Vivitar ViviCam F526 - Kamera Unik dengan Dua Layar LCD

10 Apr 2014 20:00 3782 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Nama Vivitar telah lama tenggelam, terutama setelah mereka cukup kalah bersaing dalam mengeluarkan produk aksesoris fotografi di era digital saat ini. Namun setidaknya mereka masih memiliki beberapa produk kamera poket unggulan, salah satunya adalah Vivitar ViviCam F526 yang memiliki keunikan serta fitur mumpuni.

Nama Vivitar telah lama tenggelam, terutama setelah mereka cukup kalah bersaing dalam mengeluarkan produk Aksesoris fotografi di era digital saat ini. Namun setidaknya mereka masih memiliki beberapa produk kamera unik poket unggulan, salah satunya adalah Vivitar ViviCam F526 yang memiliki keunikan serta fitur mumpuni.

Vivitar ViviCam F526 merupakan sebuah kamera unik jenis point and shoot atau bisa disebut poket atau kamera saku. Dirancang dengan resolusi mencapai 14.1 Megapiksel, kamera ini menawarkan sejumlah fitur yang cukup mumpuni serta layak di sejajarkan dengan berbagai Brand kamera digital lain asal Jepang. Sangat cocok bagi Anda yang menyukai fotografi tanpa menginginkan kamera besar dan berat. Anda bisa menggunakan ViviCam F526 ini untuk sekedar pemotretan Traveling, acara keluarga, dokumentasi Event atau bahkan selfie (Self-Portrait). Simak review selengkapnya tentang Vivitar ViviCam F526 di bawah ini:

 

  • Desain

Vivitar ViviCam F526 di desain dengan tampilan yang hampir sama seperti layaknya kamera Poket pada umumnya. Namun tentu ada ciri khas tersendiri. Dengan bentuk yang lebih Sporty dan elegan, membuat penggunanya lebih percaya diri membawa kamera ini di depan umum.

Vivitar menghadirkan 2 warna untuk ViviCam F526 yakni merah dan biru dengan harga serta spesifikasi yang sama satu sama lain. Pada bagian belakang atau bagian pengoperasian, terdapat beberapa tombol yang tersedia dan sangat nampak sederhana sekali. Dari atas Anda akan melihat tombol T dan W, flash, Display, Mode serta Delete. Sangat sedikit dan kesemuanya terletak di bagian kanan. Praktis tidak ada ruang Grip yang tersedia pada kamera ini. Untuk bagian LCD belakang dihadirkan dengan ukuran 2.7 inchi dari jenis Rear TFT LCD. Cukup bening, tajam dan warna yang lebih baik.

Beralih ke bagian depan dan mungkin Anda akan kaget karena terdapat satu layar LCD lagi. Perbedaannya adalah pada ukuran yang hanya 1.8 inchi Rear TFT LCD. LCD depan tentu sangat membantu ketika Anda sedang melakukan selfie atau Self Portrait maupun berfoto bersama teman Anda. Kontrol gambar menjadi lebih mudah dan dirasa memungkinkan terhindar dari kesalahan posisi. Cukup jarang kamera dengan desain seperti ini, dan inilah yang menjadi keunggulan Vivitar ViviCam F526.

Untuk komponen lain di depan adalah lensa berukuran 8.5mm serta berdiafragma f/2.8 yang sayangnya tidak sanggup melakukan Optical Zoom. Anda hanya dapat melakukan digital Zoom 5x. Mengenai hasilnya, Anda tidak perlu berharap banyak. Mungkin Anda akan menganggapnya sebagai kamera murahan.

 

  • Fitur

Fitur mode dalam kamera ini adalah mode Auto sepenuhnya. Jangan mengharapkan Anda bisa menggunakan mode-mode lain. Meski demikian untuk fitur Auto Fokus bisa dibilang lumayan karena Anda dapat dengan cepat mengunci fokus objek. Untuk area dengan cahaya cukup setidaknya Auto Fokus bekerja sekitar 2 sampai 3 detik. Cukup standar untuk sebuah kamera murah. Selain itu terdapat juga fitur Face Detection, yakni sebuah fitur yang lazim terdapat pada kamera poket. Beberapa wajah dapat terdeteksi oleh fitur deteksi Auto Fokus ini.

Bahkan pada fitur Flash juga sudah disematkan Red Eye Reduction untuk meminimalisir mata merah pada penggunaan lampu kilat. Tidak lupa juga Vivitar menambahkan satu fitur penting, yakni Anti Shake (Anti Goncangan) sehingga membuat foto Anda tetap terjaga ketajamannya. Selebihnya kami tidak melihat adanya fitur-fitur lain yang ada pada kamera ini dan Vivitar juga tidak mencantumkan fitur lain pada spesifikasi F526. Kesimpulannya sangat terbatas dan benar-benar kamera poket.

 

  • Performa

Mengenai performa kamera, sepertinya Anda harus berhati-hati karena kamera ini tidak dirancang sebagai kamera yang kuat dari benturan apalagi terhadap air. Untuk gambar, dengan sensor terbatas rentan dinamis tinggi tidak terlalu didapat sehingga hasil foto terkesan biasa saja meskipun cukup layak.

 

  • Movie

Sebagai pelengkap sebuah kamera digital modern Vivitar ViviCam F526 menyempatkan untuk memberi fitur perekaman video. Bukan HD karena Anda hanya bisa menghasilkan video berformat AVI dengan ukuran hanya 640 x 480 (VGA) dan 320 x 240 (QVGA).

 

  • Lain-lain

Vivitar ViviCam F526 memiliki interface port USB untuk keperluan proses transfer data. Sedangkan media yang dipakai adalah MicroSD Card dengan berbagai kapasitas sampai maksimal 32 GB. Sebagai “nyawa” kamera, Anda hanya perlu menggunakan dua buah baterai Alkaline AA.

 

  • Harga dan Kesimpulan

Vivitar ViviCam F526 cukup jarang ditemui di Indonesia, kamera ini hanya dibanderol dengan harga hanya sekitar USD 49 atau sekitar Rp 500 ribuan saja. Setara dengan Brica LS Series. [ALX]

 

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel