Lensa Tamron 24-70mm f/2.8 DI VC - Lensa dengan Kualitas Tinggi yang Setara Lensa First Party

22 Jun 2014 21:00 8865 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mungkin inilah salah satu lensa Tamron terbaik selain seri Tamron 70-200mm f/2.8 SP DI VC. Ya, Tamron 24-70mm f/2.8 DI VC menjadi pesaing berat lensa-lensa zoom medium first party yang berdiafragma konstan besar. Fiturnya yang banyak membuatnya sangat populer di kalangan fotografer pro.

Mungkin inilah salah satu lensa Tamron terbaik selain seri Tamron 70-200mm f/2.8 SP DI VC. Ya, Tamron 24-70mm f/2.8 DI VC menjadi pesaing berat lensa-lensa zoom medium first party yang berdiafragma konstan besar. Fiturnya yang banyak membuatnya sangat populer di kalangan fotografer pro.

Lensa Tamron 24-70mm f/2.8 DI VC USD (IF) merupakan sebuah lensa yang diperkenalkan sebagai lensa jenis standard zoom medium. Bukan termasuk sapu jagat karena maksimum panjang fokalnya hanya mencapai 70mm dan sedikit mampu melakukan wide angle dengan panjang fokal minimum 24mm.

Kecepatan tinggi beserta fitur yang begitu lengkap ada pada lensa ini. Sangat cocok untuk kebutuhan fotografi indoor maupun outdoor, portrait, still life, traveling dan lain-lain. Lensa ini tersedia bagi beberapa brand kamera DSLR terkenal. Mari simak selengkapnya review Tamron 24-70mm f/2.8 DI VC di bawah ini:

 

  • Desain

Secara sekilas Tamron 24-70mm f/2.8 DI VC ini hampir mirip dengan lensa sapu jagat Tamron 18-270mm. Dan tentunya desainnya juga sangat khas Tamron. Dengan cincin berwarna emas melingkar pada bagian tengah yang didalamnya terdapat tulisan spesifikasi dari lensa tersebut. Uniknya Tamron hanya menyertakan sedikit angka focal length pada lensa ini, yakni hanya 24, 35, 50 dan 70mm dengan rentan 50mm ke 70mm sedikit agak jauh.

Di belakang cincin emas, terdapat ring fokus yang dapat berputar tanpa memanjang dan mempengaruhi panjang lensa. Dan di belakangnya lagi Anda akan menemukan fitur scale distance untuk pengukuran jarak fokus pada lensa dengan objek. Karet yang kuat melingkar dan cukup solid untuk dipegang. Tamron juga menyertakan lens hood jenis flower untuk setiap paket pembeliannya, dan sangat efektif untuk perlindungan optik depan dari benturan maupun mencegah flare mengganggu.

Dengan fitur lengkap, dipastikan Anda dapat memanfaatkan stabilizer yang tuasnya tersedia pada samping kiri lensa. Di atas tuas stabilizer (VC), Anda juga akan melihat tuas fokus dimana Anda bisa mengaturnya secara AutoFocus maupun Manual Fokus. Total dimensi Tamron 24-70mm f/2.8 DI VC ini mencapai 3.5 x 4.6 inchi  atau sekitar 8.89 x 11.68 cm dengan ukuran ulir filter mencapai 82mm. Ukuran ulir filter yang cukup besar sehingga Anda harus merogoh kocek lebih dalam untuk melengkapi lensa ini dengan berbagai jenis filter.

 

  • Komponen Lensa dan Fitur

Lensa tamron 24-70mm ini didesain menggunakan elemen kaca khusus yang bermutu tinggi. Ada 3 unsur optik LD, tiga Kaca Lensa Aspherical Molded, satu Hybrid Aspherical Lens serta ditambah dua kaca XR (Extra Refractive Index). Dengan paduan optik berkelas tersebut dimungkinkan lensa akan mampu menghadirkan kualitas gambar yang sangat baik. Totalnya ada 12 group dan 17 elemen pada lensa ini. Selain itu diafragma yang dipasang membentuk bulat dengan 9 blade. Memang demikianlah komponen dari lensa mahal dan berkualitas.

Untuk fitur utama yang ada, salah satunya adalah VC yang merupakan stabilizer. Fitur ini dianggap mampu secara efektif meredam getaran dari lensa sehingga membuat gambar yang dihasilkan tetap terjaga kualitas dan ketajamannya. Sangat membantu ketika Anda sedang mengatur kamera dalam kecepatan rana rendah maupun pada kondisi minim cahaya. Perbedaan dengan fitur VC lain, Sistem mekanisme image stabilization dalam Tamron 24-70mm ini menggunakan pergerakan magnet dimana magnet berat diposisikan di dekat elemen utama lensa.

Untuk fitur utama yang kedua adalah USD atau Ultra Sonic Silent Drive, sebuah teknologi Ultra Sonic untuk motor AutoFocus yang dianggap sangat cepat kinerjanya namun tetap hening dari suara. Ini tentu setara dengan fitur USM milik Canon yang dikenal sebagai teknologi AF tercanggih maupun SWM dari Nikon. Selanjutnya adalah Internal Focusing dimana lensa dapat melakukan fokus tanpa ada pergerakan yang mempengaruhi lensa.

 

  • Performa

Tamron 24-70mm f/2.8 DI VC dianggap sebagai lensa yang sangat tangguh. Mampu memberikan hasil gambar yang tajam, bening, dan warna yang natural. Deng bukaan f/2.8 membuat Anda dapat memotret lebih mudah pada kondisi area minim cahaya. Atau bahkan Anda bisa membuat efek bokeh menarik dengan diafragma terbesar ini. Konstruksi yang kokoh membuatnya tidak mudah mengalami kerusakan, bahkan Tamron mengklaim bahwa lensa ini dapat bertahan untuk pemotretan Underwater (di dalam air) tanpa harus menggunakan perlindungan lain.

 

  • Kompabilitas dan Penggunaan

Tamron menghadirkan 24-70mm f/2.8 DI VC ini untuk 3 kamera DSLR, yakni Nikon, Canon dan Sony, baik itu bersensor APS-C (DX) maupun Full Frame (FX). Lensa ini sangat cocok untuk fotografi indoor maupun outdoor, di antaranya untuk acara wedding, portrait, landscape, interior, modeling dan kebutuhan lain.

 

  • Harga dan Kesimpulan

Saat ini Tamron 24-70mm f/2.8 DI VC USD (IF) dibanderol dengan harga yang cukup fantastis, mencapai 11 jutaan untuk pasaran Indonesia. [ALX]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel