Sisi Lain Kecanggihan dari Spesifikasi Kamera Digital Canon 1D-X

5 Apr 2014 16:00 3354 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Satu lagi kamera baru besutan Canon yang akan menambah koleksi dunia fotografi. Kamera digital Canon EOS-1D X ini merupakan kamera berteknologi tinggi yang dapat digunakan untuk kebutuhan jurnalistik maupun fotografi studio.

Satu lagi kamera baru besutan Canon yang akan menambah koleksi dunia fotografi. Kamera digital Canon EOS-1D X ini merupakan kamera berteknologi tinggi yang dapat digunakan untuk kebutuhan jurnalistik maupun fotografi studio. Mengapa? Karena spesifikasi kamera digital Canon EOS-1D X ini merupakan gabungan dari dua tipe kamera yang sejak tahun 2002 dipisahkan oleh pihak Canon, yaitu 1D untuk jurnalistik karena responsif dan berkecepatan tinggi sedang 1Ds untuk fotografer studio yang beresolusi tinggi. Perusahaan kamera terbesar Canon memang selalu mengeluarkan kamera-kamera yang canggih dan terbaik di pasaran. Kamera dengan kode satu digit ini merupakan kamera dengan kelas paling tinggi di antara jajaran kamera Canon EOS lainnya. Maka tidak dapat dipungkiri kehadiran kamera ini menyita banyak perhatian para fotografer atau para Pecinta fotografi.

Banyak hal yang menarik dari kamera Canon ini salah satunya adalah sensor baru Full Frame 18.1 MP sehingga pengguna akan mendapatkan hasil pemotretan berkecepatan tinggi sekaligus High resolusi. Hasil menakjubkan dari spesifikasi kamera digital Canon EOS-1D X ini juga disebabkan penanganan Noise yang baik dan Dynamic Range sehingga kualitasnya tidak kalah dengan kamera yang memasang resolusi lebih tinggi. Anda dapat menyaksikan ketajaman gambar dari hasil potretan kamera ini. Hasil gambar yang menakjubkan ini merupakan daya tarik yang paling utama dari kamera ini.

 

Desain

Secara fisik kamera ini tidak beda jauh dengan 1D Mark IV sebagai kamera profesional atau 1Ds Mark III, hanya saja Canon menambahkan 2 mini Joystick. Tombol yang ditambahkan ini untuk membedakan pengambilan objek secara horizontal atau vertikal. Keunggulan lain tampak dari masalah yang kerap kali dikeluhkan oleh pengguna kamera digital Canon, yaitu front Focus. Dalam kamera ini Canon melakukan pembenahan sehingga produknya sangat responsif tapi tetap Spot-On. Buktinya, setelah dilakukan uji coba oleh fotografer dalam kondisi pencahayaan yang berbeda-beda tetap menampilkan hasil yang fantastis.

 

Kecepatan Memotret

Alasan lain mengapa anda harus melirik kamera digital Canon ini karena bisa memotret hingga 14 Frame Perdetik secara beruntun. Sangat cepat sekali bukan? Kecanggihan ini sangat bermanfaat bagi anda yang ingin mengabadikan sebuah momen penting atau fotografer spot. Selain itu, suara Shutternya pun juga sangat mantap yang menguatkan adanya kecanggihan teknologi yang diusung produk ini. Canon selalu memperhatikan teknologi canggih yang akan ditanamkan pada kameranya sehingga fitur-fitur canggih pun dapat dihadirkan pada kamera andalannya ini.

Bagi fotografer studio kamera ini cukup membantu karena menghasilkan reproduksi warna kulit yang lebih alami, bahkan lebih baik dibanding 5D Mark III. Keuntungannya anda dapat melakukan pemotretan Indoor maupun Outdoor dengan hasil maksimal, tidak seperti kamera dulu yang membagi tipe untuk ruangan dan alam bebas. Bila anda ingin mengubah File dalam bentuk JPEG setelah diedit, kualitas warna yang ditampilkan tetap menarik. Akibatnya Upload gambar di internet bisa dilakukan cepat tapi bagus. Ini merupakan hasil kerja sensor baru yang dipakai kamera digital Canon tersebut.

 

Fitur

Fitur dalam kamera ini bisa dibilang lengkap dan ditempatkan semestinya sehingga pengguna nyaman saat memotret. Penataan komponen dalam menu pun mudah untuk dipelajari alias tidak “ruwet”. Canon juga menambahkan fitur In-Camera Editing yang memungkinkan pengguna mengedit gambar langsung dari kamera. Meskipun kemampuan edit kamera masih di bawah Nikon D4 karena hanya memberikan kesempatan untuk mengubah Saturasi, Contrast, dan Exposure saja.

 

Bidang Jurnalistik

Bila pada paragraf di atas kita bicara kemampuan kamera digital Canon EOS-1D X untuk foto studio, kini saatnya beralih pada kemampuan kamera ini dalam bidang jurnalistik. Para Sinematografer bisa menggunakan EOS-1D X untuk mengambil video. Hasilnya cukup komprehensif untuk kelas jurnalistik meskipun kemampuan AF-nya lebih lambat dibanding untuk merekam foto. Mungkin karena kamera ini memang fokus untuk fotografi sehingga perangkat video hanya sebagai pelengkap.

 

Kesimpulan

Beberapa fotografer mengomentari bahwa EOS-1D X adalah kamera terbaik di antara SLR digital EOS lainnya. Bila anda ingin meningkatkan kualitas gambar, ada baiknya memilih lensa optik yang bagus untuk mendukung. Kamera digital Canon EOS-1D X ini memang pas digunakan untuk jurnalis, fotografer pernikahan, dan orang-orang yang pekerjaannya membutuhkan kamera tangguh dan canggih. [HMD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel