Canon PIXMA iP2870 - Printer Murah Hasil Cetak Berkualitas

8 Jan 2015 11:30 82281 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Printer Canon murah ini tersedia dalam 1 warna, yaitu warna putih, printer Canon murah ini merupakan seri lanjutan dari Canon Pixma ip 2770, sehingga spesifikasinya pun tidak jauh berbeda. Namun beda seri pastinya beda kemampuan. Lalu apa saja yang ditawarkan oleh printer Canon Pixma ip 2870 ini, mari kita simak berikut

Kebutuhan printing memang sudah tidak bisa lepas bagi mereka yang bekerja dengan berbagai dokumen. walaupun sudah banyak alternatif selain printing dan kertas, namun tetap saja untuk beberapa hal, peranan sprinter tidak bisa digantikan hingga saat ini. saat ini sudah tersedia banyak pilihan Printer dengan harga dan kemampuan yang variatif. Kali ini paseban akan membahas printer Canon Pixma iP2870, printer Canon murah dengan kualitas cetak yang berkualitas.

Printer Canon Pixma iP2870 ini memang di desain dan di buat khusus untuk skala rumahan, hal ini terlihat mulai dari bentuk, daya tampung tinta sampai harganya yang relatif sangat murah. Printer Canon murah ini hanya tersedia dalam 1 warna, yaitu warna putih saja. Printer Canon murah ini merupakan seri lanjutan dari Canon Pixma ip2770, sehingga spesifikasinya pun tidak jauh berbeda. Namun beda seri pastinya beda kemampuan. Lalu apa saja yang ditawarkan oleh printer Canon Pixma iP2870 ini, mari kita simak berikut :

 

DESAIN

Dengan konsep yang compact atau dengan kata lain minimalis, printer Canon murah berwarna putih ini memiliki desain yang serba praktis dengan memanfaatkan berbagai ruang agar lebih multi fungsi. Sebagai contoh, Tatakan penahan kertas pun memakai sistem lipat, sehingga bisa berperan dua fungsi, yaitu sebagai penahan kertas masuk juga sebagai penutup jika printer sedang tidak digunakan.

Di bagian bawah, penahan kertas keluar pun tak luput didesain secara compact, jika printer Canon murah ini akan anda gunakan, maka anda bisa menarik bagian bawahnya untuk dijadikan penahan kertas keluar.

Berbeda dari printer yang biasanya, Canon Pixma iP2870 ini  mempunyai desain yang unik hingga ke sistem penggantian Catridge. Biasanya untuk mengganti Catridge Anda harus membuka cover atas sehingga anda bisa melihat semua bagian dalam printer, namun untuk printer Canon murah ini telah disediakan lahan didepan yang dikhususkan sebagai celah untuk mengganti catridge.

 

PERFORMA.

Jika dilihat dari berbagai pengalaman, performa Canon memang sudah tidak bisa dianggap remeh. Telah terbukti semua printer Canon mempunyai performa yang lebih cepat dari printer lain khususnya Epson. Ketika di tes, printer Canon murah ini memiliki performa 8 ipm untuk Printing hitam, dan 4 ipm untuk printing mode warna. Performa printing ini tentunya sudah termasuk ke dalam mode yang lumayan cepat untuk skala printer kecil, terlebih lagi mengingat harganya yang sangat murah.

Perbandingan lainnya yaitu dengan sang kakak, yaitu Canon Pixma iP2770. Data yang diperoleh dari website resmi Canon Indonesia, ternyata Canon iP2870 memiliki kecepatan printing yang lebih unggul, yaitu selisih 0,3 ipm saja dengan sang kakak.

Adapun untuk hasil printing, kualitas yang dihasilkan sudah termasuk ke dalam kategori bagus. Penulis mencoba mencetak sebuah dokumen dengan mode Full Color, dan hasilnya pun mendekati dengan warna yang memang telah di desain pada komputer. Namun untuk warna kuning, setelah di amati hasil yang dikeluarkan ternyata lebih cerah dari yang telah ditentukan sebelumnya. Penulis menilai, hasil tersebut masih termasuk dalam kategori wajar.

Untuk mode printing hitam, warna hitam yang dihasilkan pun sudah sangat pekat bila dibandingkan dengan printer lain dikelasnya. Dalam hal Cetak, Canon iP2870 ini lebih unggul dalam urusan warna hitam.

 

UKURAN KERTAS

Ukuran kertas menjadi salah satu pertimbangan ketika anda akan membeli sebuah printer. Untuk printer Canon murah ini, ukuran kertas yang bisa ditampung adalah kertas dengan lebar tidak lebih dari 23 cm saja. dengan kata lain, ukuran kertas yang bisa dipakai untuk printer ini hanya sampai legal ke bawah saja.

Selain mencetak dokumen, printer ini pun mempunyai fitur untuk cetak foto, namun sayangnya ukuran untuk mencetak dalam mode foto ini hanya di batasi sampai 8 inchi saja, atau ukuran foto normal. Namun anda jangan khawatir, jika anda berniat mencetak foto dalam ukuran kertas a4 atau legal Anda tinggal ubah saja kualitas printing dari mode standar ke mode High, tentunya hal ini akan mengakibatkan kepada proses cetak yang agak sedikit melambat.

Ada satu lagi yang harus di perhatikan, untuk mencetak dokumen berukuran legal atau a4, anda tidak bisa menggunakan mode Borderless, karena printer ini mewajibkan adanya margin 2 sampai 3 mm.

 

TINTA

Printer Canon iP2870 ini masih menggunakan mode catridge sebagai tangki penyimpanan. Dengan sistem seperti ini tentunya sudah kalah jauh dari rival beratnya, yaitu Epson. Rata rata Epson sudah mengubah penampungan tintanya menjadi sistem infus, sehingga bisa bertahan lebih lama dan lebih praktis.

Namun bila dibandingkan dengan harganya, wajar saja di Canon iP2870 ini masih menggunakan sistem catridge, dengan sistem catridge ini anda masih bisa mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak, selain itu Canon pun memberikan pilihan catridge dengan daya tampung XL, hal ini tentunya menjadi pilihan yang cocok bagi anda yang menggunakan printer Canon murah ini untuk keperluan kantor.

 

KONEKTIVITAS

Printer Canon iP2870 ini menggunakan kabel USB sebagai media transfer dari laptop/PC ke media cetak. Belum tersedia fitur Wi-Fi sebagaimana yang telah disematkan dalam beberapa model printer keluaran masa kini. Namun jangan khawatir anda masih bisa mencetak berbagai dokumen dengan memanfaatkan jaringan koneksi intranet/lokal yang sedang anda gunakan di kantor atau rumah anda. Tentunya anda harus memastikan bahwa anda telah menginstall driver printer Canon ip2870 yang telah disediakan dalam berbentuk CD pada setiap paket pembelian.

 

HARGA DAN KESIMPULAN

Printer murah Canon iP2870 ini secara keseluruhan masuk ke dalam kategori printer yang efektif dan efisien. Penilaian ini tentunya didasari dari perbandingan item diatas dengan harga yang ditawarkan. Dengan mengeluarkan uang kurang dari 500.000, anda sudah bisa mendapatkan printer dengan kualitas cetak yang hampir setara dengan printer harga 1 juta ke atas. Adapun harga yang dibanderol secara resmi untuk printer Canon iP2870 ini adalah 475.000 saja. Harga ini tentunya akan bervariatif tergantung distributor yang menjual. Namun sebagai patokan, kelebihan harga hingga 50.000 masih dianggap wajar untuk sebuah printer Canon murah ini. [IA]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel