Tercetusnya Kode Etik Pecinta Alam

2 Jun 2015 12:21 13048 Hits 0 Comments
Arsip Dokumen H.M.P.A WALET terkait Gladian Nasional Pecinta Alam Indonesia

Halo sahabat, semaoga kabar dan hari kalian menyenangkan yaa.

Oke, setelah kemarin saya sedikit menulis tentang Esensi Makna dari Pecinta Alam, kini saya akan coba untuk menulis tentang Gladian Nasional yang nantinya tercetus Kode Etik Pecinta Alam Indonesia.

Apa sih Gladian Nasional itu?

Sebelum kita membahas tentang gladian nasional itu sendiri, kita harus tahu arti atau makna dari kata Gladian nya itu sendiri.

Kata Gladian berasal dari bahasa jawa yang berarti “latihan”. Kita sering kali memakai kata gladian ini dalam persiapan suatu acara untuk memantapkan dari apa yang akan di tampilkan contohnya ketika suatu grup akan menampilkan satu pertunjukan, maka sering kita dengar istilah “gladi bersih” yang sama-sama kita ketahui maknanya yaitu latihan / simulasi akhir sebelum pada akhirnya pertunjukan itu di tampilkan.

Gladian Nasional 5

Nah, Gladian Nasional dalam Pecinta Alam sendiri itu selain ajang untuk latihan bersama antar Pecinta Alam seluruh Indonesia, juga sebagai wadah silathurami Pecinta Alam seluruh Indonesia.

Gladian Nasional pertama diselenggarakan pada tahun 1970 bertempat di karst tebing Citatah Jawa Barat yang pada saat itu di selenggarakan oleh WANADRI.

Untuk penyelenggaraan nya sendiri, Gladian Nasional tidak rutin dilaksanakan dalam kurun waktu tertentu. Meskipun demikian dari pertama diselenggarakan nya Gladian Nasional sampai sekarang, terhitung sudah 14 kali Gladian Nasional itu diselenggarakan.

Dari sekian Gladian Nasional yang telah di selenggarakan, ada salah satu Gladian yang dikenal sebagai Gladian Fenomenal. Gladian Nasional yang fenomenal ialah Gladian Nasional ke IV (empat) yang mana Gladian Nasional ini diselenggarakan di Sulawesi Selatan tepatnya di Ujung Pandang pada tahun 1974.

User Rating

0.0
0 Ratings
5
0
0
4
0
0
3
0
0
2
0
0
1
0
0

Editor Rating

5.0
Excellent

Summary

Arsip Dokumen H.M.P.A WALET terkait Gladian Nasional Pecinta Alam Indonesia
Tags

About The Author

Ridwan Ebing Setiadi 32
Ordinary

Ridwan Ebing Setiadi

seorang yang senantiasa tidak luput dari salah, khilaf, dan dosa. Seorang yang penuh dengan rasa ingin tahu tentang segala hal. seorang pria yang ingin memberikan manfaat bagi keluarga, orang disekitar lingkaran lingkungan serta khalayak pada umumnya. kegiatan di alam terbuka adalah rutinitas dan hobi yang saling berkesinambungan. dan menulis adalah salah satu cara pendokumentasian dari setiap perjalanan hidup yang dilalui selain dengan mata lensa kamera nya.
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel