MI Camera, Kamera Mini Xiaomi Saingan Berat HTC GoPro

27 Nov 2014 12:30 7466 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Kesuksesan GoPro ini pun memicu banyak vendor untuk menghadirkan kamera serupa. Salah satunya adalah Xiaomi yang akan menghadirkan sebuah kamera mungil dengan nama Mi Camera. Seperti apa bentuk kamera kecil dari Xiaomi ini?

Salah satu gadget yang cukup populer belakangan ini adalah kamera mini dari GoPro. Betapa tidak, kamera ini cukup menarik perhatian karena dengan bentuknya yang mini, kamera ini mampu menghadirkan kemampuan yang tergolong luar biasa, mirip dengan kamera besar pada umumnya.

Kesuksesan GoPro ini pun memicu banyak vendor untuk menghadirkan kamera serupa. Salah satunya adalah Xiaomi yang akan menghadirkan sebuah kamera mungil dengan nama Mi Camera. Seperti apa bentuk kamera kecil dari Xiaomi ini?

Kabar kehadiran proyek kamera ini sebenarnya sudah beredar sejak awal November 2014. Saat itu, banyak media Tionghoa mengabarkan tentang proyek kamera mini dari Xiaomi. Tentunya jika memang hal ini benar, maka hal ini akan menjadi proyek besar bagi Xiaomi.

Apalagi perusahaan yang berdiri tahun 2010 ini kini sudah melambungkan namanya lewat jajaran produknya yang berkualitas tapi terjangkau. Gebrakan yang dilakukan Xiaomi tentunya akan menjadi pusat perhatian. Termasuk jika memang nanti Xiaomi menghadirkan kamera mini.

 

MI Camera yang Luar Biasa

Lantas bagaimana MI Camera ini? Menurut kabar yang beredar, Xiaomi masih menyimpan rapat-rapat perihal proyek kameranya ini. Namun, ada kabar yang menyebutkan bahwa kamera Xiaomi ini akan dilengkapi dengan MicroSD hingga 128GB.

Menilik dari ukurannya, tentu saja kapasitas tersebut cukup besar. Bila memang hal ini benar, bukan tidak mungkin kamera dari Xiaomi ini akan lebih menarik. Dukungan Slot MicroSD yang besar menjadi nilai tersendiri. Apalagi tentunya pengguna kamera tidak hanya menggunakan kamera mini untuk keperluan foto-foto semata. Tidak sedikit pengguna yang memanfaatkan GoPro untuk digunakan merekam video.

Untuk mendukung pengguna yang memang senang merekam video, Xiaomi menghadirkan Mi Camera dengan kemampuan yang baik. Kabar beredar menyebutkan jika Mi Camera nantinya akan dilengkapi dengan kemampuan merekam video dengan resolusi sampai 4K. Tentu hal ini cukup bagus. Terlebih, rekaman video dengan kualitas 4K akan berjalan dengan kecepatan kecepatan 30fps.

Sementara bagi pengguna yang akan merekam video dengan kualitas Full HD, maka kecepatan yang didapat adalah 120fps. Menilik dari kemampuan ini tentunya akan membuat Mi Camera benar-benar sebuah kamera mini berkemampuan luar biasa. Terlebih kameranya ini menggunakan lensa wide angle 128 derajat, yang tentunya akan sangat disukai oleh para petualang karena mampu merekam gambar wideshot dengan lebih leluasa.

 

Mengalahkan Dominasi GoPro

Menilik hal tersebut, bukan hal yang tidak mungkin jika Xiaomi nantinya mengalahkan dominasi GoPro dalam hal kamera mini. Untuk diketahui, kamera GoPro menjadi populer karena fungsinya yang sangat bagus. Kamera GoPro banyak digunakan oleh para petualang dan para turiis atau orang-orang yang senang bepergian.

Bentuknya yang mungil tentu menjadi kelebihan tersendiri. Karena itulah GoPro cukup populer. Dan, jika memang nantinya Mi Camera hadir, kepopuleran kamera GoPro bisa saja benar-benar meredup.

Sebenarnya, banyak produk dari perusahaan lain yang berpotensi mengalahkan GoPro. HTC contohnya. Vendor yang satu ini sudah terlebih dahulu menghadirkan kamera mini yang cukup menarik dan berkualitas. Namun, tentu potensi terbesar untuk mengalahkan GoPro tentu bukan soal produk yang berkualitas semata.

Dukungan konsumen, komunitas, dan tentunya nilai-nilai lain yang membuat suatu produk memiliki nilai tambah akan membuat produk tersebut menjadi semakin menarik. Dan bila berkaca pada hal tersebut, Mi Camera yang memiliki potensi terbesar. Dukungan komunitas Xiaomi yang bagus, layanan Xiaomi yang cukup baik, kualitas bahan produk, serta harga yang murah menjadi nilai-nila lebih yang memungkinkan Mi Camera mendominasi di pasar kamera mini kedepannya. Namun, hal tersebut hanyalah prediksi semata. Bisa saja, kehadiran Mi Camera justru semakin menguatkan posisi kamera GoPro.

Terlepas dari apakah nantinya Mi Camera akan mengalahkan GoPro atau tidak, patut ditunggu kehadiran kamera ini. Xiaomi sendiri mengungkapkan jika Mi Camera akan tersedia dalam waktu dekat. Setidaknya, akhir tahun 2014, Mi Camera sudah diluncurkan. Berapa harganya? Untuk produk Mi Camera ini, Xiaomi membanderolnya dengan harga sekitar Rp2 jutaan. Sebuah harga yang cukup murah untuk sebuah kamera mini berkualitas bukan?

Mereka yang senang berpetualang dan memotret gambar tentu akan senang dengan produk ini. Mari tunggu kehadiran produk ini. [HMN]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel