Mengenal Mobile Payment, Cara Pembayaran Masa Depan

1 Jun 2011 15:10 9946 Hits 0 Comments Approved by Plimbi

Mobile Payment atau disingkat M-Payment adalah cara pembayaran yang menggunakan mobile phone atau ponsel sebagai sarananya. Mobile Payment yang banyak dikenal pengguna ponsel tentunya produk perbankan yang disebut Mobile Banking atau disingkat M-Banking. 

By Adi Irianto

Mobile Payment atau disingkat M-Payment adalah cara pembayaran yang menggunakan mobile phone atau ponsel sebagai sarananya. Mobile Payment yang banyak dikenal pengguna ponsel tentunya produk perbankan yang disebut Mobile Banking atau disingkat M-Banking. Melalui layanan M-Banking kita bisa melakukan cek saldo rekening tabungan kita di Bank, transfer uang, pembayaran tagihan, termasuk pembelian pulsa isi ulang.

Dalam menggunakan Mobile Payment atau M-Banking masing-masing Bank memiliki menu dan cara yang berbeda, ada yang menggunakan menu yang berasal dari SimCard ponsel kita (disediakan oleh operator seluler yang disebut menu SIM Toolkit), ada yang menggunakan aplikasi Java yang bisa kita klik dari menu ponsel kita, dan ada yang menggunakan kode-kode SMS dan dikirim ke nomor tertentu (SMS Banking). Metode ini sangat praktis sebagai alternatif dari transaksi melalui mesin ATM atau teller di kantor cabang Bank.

Selain M-Banking yang umumnya dikelola oleh sistem perbankan, Bank Indonesia telah mengijinkan operator seluler untuk menyelenggarakan sistem pembayaran dengan kartu, khususnya untuk pembayaran mikro (Mikro Payment). Sistem ini disebut sebagai Electronic Wallet (E-Wallet) atau untuk ponsel disebut juga Mobile Wallet (disingkat M-Wallet).

Operator seluler GSM yang sudah memiliki jasa layanan semacam ini adalah Indosat dengan nama Dompetku dan Telkomsel dengan Tcash, sedangkan XL sedang dalam proses dan rencananya akan disebut XL Tunai. Disamping itu ada juga M-Wallet dari Flexi yang kemudian dikelola oleh anak perusahaan Telkom lainnya yaitu Finnet yang dinamakan Mcash.

Pada awalnya, teknologi yang digunakan pada M-Wallet adalah berbasis teknologi SMS, namun pada saat ini Telkomsel dengan Tcash sedang merencanakan produk berbasis teknologi Flash (RFID atau Wireless), yaitu teknologi contactless seperti yang digunakan pada Flash BCA dan eToll Mandiri. Dengan teknologi ini semua transaksi menjadi lebih mudah karena kita cukup menempelkan ponsel kita untuk melakukan transaksi dan pulsa kita (dompet pulsa) akan didebet secara otomatis sebesar nilai transaksi yang kita lakukan.

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel