Samyang 8mm f3.5 - Lensa Fisheye Korea Termurah Sejagat

27 Apr 2014 16:00 47141 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Menghasilkan foto dengan jangkauan frame yang luas tidak harus menggunakan lensa mahal. Saat ini Samyang 8mm f3.5 sedang populer dan menjadi fisheye terlaris bagi para penggemar fotografi wide melengkung. Paseban akan mengulasnya lebih dalam mengenai Samyang 8mm f3.5 fisheye selengkapnya.

Menghasilkan foto dengan jangkauan frame yang luas tidak harus menggunakan lensa mahal. Saat ini Samyang 8mm f3.5 sedang populer dan menjadi lensa fisheye terlaris bagi para penggemar fotografi wide melengkung. Paseban akan mengulasnya lebih dalam mengenai Samyang 8mm f3.5 fisheye selengkapnya.

Apa yang membuat Samyang 8mm f3.5 Aspherical IF MC Fish-eye mampu meraih kepopuleran sebagai lensa fisheye melebihi produk first party? Tentu yang pertama adalah mengenai harga, kualitas dan spesifikasi mumpuni. Mungkin Anda lebih akrab dengan produk-produk lensa third party asal Jepang seperti Sigma dan Tamron, atau bahkan dari Eropa seperti Carl Zeiss.

Samyang sendiri bukanlah produk Jepang maupun Eropa, melainkan dari Korea. Meski untuk jajaran lensa prime biasa dan zoom Samyang kurang begitu populer, namun produknya tetap tidak bisa dipandang sebelah mata. Ketidakpopuleran Samyang lantaran kebanyakan produknya masih  menggunakan teknologi lama, yakni manual fokus. Begitu pula dengan Samyang 8mm f3.5 fisheye. Lensa ini termasuk kategori prime wide angle yang digunakan untuk kebutuhan fotografi yang lebih spesifik.

 

Desain

Samyang 8mm f3.5 fisheye dipastikan memiliki bentuk yang agak berbeda dan unik dibandingkan lensa prime maupun zoom pada umumnya.Diameternya lebih besar, namun tidak terlalu panjang. Perhatian utama tentu adalah pada bagian optik depan yang terlihat sangat cembung, dan inilah ciri khas dari lensa fisheye. Dipastikan Anda tidak akan dapat memasang berbagai jenis filter, apapun itu baik filter UV, filter ND maupun filter CPL. Kecuali memang ada filter yang didesain khusus membentuk cembung sesuai dengan optik lensa. Cukup merepotkan karena pada dasarnya fisheye juga sering dipakai pemotretan landscape yang notabenya membutuhkan tambahan filter.

samyang

Melingkar disekitar optik depan adalah lens hood, sebagai pelindung dan mencegah cahaya liar langsung masuk ke lensa. Sedangkan pada bagian body lensa pastinya melingkar karet sebagai pegangan atau penahan yang dirasa cukup. Jangan harap Anda bisa memutarnya seperti menggunakan lensa zoom karena ini adalah lensa prime. Namun ada satu putaran atau ring yang tersedia, yakni ring fokus lengkap dengan keterangan focus distance yang bisa cukup membantu Anda mendapatkan ketepatan fokus. Sepertinya memang sudah tidak ada lagi bagian-bagian penting pada lensa seperti tuas AF karena ini adalah lensa manual. Tidak ada pula fitur stabilizer karena lensa wide tidak begitu rawan goncangan.

 

Fitur

Samyang 8 mm f/3.5 Aspherical IF MC Fish-eye sepertinya memang didesain khusus untuk kamera sensor APS-C atau crop format. Tidak begitu cocok dengan kamera-kamera Full Frame. Perancangan lensa ini didasarkan pada 10 elemen serta dengan 7 grup optik yang berkualitas tinggi. Selain itu, berkat penggunaan elemen kaca berkualitas tingga dengan fitur aspherical hibrida dan multilayer lapisan anti-refleksi generasi terbaru, membuat lensa ini semakin tajam dan terhindar dari aberasi yang tidak diinginkan. Lebih dalam lagi, Samyang 8 mm f/3.5 memiliki bilah diafragma sebanyak 6 buah dengan bukaan maksimal mencapai f3.5 dan terkecil adalah f 2.2.

Dengan diberi keterangan IF, tentunya lensa ini memang sudah dirancang dengan fitur internal focusing dimana Anda tidak akan melihat lensa berubah ukuran saat melakukan pemutaran fokus. Fitur MC atau Multi Coated juga memungkinkan pengguna bisa mencegah maupun mengurangi refleksi yang tidak diinginkan pada suatu objek. Dengan mount lensa yang terbuat dari besi, membuatnya lebih berat dan terasa kokoh.

 

Performa

Performa lensa yang terutama tentu adalah ketajaman hasil gambar serta warna yang begitu muncul dan natural. Jangkauan sangat luas dan lengkungan hasil distorsi yang dihasilkan membuatnya terasa unik. Bahkan setiap detail mampu terekam dengan baik. Anda bisa mengatur diafragma terbesar f3.5 sehingga memungkinkan mendapat cahaya lebih banyak meski jika ingin mendapat detail lebih Anda harus mengecilkannya. Fitur fokus bisa diatur secara manual dengan batasan jarak focus terdekat mencapai 30cm dan untuk jarak focus terjauh adalah 3 meter bahkan hingga infinity atau tidak terhingga.

Penggunaan pada kamera sendor APS-C adalah prioritas utama produsen, dengan fied of view lensa luas hampir mencapai 180o sampai memenuhi frame tanpa adanya vignette pada sudut viewfinder. Vignette yang terlihat signifikan biasanya terjadi jika Anda menggunakan kamera Full Frame yang dihasilkan dari lens hood.

 

Harga dan Penggunaan

Saat ini Samyang 8 mm f/3.5 Aspherical IF MC Fish-eye dibanderol dengan harga hanya Rp 3.6 jutaan. Lebih murah sangat jauh dibandingkan fisheye Nikon dan Canon. Tersedia untuk DSLR Canon, Nikon, Sony, Pentax, dan Olympus. Fisheye sangat cocok untuk kebutuhan fotografi yang membutuhkan wide angle seperti landscape, arsitektur, indoor,dan lain-lain. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel