Aplikasi Messenger: Perbandingan WhatsApp, Line, dan WeChat

28 Feb 2014 13:00 20764 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Ada banyak sekali aplikasi instant messaging sekarang ini, sebut saja WhatsApp, Line, dan WeChat. Ketiga aplikasi tersebut tentu saja memiliki fitur unggulan dan tidak lepas dari kekurangan. Berikut ini perbandingan dari WhatsApp, Line, dan WeChat.

Tak lepas dari perkembangan gadget smartphone yang kian lama semakin canggih, instant messaging pun kini semakin banyak bermunculan sebagai penunjang aktifitas berkirim pesan singkat yang ditanamkan pada smartphone. Ada banyak sekali aplikasi instant messaging sekarang ini, sebut saja WhatsApp, Line, dan WeChat. Ketiga aplikasi tersebut tentu saja memiliki fitur unggulan dan tidak lepas dari kekurangan. Berikut ini perbandingan dari WhatsApp, Line, dan WeChat.

WhatsApp

WhatsApp adalah salah satu pelopor dari aplikasi instant messaging dan merupakan salah satu aplikasi instant messaging yang paling banyak diminati oleh para pengguna smartphone. Aplikasi yang dibuat oleh Jan Koum dan Brian Acton ini dulu pernah disebut sebagai pembunuh aplikasi BlackBerry Messenger.

Kelebihan

Pertama, tentu saja kemampuannya untuk berkirim pesan singkat antar sistem operasi. Android, BlackBerry, iOS, Windows Phone dapat saling berkomunikasi satu sama lain. Kedua, secara otomatis memindai kontak telepon untuk informasi teman-teman menggunakan layanan di WhatsApp. Berikutnya, aplikasi ini dapat mengirim semua (video, audio, foto) multimedia dan lokasi peta disertai dengan emoticon yang lucu yang dapat membuat berkirim pesan singkat dapat lebih berwarna dan menarik. Selajutnya, selain dapat mengatur status aplikasi ini dapat juga untuk broadcast ke banyak pengguna dan group chat ke anggota sesama komunitas.

Kekurangan

Akan tetapi aplikasi WhatsApp ini memiliki kekurangan yaitu hanya gratis pada tahun pertama, selanjutnya akan dikenakan biaya $1,99 per tahun.

Line

Aplikasi Line ini merupakan salah satu aplikasi penyusul tren instant messaging. Aplikasi besutan perusahaan Jepang, Naver ini menawarkan emoticon dan stiker yang lebih menarik dan lucu dibandingkan dengan WhatsApp. Selain itu, Line juga mengusung fitur-fitur terkini dan tampilan yang lebih segar.

Kelebihan

- Line memberikan layanan free call untuk dapat bertelepon gratis antar sesama pengguna Line tanpa dipotong biaya pulsa, hanya menggunakan data internet.

- Grup Messenger bisa sampai 100 anggota.

- Line mempunyai nomor telepon sebagai account ID seperti WhatsApp, tapi juga bisa mempunyai user ID untuk mempermudah orang meng-invite dan menyembunyikan nomor telepon jika itu privasi.

- Selain itu Line juga menyediakan add friend melalui QR code yang dapat dibuat gratis melalui Line, sesuatu fitur yang jarang diterapkan pada aplikasi serupa.

- Di Line selain menyediakan emoticon dan autotext, juga menambah tambahan baru yaitu stickers, hampir serupa dengan emoticon tapi dengan ekspresi yang lebih banyak dan juga besar, akan tetapi ringan digunakan.

- Line menyediakan fitur Block/Blacklist ID atau nomor HP yang tidak diinginkan, dan juga menyedikan fitur keamanan password untuk menghindari orang lain membuka dan melihat isi percakapan.

- Line menyediakan fitur timeline seperti pada Facebook sebagai wadah update, yang juga bisa diberi komentar, dan sebagainya.

- Fitur yang paling menarik dari Line adalah fitur game online-nya yang dapat dimainkan bersama teman-teman di Line.

- Line memungkinkan untuk digunakan di OS Windows/MacOS melalui PC.

Kekurangan

- Koneksi data dari aplikasi Line masih belum terlalu stabil, masih belum sebaik WhatsApp dalam mengirim dan menerima data.

- Untuk fitur call akan berjalan lancar jika jalur data minimal 3G/HSDPA.

WeChat

Aplikasi ini juga merupakan salah satu pengekor tren aplikasi instant messaging. Aplikasi besutan sebuah perusahaan di China ini menyediakan fitur yang kurang lebih sama dengan Line, hanya saja emoticon dan stiker yang disediakan WeChat tidak selengkap Line.

Kelebihan

WeChat merupakan aplikasi instant messaging yang mudah diinstal dan digunakan. Walaupun datang belakangan, tetapi WeChat langsung mencuri perhatian pengguna smartphone. Tentu saja dengan fitur yang diklaim lebih lengkap. Fitur seperti berbagi pesan teks dan gambar, VoiP dan emoticon sudah pasti ada di WeChat. Namun soal emoticon dirasa kurang banyak dan terlalu mainstream. Berbagi aktivitas pun bisa dilakukan seperti layaknya Line. Tetapi WeChat ini agak berbeda karena adanya  fitur Look Around, yang memungkinkan pengguna mencari sesama pengguna WeChat di lokasi tempatnya berada. Ingin pindah komputer, pengguna WeChat sudah bisa melakukannya. Karena layanan instant messaging asal China ini telah menyajikannya. Tapi berbeda dengan Line, pengguna tak perlu repot-repot mendownload versi desktop. Karena cukup dengan scan QR code pengguna langsung switch ke PC.

Kekurangan

Kekurangan WeChat yaitu belum didukungnya emoticon dan stiker lucu seperti layaknya Line. Dan WeChat sepertinya kurang berasa dari segi karakter dan ekspresinya.

Kesimpulan

Demikianlah perbandingan dari aplikasi pesan instan WhatsApp, Line, dan WeChat. Anda mempunyai pendapat lain? Sila tinggalkan pada kolom komentar di bawah ini. [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel