Aplikasi Wajib untuk Rooted Android Smartphone

29 Aug 2011 14:20 9704 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Setelah penjelasan tentang root dan cara rooting Android, kini Paseban ingin berbagi aplikasi khusus untuk rooted Android yang memiliki fungsi sangat fundamental. Aplikasi-aplikasi yang Paseban sarankan ini akan memberikan akses lebih bagi sistem perangkat Android Anda.

Setelah penjelasan tentang root dan cara rooting Android, kini Paseban ingin berbagi aplikasi khusus untuk rooted Android yang memiliki fungsi sangat fundamental. Aplikasi-aplikasi yang Paseban sarankan ini akan memberikan akses lebih bagi sistem perangkat Android Anda.

SetCPU

Aplikasi ini adalah tool untuk overclock dan underclock prosesor smartphone Android Anda. Fungsi setting prosesor adalah untuk menambah performance atau menghemat baterai. SetCPU juga memiliki fitur 'Profile', fungsi fitur ini adalah Anda bisa menentukan suatu kondisi dimana setting prosesor akan secara otomatis berubah, seperti pada saat kondisi charging kondisi baterai akan habis, atau temperatur smartphone naik.

SetCPU memiliki harga Rp. 16.907 di Android Market, namun Anda bisa mendapatkannya secara gratis di situs XDA-Developer.

Root Explorer

Root Explorer adalah file manager untuk rooted Android. Dengan aplikasi ini Anda bisa mengakses seluruh file, termasuk file sistem Android. Fitur-fitur istimewa yang melengkapi aplikasi ini adalah SQLite Database Viewer, Text Editor, menciptakan dan mengekstrak zip atau tar/gzip files, ekstrak file rar, multi-select, execute scripts, search, remount, permissions, bookmarks, mengirim file (via email, Bluetooth, dll), image thumbnails, APK binary XML viewer, mengubah file owner dan grup.

Dari banyak file manager yang ada di Android Market untuk rooted Android, Paseban memilih Root Explorer. Anda bisa mendapatkannya di Android Market seharga Rp. 33.329.

AdFree

Seperti namanya, aplikasi ini berfungsi untuk menghilangkan iklan yang ada pada beberapa aplikasi. Pada saat Anda membuka aplikasi gratisan, di bagian bawah layar umumnya akan muncul iklan, dan iklan ini akan memotong layanan data internet Anda dan membebani kinerja smartphone Android (untuk smartphone level mid-end dan low-end). Aplikasi AdFree menghilangkan setting otomatis aplikasi gratisan yang umumnya akan meminta iklan saat aplikasi dijalankan.

Pada saat Paseban mencoba aplikasi ini, AdFree berfungsi seperti yang dijanjikan. Iklan pada Advanced Task Manager, Angry Birds Rio, dan aplikasi lainnya berhasil dihilangkan oleh AdFree. Namun Paseban menemukan AdFree sedikit kurang up-to-date dimana Paseban masih menemukan adanya iklan pada Angry Birds versi pertama.

Titanium Backup

Titanium Backup memiliki fungsi utama yaitu mem-backup aplikasi pada SDcard. Jadi, ketika Anda mengganti Smartphone Android atau mengalami kejadian yang membuat aplikasi yang sudah terinstal pada smartphone Android Anda hilang, Anda tidak perlu menginstal ulang aplikasi baru, Anda tinggal restore backup yang Anda simpan di SDcard. Kelebihan restore backup adalah setting data sebelumnya yang ada pada aplikasi tersebut akan kembali. Contoh, game yang biasa Anda mainkan telah mencapai beberapa level terakhir sebelum smartphone Anda mati dan membutuhkan flash ulang. Dengan adanya backup, Anda tinggal restore game dan tidak perlu mengulang game dari awal lagi.

Selain itu, fitur lain yang disediakan Titanium Backup adalah freeze, yaitu memindah aplikasi dari internal memori smartphone ke SDcard serta untuk un-instal aplikasi bawaan yang Anda anggap tidak perlu.

Untuk sementara ini, empat aplikasi itulah yang Paseban sarankan untuk Anda miliki. Apabila Anda memiliki referensi mengenai aplikasi untuk rooted Android lainnya, feel free to share with us. RY

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel