sebentar. Agar Anda tidak mengantuk, sebaiknya Anda tidur dalam tempo maksimal 20 menit saja. Tentu saja, tidur siang ini untuk sedikit menurunkan rasa stress Anda. Tidur siang ini juga bertujuan agar Anda tetap produktif setelah jam istirahat.

 

Minum Kopi

Sebenarnya, Anda bisa menghilangkan kantuk dengan segelas kopi. Tetapi, perlu diingat, Anda jangan terlalu banyak minum kopi. Minumlah kopi saat memang Anda membutuhkannya. Anda bisa meminum kopi dengan kadar kafein yang lebih tinggi. Anda bisa meminum kopi dingin yang banyak dijual dalam bentuk kaleng ataupun botol. Tetapi jika cuaca dingin, minuman kopi hangat tentu adalah pilihan terbaik.


Nah, itulah cara-cara mencegah rasa ngantuk saat siang hari. Lakukan ketujuh langkah tersebut agar Anda tetap prima saat bekerja ataupun sedan belajar. [HMN]

About The Author

Plimbi Editor 500
Stylus

Plimbi Editor

Official Account of Plimbi Editor - Follow Twitter @plimbidotcom dan Like FP Facebook Plimbidotcom

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel