Ulasan Lengkap Tentang Software Paint Windows - Grafis Painting Legendaris

1 Nov 2013 12:45 8932 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Di saat orang banyak mengandalkan software editor gambar Photoshop atau Corel Draw serta software lain yang sejenis, kenyataannya Paint masih tetap ada dan tidak tergoyahkan. Tentu saja karena Paint merupakan software bawaan Windows. Meski kurang populer, Software Paint Windows ini tetap bisa diandalkan untuk mlakukan editing sederhana tanpa kerumitan.

Disaat orang banyak mengandalkan software editor gambar Photoshop atau Corel Draw serta software lain yang sejenis, kenyataannya Paint masih tetap ada dan tidak tergoyahkan. Tentu saja karena Paint merupakan software bawaan Windows. Meski kurang populer, Software Paint Windows ini tetap bisa diandalkan untuk mlakukan editing sederhana tanpa kerumitan.

Dalam artikel kali ini Paseban akan mengulas lebih dalam dan lebih lengkap tentang software Paint Windows. Dari tampilannya yang sederhana, ternyata Paint memiliki segudang fitur menarik dan mungkin sangat berguna. Saat pertama kali dibuat Paint awalnya bernama Paintbrush for Windows. Ini merupakan program grafis painting yang sangat sederhana dan selalu hadir sebagai paket penggunaan sistem operasi Windows semua versi. Itulah mengapa banyak orang yang menyebut Paint sebagai MS Paint atau Microsoft Paint.

Meskipun sederhana dan dianggap terbatas, nyatanya program ini mampu membuka, menyimpan serta mengedit file sebagai Windows bitmap (24-bit, 256 warna, 16 warna, dan monokrom untuk semua file dengan ekstensi bmp.), JPEG, GIF (tanpa animasi atau transparansi, setelah versi Windows 98, Windows 95 Upgrade , dan Windows versi NT4), PNG (tanpa alpha channel), serta TIFF (tanpa dukungan multipage). Selain itu Software Paint Windows juga bisa dipakai dengan mode warna maupun warna hitam-putih, meski tidak tersedia modus grayscale.

  • Sejarah

Paint sudah hadir dalam paketan Windows sejak keluarnya Windows 1.0 dengan nama PC Paintbrush berlisensi dari ZSoft Corporation’s dan hanya didukung grafis monokrom 1-bit.  Nama Paintbrush (tanpa PC)  akhirnya dipakai setelah keluarnya Windows 3.0 yang saat itu sudah didesain ulang lebih baik dibandingkan Paintbrush dalam Windows 1.0 selanjutnya pada versi Windows 95, Microsoft memperkenalkan versi baru dari Paint dengan ikon yang sama dan palet warna yang masih terus digunakan sampai pada versi Windows XP.

Awalnya dalam Windows 98 , Windows 2000 dan Windows Me, Paint sudah bisa menyimpan gambar dalam format JPEG dan GIF dan format PNG, hanya saja diperlukan pemasangan Microsoft Graphics Filter.  Sedangkan setelah dirilis Windows XP, Paint dirancang menggunakan bahasa pemrograman GDI + sehingga mampu dapat gambar sebagai JPEG , GIF , TIFF , dan PNG (selain BMP ) tanpa memerlukan filter grafis tambahan. Sayangnya alpha channel transparansi masih belum didukung karena Paint versi GDI + hanya dapat menangani hingga gambar 24 - bit. Keunggulan Paint lama adalah mampu memuat gambar hasil dari scanner atau kamera digital.

Lain Windows XP, lain pula pada Windows Vista dimana ikon toolbar dan standar palet warna sudah berubah. Keunggulan Software Paint Windows Vista adalah melakukan Undo (pembatalan) hingga 10 kali, bandingkan versi sebelumnya yang hanya 3 kali Undo. Penambahan fitur Paint juga mencakup slider untuk perbesaran gambar dan fungsi Crop, meskipun tidak sebaik milik Photoshop. Nah, ketika Windows 7 hadir, pastinya ada penambahan atau perubahan yang terjadi dalam Paint. Salah satunya adalah memiliki brush "artistik" yang terdiri dari warna seperti abu-abu serta beberapa derajat transparansi sehingga memberikan hasil yang lebih realistis. Selain itu untuk menambah realisme , oil dan watercolor brushes hanya bisa melukis untuk jarak kecil. Setelah habis sang pengguna harus kembali melakukan klik oil dan watercolor brushes. Tampaknya ini memberikan kesan bahwa kuas telah kehabisan cat , dan tukang cat harus kembali menecelupkan kuas ke kaleng cat. Sebagai tambahan, jika Paint pada Windows Vista mampu melakukan 10 kali Undo, dalam Windows 7 Paint mampu melakuan 50 kali Undo (pembatalan). Untuk Paint dalam Windows 8 dianggap masih sama seperti Paint Windows 7.

  • Fitur Paint

Ada 20 kotak warna di tempat kerja Paint Windows 7. Warna default di Home Tab di Color Section diantaranya adalah hitam, abu-abu 50%, merah tua, merah, oranye, kuning, hijau, biru kehijauan, nila, ungu, lavender, biru-abu-abu, pirus cahaya , kapur, kuning, emas, mawar, coklat, abu-abu 25%, dan putih. Sebuah palet warna juga tersedia, dimana 10 warna pilihan terakhir dalam palet akan ditampilkan di bawah 20 warna.

Tersedia pula tool seleksi baik itu Retangular Selection (kotak) maupun Fre-form Selection yang merupakan tool seleksi bebas. Sedangkan pada Resize and Skew Anda bisa mengatur besaran Persentase gambar maupun Pixel, baik vertikal dan horizontal. Bingung menyesuaikan pengaturan Persentase dan Pixel? Tersedia Main Aspect Ratio yang menyesuaikan sendiri ukurannya.

  • Penggunaan, Akses dan Kesimpulan

Tampaknya Software Paint Windows ini tidak lebih sebagai aplikasi editing gambar sederhana. Sebagai alternatif bagi Anda yang ingin melakukan editing sederhana, dan terlalu repot jika menggunakan Photoshop. Untuk mengakses Paint, Anda bisa klik Start dan search Paint atau biasanya sudah ada pada daftar program utama di Start.

Paint sangat disukai oleh anak-anak, sangat cocok untuk dibuat belajar menggambar sederhana. Penggunaannya pun relatif mudah dan aman untuk anak-anak.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel