Kamera Android, Tren Sesaat atau Format Masa Depan?

14 Jan 2013 19:00 2975 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
belaka? Pertanyaan itulah yang nampaknya akan menjadi persoalan di tahun 2013 ini. Dengan semakin meluasnya pengguna Android, maka semakin banyak pula kesempatan untuk meraup keuntungan. Di desain sebagai kamera digital yang dilengkapi fitur-fitur smartphone, kamera Android tersebut dapat menjadi permulaan generasi baru dari dunia kamera digital saat ini.

belaka? Pertanyaan itulah yang nampaknya akan menjadi persoalan di tahun 2013 ini. Dengan semakin meluasnya pengguna Android, maka semakin banyak pula kesempatan untuk meraup keuntungan. Di desain sebagai kamera digital yang dilengkapi fitur-fitur smartphone, kamera Android tersebut dapat menjadi permulaan generasi baru dari dunia kamera digital saat ini.

Di satu sisi, Samsung belum dapat menemukan keuntungan kongkrit dalam dunia kamera digital. Semantara di sisi lain, menggapai dasar dari teknologi tersebut ke dalam wilayah terbaru dapat membuktikan sebuah langkah besar bagi perusahaan asal Korea Selatan ini. Diklaim sebagai kamera 4G LTE pertama di dunia, kamera Android ini patut mendapatkan perhatian lebih dari para pecinta fotografi. Melalui beragam fitur seperti lensa beresolusi 16MP, dan dukungan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean, Anda dapat dapat melakukan banyak eksperimen menarik yang tidak ditemui pada kamera digital lainnya saat ini.

Cukup membayangkan seberapa uniknya menunggah hasil jepretan Anda langsung ke dalam internet melalui satu perangkat kamera saja. Samsung Galaxy Camera memang masih menyisakan permasalahan bisnis yang pelik: harga yang melambung tinggi. Ada banyak sentimen hadir karena banderol sekitar $500 yang ditautkan kepada kamera Android ini. Pada umumnya konsumen dan para penghobi fotografi akan memahami bahwa Anda dapat mendapatkan kamera tradisional yang diproduksi oleh perusahaan seperti Nikon, Canon, ataupun Olympus. Pasalnya beberapa ahli menilai berdasarkan kualitas foto, Galaxy Camera hanya mampu menghasilkan foto berkualitas standar.

Kemampuan konektivitas 4G dan fitur sharing mungkin dapat menjadi alasan utama kamera ini menarik perhatian banyak orang. Namun, para pengguna masih harus mengeluarkan biaya lebih untuk penggunaan akses internet mereka setiap bulannya. Prediksi awal menyebutkan bahwa pasar masih akan memiliki kamera compact karena harga yang lebih bersahabat, atau bahkan cukup dengan perangkat smartphone saja. Dengan begitu banyak opsi yang dapat didapat dengan harga tersebut, Galaxy Camera sepertinya masih akan menjadi opsi terakhir. Tetapi, tentunya tidak ada yang meragukan bahwa perangkat non-smartphone seperti halnya Galaxy Camera akan menjadi tren penting di masa mendatang. Itu dapat dibuktikan dengan perilisan kamera Coolpix S800c milik Nikon yang mencoba menawarkan suguhan tampilan Android yang terbatas.

Banyak blogger dan para penggemar Android setuju bahwa kamera Android produksi Samsung tersebut merupakan ide yang sangat baik, tetapi bukanlah sesuatu yang mereka butuhkan saat ini. Lalu, apakah perangkat ini hanya tren sesaat atau merupakan perangkat untuk masa depan? Anda akan mengetahuinya segera setelah pasar global menilai seberapa baiknya sebuah kamera digital memiliki sistem operasi Android dan konektivitas 4G LTE. Tetapi, apabila tren tersebut menunjukkan gejala yang baik, maka bersiaplah mendapatkan penawaran dari para produsen smartphone lainnya. Atau bahkan dari para produsen kamera-kamera tradisional sekalipun.

Fitur sosial mungkin dapat menjadi keunikan tersendiri dari sebuah kamera. Namun, kualitas foto adalah hal utama dalam dunia fotografi digital saat ini. Apabila tren ini mampu memberikan peningkatan terhadap kualitas ukuran sensor dan rendering, maka bukanlah hal yang harus dikhawatirkan apabila fitur-fitur smartphone masuk ke dalamnya. Pasalnya sistem operasi Android dikenal hanya mampu memberikan dukungan filter, share, dan upload belaka. Selain itu, tentunya perbandingan harga kamera dapat menjadi perhitungan dasar saat Anda memutuskan memilih kamera apa yang akan dibeli. [MS]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel