Samsung Galaxy Camera - Separuh Kamera, Separuh Ponsel dengan Android Jelly Bean

17 Sep 2012 16:30 6138 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Memiliki bentuk seperti kamera digital saku lainnya, namun pada bagian belakang bodi kamera ini Anda akan menemukan panel layar sentuh yang mana apabila hanya dilihat dari sisi belakangnya, akan terlihat seperti layaknya sebuah ponsel dan bisa Anda gunakan untuk media komunikasi melalui pesan singkat maupun berkirim data melalui internet.

Raksasa asal Korea Selatan semakin menancapkan taringnya di dunia gadget canggih dalam ajang bergengsi IFA 2012 lalu di Berlin. Selain menelurkan beberapa gadget yang mengusung sistem operasi Windows 8, Samsung membuat inovasi baru yakni Samsung Galaxy Camera, yang mana kamera ini ditenagai oleh sistem operasi Jelly Bean.

Memiliki bentuk seperti kamera digital saku lainnya, namun pada bagian belakang bodi kamera ini Anda akan menemukan panel layar sentuh yang mana apabila hanya dilihat dari sisi belakangnya, akan terlihat seperti layaknya sebuah ponsel dan bisa Anda gunakan untuk media komunikasi melalui pesan singkat maupun berkirim data melalui internet. Lalu bagaimanakan performa Samsung Galaxy Camera ini?

Desain

Jika ditilik dari desainnya, Galaxy Camera ini memang telrihat seperti kamera saku secara umumnya. Dengan ketebalan yang tipis, dan sudut lengkung pada sisi sebelah kanan kamera yang berfungsi sebagai pegangan pada saat Anda menggunakan kamera ini. Tidak ketinggalan logo Galaxy yang tersemat pada pegangan kamera ini menAndakan bahwa kamera ini merupakan masih anggota dari keluaga Galaxy yang tangguh meskipun tampil dalam desian yang berbeda.

Anda akan menemukan tombol daya pada sisi atas kamera ini yang tepat bersanding di sebelah tombol shutter yang berfungsi untuk menangkap dan menggambar objek yang menjadi sasaran pengabadian Anda dan juga Xenon flash yang akan memantapkan hasil tangkapan dari kamera Anda. Galaxy Camera ini sendiri memiliki dimensi total sebesar 128.7 x 70.8 x 19.1 mm dan memiliki berat sebesar 305 gram. Secara teknis, Galaxy Camera ini mengikuti jejak Nikon S800c yang mana membuat kamera yang serupa yang ditenagai dengan sistem operasi Android.

Layar

Beralih pada sisi belakang kamera, pada sisi belakang ini Anda akan menemukan penampang layar ponsel yang mana bisa Anda operasikan layaknya sebuah ponsel. Dengan layar sebesar 4.8 inchi yang dibenamkan pada ponsel kamera ini akan memberikan Anda pengalaman yang menyenangkan dalam menggulirkan berbagai macam menu yang disajikan di dalam layar yang memiliki resolusi sebesar 720 x 1280 piksel dan memiliki kedalaman sekitar 306 ppi. Anda pun akan semakin dimanjakan dengan tekonologi Super Clear LCD yang diusung oleh layar ponsel kamera ini yang mana pasalnya mampu menyajikan 16 juta macam warna.

Layar pada ponsel kamera ini telah ditanami dengan fitur multitouch di dalamnya. Untuk menghindarkan dari goresan debu dan lainnya, maka layar ponsel kamera ini telah dilindungi dengan material anti gores Corning Gorilla Glass 2 dan untuk tampilannya sendiri, Galaxy Camera ini mengAndalkan tampilan TouchWiz UI. Untuk panel navigasinya sendiri, Galaxy Camera ini benar-benar mengAndalkan tiga tombol sentuh sensitif yang masing-masing akan membawa Anda ke Option, Home dan Back.

Lensa, Sistem Operasi dan Konektivitas

Fitur utama yang diunggulkan oleh Galaxy Camera tentu saja adalah kameranya. Kamera pada Galaxy Camera ini memiliki kekuatan 16 megapiksel yang mana memiliki sensor CMOS dan BSI Technology (backside-illuminated) yang mana menjanjikan hasil gambar terbaik dalam kondisi pencahayaan yang sagan minim serta menampilkan detail yang tajam untuk area yang underexposed. Titik point-and-shoot telah dipersenjatai dengan lensa wide-angle zoom 23mm dan fitur zooming yang mengagumkan hingga 21x optical zoom range. Kamera ini juga mampu untuk merekam full-HD movies dengan kualitas 1080p serta video slow-motion pada resolusi 720 x 480.

Untuk melakukan zooming pun Anda tidak perlu direpotkan untuk menekan tombol shutter untuk melakukan zooming, Anda hanya tinggal mengucapkan ”zoom in / zoom out” dan menangkap gambar secara otomatis hanya dengan mengucapkan "shoot” karena ponsel kamera ini telah ditanami dengan aplikasi S Voice yang memungkinkan Anda melakuakn aktivitas hanya dengan kendali suara tanpa harus menggunakan tombol fisik. Untuk melakukan editing gambar, Galaxy Camera dipersenjatai dengan Photo Wizzard yang mana memiliki 35 filters dan tools. Dan untuk melakukan editing video, Galaxy Camera menggunakan aplikasi Movie Wizard. Tentu saja untuk dapat melakukan kegiatan yang tidak selalu berhubungan dengan fotografi, Anda bisa menyambangi Google PlayStore yang dimana kita dapat menginstal semua aplikasi android yang kita inginkan.

Untuk sistem operasi sendiri, Galaxy Camera telah dibekali dengan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean yang mana juga dibantu dengan prosesor Exynos 4412 Quad Quad-core 1.4 GHz Cortex-A9 yang mana dapat membantu Anda dalam memproses gambar hasil tangkapan Anda. Untuk tampilan gragisnya sendiri, Galaxy Camera ini mengAndalkan prosesor image Mali-400MP.

Galaxy Camera ini juga tampil perkasa dengan saran konektivitas yang dibawanya. Anda bisa berselancar menggunakan Galaxy Camera ini menggunakan konektivitas data dari micro SIM operator Anda atau memanfaatkan kanal WiFi 802.11 a/b/g/n, dual-band, Wi-Fi hotspot yang mampu memcu data hingga HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps; LTE (optional). Galaxy Camera ini pun menyematkan Bluetooth v4.0 yang menawarkan kecepatan nirkabel yang mengagumkan untuk sharing file. Anda juga bisa menggunakan microUSB v2.0 untuk melakukan transfer file dari komputer.

Memori

Galaxy Camera ini mampu menyimpan ratusan hasil tangkapan gambar Anda dalam memori itnernal yang disematkan ke dalamnya sebesar 8 GB yang mana juga bisa Anda copy secara otomatis ke online storage semacam Dropbox yang telah disematkan dalam Galaxy Camera ini. Anda bisa melakukan backup online otomatis menggunakan pengaturan Auto Backup Cloud yang bisa Anda aktifkan pada Samsung AllShare Application. Dan pilihan terakhir adalah Anda dapat menggunakan microSD sebesar 32 GB untuk penyimpanan alternatif.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, hasil inovasi dari Samsung ini merupakan inovasi yang terinspirasi dari Nikon Coolpix S800c. Gaalxy Camera sendiri memiliki banyak potensi dan mungkin menarik untuk para penggiat media jejaring sosial atau seorang fotografer yang ingin kamera yang bisa melakukan "do-it-all”.

Galaxy Camera akan hadir dalam dua versi–satu dengan konektivitas WiFi dan yang lainnya dengan WiFi dan 3G yang mana membutuhkan kartu micro SIM didalamnya dan memungkinkan Anda berkomunikasi via SMS. Harga dan ketersediaan dalam pasar belum mendapatkan konfirmasi secara resmi. [PY]

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel