Canon Powershot ELPH 510 HS - Digicam Pocket dengan Kualitas Tinggi

15 Jul 2014 15:30 4703 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Untuk video kamera Canon Powershot ELPH 510 HS ini dapat merekam dengan kualitas Full HD 1080p. Selain itu kamera ini menyediakan Output HDMI seperti kebanyakan kamera saat ini, serta Intelligent IS System yang secara otomatis memiih satu dari enam mode IS yang berbeda untuk mengoptimalkan stabilisasi gambar pada situasi yang berbeda-beda. Dan terakhir, pada kamera ini terdapat mode Auto Smart, metode cerdas yang dapat memilih 32 Scene Mode untuk situasi pegambilan gambar yang pengguna inginkan.

Perusahaan besar kamera Canon, kembali mengeluarkan produk terbarunya. Kali ini Canon menambah koleksi kameranya pada seri Canon Powershot ELPH yang Canon keluarkan. Kamera digital Canon terbaru ini adalah Canon Powershot ELPH 510 HS. Kamera ini mempunyai resolui sebesar 12 megapiksel serta rentang Zoom hingga 12 kali. Untuk tampilan antarmuka pada kamera Canon terbaru ini menggunakan layar sentuh LCD kapasitif. Yang berbeda dari kamera ini adalah layar sentuh LCD nya yang cukup besar sehingga tombol-tombol pengaturan di sekitarnya pun diminimalisir. Layar sentuh LCD ini berukuran 3,2 inci yang mendominasi bagian belakang dari kamera yang cukup kecil ini.

 

Selain fitur tersebut kamera digital canon ini menggunakan sensor CMOS 1/2.3 inci untuk mengambil gambar dan video. Dari software kamera ini menggunakan DIGIC4 Image Processor tidak menggunakan yang jenis paling baru yaitu DIGIC5 Image Processor. Canon juga menggunakan HS System pada kamera ini untuk kinerja pada pengambilan gambar Low Light yang ditingkatkan, termasuk ISO yang sampai 3200.

 

Untuk video kamera Canon Powershot ELPH 510 HS  ini dapat merekam dengan kualitas Full HD 1080p. Selain itu kamera ini menyediakan Output HDMI seperti kebanyakan kamera saat ini, serta Intelligent IS System yang secara otomatis memiih satu dari enam mode IS yang berbeda untuk mengoptimalkan stabilisasi gambar pada situasi yang berbeda-beda. Dan terakhir, pada kamera ini terdapat mode Auto Smart, metode cerdas yang dapat memilih 32 Scene Mode untuk situasi pegambilan gambar yang pengguna inginkan.

 

Desain

Kamera Canon Powershot ELPH 510 HS ini sama seperti kamera para pendahulunya pada seri Canon Powershoot ELPH yaitu terbuat dari bahan baku dan suku cadang yang kuat dan tahan lama. Bahan baku dari kamera ini juga lebih banyak menggunakan bahan logam daripada bahan Polikarbonat sehingga memberikan kesan padat dan kuat pada kamera mungil ini.

Meskipun menggunakan bahan yang kuat dan padat, namun tidak memberikan Kamera digital Canon ini berat yang berlebihan. Beratnya hanya sekitar 200 gram. Dengan ukuran kamera 58,42 x 99,06 x 22,86 mm dan berat yang cukup ringan, kamera ini sangat cocok sebagai kamera yang Pocketable, atau mudah untuk dibawa kemana-mana. Untuk urusan Stylish,  kamera ini terdapat beberapa pilihan warna yaitu merah, perak, dan hitam.

 

Kualitas Gambar

File gambar yang dihasilkan oleh kamera digital seri Canon Powershot ELPH biasanya dioptimalkan untuk warna cerah dan berani dengan kontras yang sedikit datar. Pada Kamera digital Canon Powershot ELPH 510 HS hal tersebut pun  tidak menyimpang jauh. Warna asli dari gambar yang dihasilkan cerah dan akurat, namun terlihat Over-Saturated.

 

Untuk warna merah pada kamera ini terlihat lebih hangat daripada di kehidupan nyata, warna biru terlihat lebih cerah, warna hijau dan kuning terlihat lebih hidup. Untuk kualitas gambar dari suasana Outdoor, kamera ini mengatur cahanya dengan cukup baik, menghasilkan gambar yang terbuka, fokus yang tajam, dan gambar yang bebas dari noise. Secara umum kamera digital Canon ini merupakan kamera dengan kualitas gambar terbaik dibandingkan dengan kamera lain pada kelasnya.

 

Kualitas Video

 

Untuk perekaman video ternyata kamera ini cukup mengesankan. Kamera digital Canon Powershot ELPH 510 HS ini dapat merekam dengan kualitas HD 1920 x 1080p dan frame rate rata-rata 24 fps. Memang cukup mengesankan bahwa kamera digital yang cukup kecil ini mampu merekam dengan kualitas video yang High Definition menyaingi Camcorder.

 

Namun satu-satunya kekurangan dari mode perekaman dari kamera ini adalah tidak adanya tombol Start/Stop untuk memulai dan menghentikan perekaman video. Fungsi tombol ini dipindahkan pada tombol virtual yang terdapat pada layar sentuh LCD kamera. Tidak adanya tombol dengan fungsi ini menyebabkan proses perekaman menjadi tidak terlalu nyaman bagi penggunanya karena akan mudah tersentuh apabila sedang mereka.

 

Kinerja Lensa

 

Kamera digital Canon ini menggunakan lensa yang memiliki kemampuan 12x Zoom. Kamera digital dengan yang sejenis kamera Canon ini umumnya hanya menggunakan lensa dengan kemampuan 5x sampai 10x Zoom, sehingga kamera yang kecil ini dapat memperbesar dari 28mm Wide-Angel ke 336mm Telephoto. Merupakan jangkauan perbesaran kamera yang cukup mengesankan untuk kamera digital Pocketable ini. Kamera ini juga memiliki maksimum Aperture  yaitu f3.4 memberikan kamera ini yang cukup cepat.

 

Kesimpulan

 

Ukuran mini tidak menjamin kualitas, nyatanya kamera ini cukup mumpuni untuk kelas menengah ke bawah. Harganya pun murah, tentu ini menjadi pilihan bagi Anda penyuka fotografi yang belum bisa membeli kamera SLR dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan kamera pocket biasa. [HMD]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel