Berikut Review KakaoTalk dan Line: Aplikasi Messenger pada Android

20 Jun 2014 18:00 2730 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Seiring dengan perkembangan teknologi, sarana komunikasi tidak hanya bergantung pada telepon dan SMS saja. Saat ini telah hadir aplikasi messenger yang memungkinkan anda mengirim pesan secara instan kepada pengguna lainnya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, sarana komunikasi tidak hanya bergantung pada telepon dan SMS saja. Saat ini telah hadir aplikasi messenger yang memungkinkan Anda mengirim pesan secara instan kepada pengguna lainnya. Messenger memiliki keungulan dibandingkan dengan SMS. SMS hanya dapat mengirim pesan berupa teks saja. Akan tetapi, Messenger dapat mengirimkan pesan berupa teks, video, pesan suara, dan stiker.

Saat ini terdapat beberapa perusahaan yang khusus mengembangkan aplikasi messenger. Mereka berlomba-lomba melakukan inovasi guna menarik minat pengguna ponsel pintar untuk menggunakan messenger mereka. Kali ini saya akan mengulas messenger yang populer di Android. Masing-masing messenger memiliki keunggulan dan kelemahannya. Oleh karena itu, kita harus bijak ketika memilih sebuah aplikasi messenger supaya sesuai dengan yang diharapkan.

 

KakakoTalk

Anda mungkin sudah tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. Iklannya terus tayang di media online, media massa seperti TV hingga Koran. Messenger yang berasal dari Korea Selatan ini bahkan membuat iklan yang menggunakan boyband terkenal asal Korea (Big Bang) sehingga memikat banyak remaja di Indonesia. 

Fitur KakakoTalk

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh KakakoTalk

 

  • Stiker

Keunggulan aplikasi ini adalah temanya yang dapat diganti-ganti serta stiker yang banyak. Akan tetapi, tema dan stiker tidak diberikan secara gratis. Anda dapat membelinya menggunakan pulsa Anda. Aplikasi ini juga memiliki fitur free call dan group free call. Anda dapat melakukan panggilan secara bersamaan dengan lima orang. Keunggulan lainnya adalah aplikasi ini memiliki Plus Friend.

 

  • Fitur Lain

Plus Friend adalah teman khusus yang berasal dari Brand dan Artis/Aktor. Plus Friend juga merupakan salah satu sumber penghasilan aplikasi ini. Dengan Plus Friend anda dapat menerima kupon diskon yang diberikan oleh merek-merek ternama seperti 7 Eleven, McD, Chatime, dan BlitzMegaplex. Selain itu, Anda pun bisa mendapatkan update dari Idola kesayangan Anda.

 

  • Download

Untuk mengetahui jika pesan sudah dibaca, tanda satu akan hilang di samping pesan. Hal ini menandakan pesan telah dibaca oleh penerima. Kakaotalk pun memiliki kelemahan yaitu aplikasi ini tidak dapat dipindah ke microSD sehingga bagi pengguna dengan memori yang sedikit akan mengalami sedikit masalah. Baru-baru ini mereka juga meluncurkan filter untuk foto seperti LINE sehingga anda dapat menambah keindahan foto-foto Anda. Berikut ini adalah tautan untuk mengunduh aplikasi KakaoTalk di Google Play, besarnya aplikasi ini adalah 20.64 MB.

 

LINE

Aplikasi berwarna hijau ini asalnya juga dari Korea Selatan. Banyak orang menduga aplikasi ini berasal dari Jepang, padahal tidak. Fitur yang dimiliki hampir sama dengan Kakaotalk. Akan tetapi, Anda akan kesulitan membeli stiker jika tidak mempunyai kartu kredit. Karena LINE hanya menerima pembelian menggunakan kartu kredit.

Fitur yang ditawarkan oleh Line

Beberapa fitur yang ditawarkan oleh Line

 

  • Stiker

Stiker yang ada di LINE cukup bagus karena berasal dari karakter yang terkenal seperti Doraemon, Sinchan, Finding Nemo, dan lain-lain. Jangan khawatir! Anda masih bisa memiliki stiker tersebut dengan menggunakan fitur Free Coin. Di Fitur ini anda akan diminta menginstal sebuah aplikasi lalu mendapat komisi berupa koin yang dapat digunakan untuk membeli stiker. Satu aplikasi yang diinstal akan mendapat imbalan 10 koin.

 

  • Fitur Recovery

LINE memiliki keunggulan di bidang recovery. Sama halnya dengan KakaoTalk, LINE memungkinkan penggunanya membuat akun yang digunakan untuk mengembalikan kontak ketika berganti Hp atau terjadi hal yang lain. Akan tetapi, LINE memungkinkan Anda untuk mengembalikan kontak beserta group yang Anda buat. Berbeda dengan KakaoTalk, hal ini tidak bisa. Ketika anda berganti perangkat atau melakukan factory reset maka anda akan kehilangan group anda di Kakaotalk.

 

  • Download

Tertarik? Untuk mengunduhnya, menuju halaman download LINE di Google Play. Satu lagi keunggulan LINE adalah aplikasi ini dapat dipindah ke SDCard Anda sehingga tidak memenuhi memori internal.

 

Kesimpulan

Jika harus membandingkan, aplikasi messenger LINE lebih bagus dari KakaoTalk dari segi penyimpanan data. Banyak pengguna smartphone yang juga lebih memilih untuk menggunakan LINE daripada KakaoTalk karena dinilai lebih mudah digunakan. Terlepas dari perbandingan tersebut, pilihan kembali kepada Anda karena dua-duanya merupakan aplikasi messenger dengan stiker-stiker yang unik dan lucu. [IRW]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel