MeCam - Kamera Video Mini yang Unik Berbentuk Pin dengan Sensor 5 MP

20 Aug 2014 20:00 5266 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Pada awal tahun 2013 lalu, pasar perangkat kamera kehadiran kamera video unik berbentuk helikopter bernama MeCam. Kamera video yang dibuat oleh perusahaan Always Innovating ini terpasang pada sebuah quadcopter seluas telapak tangan.

Pada awal tahun 2013 lalu, pasar perangkat kamera kehadiran kamera video mini unik berbentuk helikopter bernama MeCam. Kamera video yang dibuat oleh perusahaan Always Innovating ini terpasang pada sebuah quadcopter seluas telapak tangan. Tak ayal, kamera yang disebut juga MeCam Copter itu bisa dimanfaatkan untuk mengambil gambar panorama.

Nah, sekarang muncul satu lagi kamera video mini unik bernama sama, juga MeCam, tapi memiliki bentuk yang berbeda dan jauh lebih mungil. Kamera MeCam yang satu ini berbentuk pin, sehingga jauh lebih mudah saat dioperasikan. Untuk jaminan kualitas video yang dihasilkannya, kamera ini dibekali dengan sensor beresolusi 5 megapiksel.

 

Desain dan Control

Seperti telah disebutkan di atas, kamera MeCam ini dirancang dengan desain sebuah pin. Sehingga, tidak terlalu mencolok bagi orang banyak saat digunakan. Oleh karena itu, bukan tidak mungkin kamera video ini bisa dimanfaatkan sebagai kamera pengintai, selain untuk mengisi gaya hidup para penggunanya yang memiliki mobilitas tinggi.

Selain itu bobot kamera MeCam ini juga ringan dan berukuran kecil hanya berdimensi 1,9 inci, sehingga mudah dibawa. Pada bagian kirinya, terdapat tiga tombol utama, yakni tombol On/Off, serta tombol untuk mengambil video dan foto. Agar terlihat lebih menarik, kamera ini tersedia dalam lima pilihan warna, yaitu hijau, hitam, ungu, putih, dan biru.

Untuk menggunakan kamera MeCam ini, penggunanya tinggal mengaitkan ke baju dengan memanfaatkan peniti yang menempel di bagian belakang kamera mungil ini, sama seperti memakai pin. Selain itu, kamera ini juga bisa dikalungkan di leher dengan menggunakan tali yang telah disediakan dalam paket penjualannya, atau disematkan pada tas.

Desain MeCam

Desain MeCam

 

Image Quality dan Resolusi

Meski tidak bisa menjanjikan kualitas gambar yang setara dengan kamera digital atau gadget lainnya seperti smartphone dan tablet, tapi setidaknya kamera MeCam ini memiliki kemampuan yang cukup mumpuni untuk ukuran sebuah kamera pengintai. Untuk itu, kamera ini dilengkapi dengan sensor 5 megapiksel yang ditanamkan pada lensanya.

Alhasil, kamera MeCam ini mampu merekam video dan menghasilkan foto dengan resolusi HD 720 piksel. Selain itu, kamera ini juga tetap dapat memberikan video dan foto berkualitas tinggi meski digunakan pada kondisi kurang cahaya ataupun pada malam hari. Karena, kamera ini memiliki fitur Inframerah (IR) dengan enam lampu LED.

 

Performa

Meskipun berukuran sangat kecil, tetapi kinerja kamera MeCam ini cukup baik berkat sejumlah piranti lunak yang digunakannya. Buktinya, kamera ini juga bisa melakukan optical zoom sebanyak 1 x. Sedangkan, untuk memberikan kualitas suara yang bagus, tersedia mikrofon on board pada perangkat ini, yang mampu menangkap suara hingga 10 meter.

Selain itu, untuk mendukung performa pada kamera MeCam ini, dipasangkan baterai jenis Lithium Ion yang dapat bertahan hingga 80 menit penggunaan kamera ini. Untuk menggunakan kamera ini juga cukup mudah, dengan tiga tombol utama yang berdekatan, termasuk tombol IR yang menyatu dengan tombol pengambilan foto di bagian kiri bodinya.

 

Fitur

Kamera MeCam ini dilengkapi pula dengan sejumlah fitur, seperti T-Flash dan port USB. Sehingga, penggunanya bisa dengan mudah mentransfer hasil video atau foto yang diambil melalui kamera ini ke perangkat lain seperti komputer. Penggunanya bisa menggunakan sambungan kabel USB untuk melakukan transfer file tersebut.

Selain itu, kamera MeCam ini juga memiliki memori internal berkapasitas cukup besar, yakni 4 GB yang dipakai untuk merekam video berdurasi satu jam. Bahkan, jika penggunanya menginginkan kapasitas memori internal yang jauh lebih besar, juga tersedia varian 8 GB dengan kemampuan perekaman hingga 2 jam, dan 16 GB untuk merekam video 4 jam.

 

Harga

Soal harganya, kamera MeCam ini dijual dengan banderol yang cukup terjangkau, hanya 49,99 dolar AS atau sekitar Rp 550 ribu saja. Sedangkan, untuk varian memori 8 GB tinggal menambah 10 dolar AS atau Rp 110 ribu, dan 20 dolar AS atau sekitar Rp 220 ribu untuk varian memori 16 GB. Dalam paket penjualannya, juga tersedia kabel USB dan tali aksesoris.

 

Kesimpulan

Kehadiran kamera MeCam ini tentunya dapat menjadi koleksi bagi para penggemar fotografi. Selain itu, kamera video unik dari sebuah perusahaan Hands-Free Wearable Video Camera Live yang dimiliki oleh pengusaha bernama Drew Martin dan bermarkas di Miami, Amerika Serikat ini, juga bisa menjadi solusi saat harus mengambil gambar di lokasi-lokasi yang sulit. Silahkan dapatkan kamera ini melalui website resmi MeCam.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel