7 Manfaat Makanan Pedas Buat Kesehatan

8 Sep 2016 13:17 6535 Hits 3 Comments
Siapa bilang mengkonsumsi makanan pedas tidak baik buat kesehatan? Ini 7 faktanya.

Negara kita identik dengan ragam masakan pedas. Mulai dari ujung barat sampai ujung timur, pasti ada makanan khas daerah yang pedas dan menguras keringat. Selain karena rempah-rempah bercita rasa pedas tumbuh subur di sini, masyarakat kita rata-rata juga sangat suka mengkonsumsi makanan pedas.

Sensasi pedas yang ditawarkan juga berbeda-beda, seperti pedas pada cabai berbeda dengan pedas pada jahe, lada maupun pada rempah-rempah lainnya. 

Meskipun ada pendapat yang menyatakan bahwa mengkonsumsi makanan pedas dapat membuat badan gemuk dan sakit maag, tapi tetap saja tidak menghalangi banyak orang untuk makan makanan pedas.  

Lalu benarkah pendapat di atas?

Berdasarkan informasi yang diambil dari http://blog.8share.com/id/7-manfaat-tersembunyi-makanan-pedas, ternyata kabar gembira buat penyuka makanan pedas. Makanan pedas justru memiliki banyak manfaat yang sangat berguna buat kesehatan.

Ini dia 7 (tujuh) diantaranya :

 

1. Dapat Mengurangi Resiko Kanker 4

 

7 Manfaat Makanan Pedas Buat Kesehatan

sumber gambar diambil dari google image

 

Hasil penelitian laboratorium di Inggris menyimpulkan kalau kandungan capsaicin pada cabai dapat membunuh sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel yang sehat. Hasil ini juga didukung oleh dokter ahli penyakit dalam di Toronto - Kanada, yang menyatakan bahwa mengkonsumsi makanan pedas secara teratur dapat meningkatkan kualitas kesehatan tubuh dan mengurangi resiko kanker. Hasil penelitian lainnya juga banyak menyimpulkan hasil yang sama.

Dari berbagai hasil penelitian dari berbagai negara yang saling mendukung, maka dapat dipastikan bahwa masakan pedas terbukti dapat mengurangi resiko penyakit kanker.

 

2. Dapat Menurunkan Berat Badan

 

7 Manfaat Makanan Pedas Buat Kesehatan

sumber gambar diambil dari 8ShareIndonesia

 

Masih dari hasil penelitian di atas, bahwa mengkonsumsi masakan pedas dapat mengekang nafsu makan dan menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan senyawa capsaicin dalam cabai justru dapat mengurangi rasa lapar dan meningkatkan energi. 

Untuk mendukung hasil penelitian yang akurat, dilakukan eksperimen dengan melibatkan para sukarelawan yang bersedia mengkonsumsi makan cabai dan makanan pedas lainnya secara rutin selama enam minggu berturut-turut, lalu dibandingkan dengan sukarelawan lain yang mengkonsumsi cabai atau makanan pedas lainnya selama enam minggu berturut-turut tapi tidak rutin dan tidak teratur. Hasilnya adalah, mereka yang mengkonsumsi cabai secara rutin ternyata mengalami penurunan rasa lapar, suhu tubuh meningkat akibat banyak kalori yang terbakar dan nafsu makan lebih terjaga. 

So, tidak benar kalau ada anggapan yang mengatakan kalau makan makanan pedas dapat membuat nafsu makan tinggi dan dapat menyebabkan obesitas, yang terjadi justru sebaliknya.

 

Selanjutnya...

 

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

4.0
Good

Summary

Siapa bilang mengkonsumsi makanan pedas tidak baik buat kesehatan? Ini 7 faktanya.
Tags Kesehatan

About The Author

Arya Janson Medianta 43
Ordinary

Arya Janson Medianta

0813 7652 0559 (WA) Arya_janson@yahoo.com

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel