AVG AntiVirus Pro - Aplikasi Kemanan Mobile Android Dengan Beragam Fitur Unik

8 Aug 2013 15:00 4031 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Dengan lebih dari 70 juta unduhan, AVG AntiVirus Pro maupun Free adalah salah satu antivirus yang paling banyak digunakan untuk keamanan mobile terutama untuk Android. 

Dengan lebih dari 70 juta unduhan, AVG AntiVirus Pro maupun Free adalah salah satu antivirus yang paling banyak digunakan untuk keamanan mobile terutama untuk Android. Perusahaan anti virus ini bangga akan salah satu fiturnya yakni anti-theft performance  serta termasuk perangkat remote dan kunci fungsi dalam aplikasi gratis. Selain itu, App Locker dan App Backup merupakan dua fitur unik yang diberikan aplikasi ini kepada para penggunanya untuk membantu menjaga aplikasi agar tetap aman dan mudah untuk menginstall ulang tanpa harus mengatur ulang perangkat Anda.

Setup dan User Interface

Setelah Anda mengunduh AVG AntiVirus Pro di sini dan ketika Anda mulai untuk menjalankannya, maka Anda akan disambut dengan basic home screen dan diminta untuk menjalankan scan pertama. Dengan asumsi Anda sudah membeli versi premium, Anda harus baik memasukkan kunci produk atau memindai kode QR yang diterima melalui e-mail. Setelah melalui set-up maka Anda sudah siap untuk menjalankan aplikasi ini.

Tampilan utama dan submenu tampak bersih dan disusun dengan baik, meskipun tidak cukup setara dengan Lookout, Avast atau Norton. Ketika Anda menjalankan aplikasi ini, Anda akan disajikan dengan empat menu kategori yaitu Protection, Performance, Anti-Theft, Privacy dan juga Anda akan menemukan tombol Scan Now, ketika ditekan akan memindai perangkat Anda untuk mencari malware.

Mengklik salah satu tombol kategori akan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan tambahan. Sebuah tombol Menu di sudut kanan atas akan memungkinkan Anda untuk mengubah bahasa dan membangun informasi lisensi.

AVG juga menyematkan beberapa aplikasi widget dasar untuk mengelola keamanan perangkat Anda. Widget AVG menyediakan informasi mengenai status baterai, penggunaan data dan status keamanan, serta memungkinkan Anda untuk masuk ke dalam task killer untuk menutup semua aplikasi yang tidak diinginkan berjalan di latar belakang.

Deteksi dan Performa

Meskipun AVG tidak diuji dalam analisis deteksi malware yang terbaru, namun salah satu kelompok setuju untuk melakukan tes dengan cara melakukan perbandingan. Pada 93%, AVG setara dengan sampel secara keseluruhan tapi berada jauh di bawah aplikasi lain yang diuji. AVG kemungkinan akan mendeteksi malware yang berada paling luar dari perangkat Anda, tapi perlindungan yang lebih baik bisa Anda temukan di tempat lain, misalnya Avast mencetak 98 persen, dan Lookout mendeteksi segalanya.

Ketika membahas performa,  Anda tidak akan menyadari bahwa AVG selalu bekerja untuk Anda. Antivirus ini bekerja di balik layar dan akan menyita sebagian kinerja ponsel. Jadi, ketika Anda memutuskan untuk menggunakan antivirus ini, maka Anda sudah setuju untuk mengurangi kinerja dari ponsel Anda, sebab anti virus ini akan selalu bekerja di latar belakang.

Fitur Gratis

Scanner antivirus bisa Anda jalankan secara manual melalui layar awal aplikasi, atau Anda dapat menuju ke sub menu Protection untuk mengatur scan otomatis yang dapat dijalankan secara harian atau mingguan. Pengguna dapat menyesuaikan scan dalam Protection Menu dengan mengaktifkan Deep File Scanning and/or Text Message Scanning, dan Anda juga dapat mengaktifkan web browsing yang aman dari aplikasi ini.

Fitur Anti-theft juga tertanam dalam aplikasi ini dan dapat diaktifkan melalui suite manajemen web. Dengan suite web, Anda dapat mengatur jarak jauh perangkat jika hilang atau dicuri, termasuk menghapus data pribadi yang sensitif, memaksa hard reset perangkat Anda dan membunyikan sirine agar semua orang mengetahui bahwa ponsel Anda telah dicuri. Beberapa fitur gratis lainnya juga akan Anda temukan di dalam aplikasi ini.

Fitur Premium

Aplikasi premium AVG dibanderol dengan harga $14.99, di dalam versi premium ini, Anda akan menemukan fitur App Backup dan App Locker. App Backup akan melakukan back-up aplikasi yang terinstall pada kartu SD ketika Anda membutuhkan factory reset perangkat Anda.

Sedangkan App Locker akan mengamankan aplikasi Anda dengan memaksa pengguna untuk memasukkan password sebelum pengguna dapat mengakses sebuah aplikasi tertentu. Fitur ini unik dan memberikan pengamanan yang maksimal kepada ponsel Anda.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, AVG AntiVirus Pro adalah solusi yang kuat untuk melindungi ponsel Android Anda. Aplikasi dan antarmuka web dirancang rapi dan mudah digunakan, dan sejumlah fitur high-end yang Anda dapatkan dengan versi gratis termasuk Safe Web Surfing, Remote Wipe, Call dan Message Blocker. Untuk mendapatkan perlindungan yang maksimal, maka tak ada salahnya Anda membeli versi Pro dari aplikasi ini. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel