Mengenal Layanan SMS (Short Message Services)

1 Jun 2011 17:11 4698 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Bagi pengguna ponsel low end, layanan SMS tetap merupakan fitur andalan untuk komunikasi berbasis teks. SMS malahan bisa mengalahkan kartu pos ucapan selamat hari raya karena lebih praktis "mengucapkannya" melalui SMS daripada harus mengirimkan melalui Pos.

By: Adi Irianto

Produk Telco yang satu ini, SMS, bagi para pemakai yang memiliki ponsel berkemampuan GPRS atau 3G, jaman keemasannya akan segera lewat digantikan oleh Social Media dan Chatting yang semuanya berbasis internet dengan akses GPRS, EDGE atau 3G, apalagi tarif dihitung berdasarkan Kilobyte (KB) yang murah. Namun, bagi pengguna dengan ponsel low end layanan SMS tetap merupakan fitur andalan untuk komunikasi berbasis teks. SMS malahan bisa mengalahkan kartu pos ucapan selamat hari raya karena lebih praktis "mengucapkannya" melalui SMS daripada harus mengirimkan melalui Pos.

Dengan bergesernya pola komunikasi masyarakat ke Sosial Media dan chatting, tentu saja membuat operator seluler yang telah melakukan investasi perangkat SMSC (SMS Center) dengan kapasitas yang sangat besar (pada waktu yang lalu dilakukan untuk mengantisipasi booming yang bisa mengakibatkan kemacetan SMS pada saat hari-hari raya nasional) harus memutar otak agar volume penggunaan SMS tetap besar dan tidak menurun. Salah satu caranya adalah dengan mengobral harga SMS dan membuat paket-paket bundling SMS dengan produk lainnya.

Sebagai contoh promosi XL paket Nelpon+Rp.0+SMS-an 100% Gratis. Untuk Area Jakarta, Bogor dan Serang dan kartu perdana aktif mulai 1 Februari 2011, Tarif SMS jam 00.00- 11.00 Gratis SMS ke semua operator (pulsa minimal Rp. 1500), jam 11.00-17.00 Gratis setelah kirim 4 SMS, jam 17.00-24.00 Gratis 100 SMS setelah kirim 6 SMS. Contoh lain dari IM3 dengan paket Gratis SMS, Facebook dan Twitter semaumu untuk pelanggan baru aktivasi mulai 1 April 2011, berupa Gratis 500 SMS setelah kirim 2 SMS (jam 00,00 -17.00) dan Gratis 2500 SMS setelah kirim 4 SMS (jam 17.00-24.00), tarif SMS berbayarnya Rp. 125/SMS untuk domestik dan pulsa minimum diatas Rp. 1000,-. Untuk Paket IM3 Rp.0.1 sampe Puas Bangeets diberikan bonus 100 SMS per hari untuk sisa pulsa > Rp. 5.000 dan 50 SMS per hari untuk sisa pulsa diatas Rp. 1000 hingga Rp. 5000.

Kalau lagi darurat pulsa habis, bagaimana caranya? Tenang saja! Bagi anggota yang sudah login di Paseban sejak bulan Mei 2011 telah disediakan Layanan SMS Gratis (Free SMS) dari Paseban.com dengan jatah (quota) 10 SMS per hari.

Bagi kalangan bisnis, SMS banyak digunakan sebagai notifikasi (pemberitahuan), promosi dan media transportasi data untuk layanan seperti SMS Banking (Mobile Banking) dan bisnis isi ulang pulsa. Pengiriman SMS dilakukan dari Aplikasi SMS yang ada pada PC atau Server melalui Modem GSM dan Kartu SimCard biasa. SMS bisnis banyak digunakan oleh sekolah atau tempat kursus dalam rangka pemberian informasi kehadiran atau nilai siswa.

Untuk marketing, digunakan untuk promosi dan layanan pelanggan atau keluhan. Karena menggunakan aplikasi maka statistik dari penggunaan SMS bisa diolah dalam bentuk laporan-laporan yang diinginkan oleh manajemen. Jumlah Modem GSM disesuaikan dengan banyaknya lalulintas SMS secara simultan. Tentunya, semakin banyak trafiknya maka diperlukan lebih dari satu modem agar tidak terjadi gagal kirim atau gagal terima. Karena digunakan SimCard biasa maka nomor yang muncul dipenerima adalah nomor seluler biasa (long-number).

Untuk penggunaan yang lebih khusus digunakan short-code, seperti pada Premium SMS yang digunakan untuk acara-acara polling SMS dari acara TV atau bisnis konten dengan menggunakan sistem kode Reg/Unreg. Untuk layanan Konten ini, pulsa kita akan terpotong secara otomatis sesuai tarif SMS premium berdasarkan kepada pesan SMS yang dikirimkan oleh server penyelenggara konten tersebut (disebut MT charging). Kita harus berhati-hati dalam melakukan Registrasi terhadap layanan ini, karena pulsa kita bisa habis apabila lupa melakukan UnReg. Sedangkan untuk SMS promosi, operator seluler juga menyediakan nomor Alphanumerik seperti nama perusahaan sebagai nomor atau identitas pengirim. Untuk jenis SMS Shortcode ini, umumnya digunakan direct-link dengan SMSC operator dengan protokol tertentu, seperti SMPP (Short Message Peer-to-peer Protocol).

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel