3 Kemiripan Produk Samsung vs Apple yang Menyebabkan Perseteruan Semakin Sengit

19 Jan 2012 17:00 4395 Hits 0 Comments Approved by Plimbi
Perseteruan hak paten produk milik Samsung dan Apple memang belum selesai hingga saat ini. Lalu, apa saja produk yang menjadi perseteruan mereka?

Babak perseteruan antara Samsung vs Apple ternyata belum berakhir. Persaingan sengit antara duo merek terkenal tersebut sama sekali belum mencapai babak final hingga saat ini. Bukan hanya menuntut hak paten atas produknya, dua kubu yang masih berseteru ini malah saling membandingkan fungsi smartphone besutannya masing-masing.

Beberapa analis teknologi menyatakan bahwa smartphone buatan Samsung, Galaxy S II lebih baik ketimbang iPhone 4S. Mereka menilai bahwa Galaxy S II memiliki sisi layar yang lebih baik dengan menggunakan layar 4.3 inci daripada layar iPhone 4S yang menggunakan layar 3.5 inci.

Namun, tentunya sebagai pengguna, Anda dapat merasakan kelebihan smartphone Anda sendiri. Pencitraan akan selalu hadir terlebih dahulu dari luar, maka masing-masing produk memiliki penilaiannya tersendiri. Beberapa pakar teknologi dan para komentator melihat adanya kemiripan antara produk Samsung vs Apple. Baik dalam kemasan produk itu sendiri, cara menyajikannya kepada pengguna hingga beberapa fasilitas lainnya. Demi menuntaskan rasa penasaran Anda, berikut Paseban http://www.plimbi.com uraikan tiga kemiripan produk mobile milik Samsung vs Apple.

Bentuk Produk

Apple mengklaim bahwa tablet Samsung Galaxy Tab 10 memiliki desain tablet yang sangat mirip dengan tablet Apple, iPad. Kemiripan tersebut bukan hanya dalam hal bentuk, kemasannya yang menarik juga terlihat sangat terinspirasi dari produk Apple.

Apple menyatakan bahwa jajaran produk Samsung yang saat ini banyak beredar memiliki banyak sekali kemiripan dengan dan iPad. Kemiripan tersebut berlanjut hingga bentuk perangkat keras, antarmuka pengguna dan cara pengemasannya. Selain itu, Samsung pun membuat berbagai macam aksesori yang mirip dengan apa yang dimiliki oleh Apple. Bahkan, setiap berlangsungnya pameran di berbagai tempat, Samsung benar-benar menggunakan ikon-ikon aplikasi dari Apple sebagai display.

Desain Produk

Smartphone Samsung Galaxy Ace secara mencolok memiliki kemiripan dengan produk smartphone Apple, yaitu iPhone 3G. Kemiripan ini sulit untuk dibantah. Beberapa produk Samsung vs Apple memilki desain produk yang serupa. Tak lupa, produknya pun dilengkapi juga dengan tombol home yang mirip. Hal tersebut pulalah yang menjadi bahan tuntutan Apple selanjutnya.

Paket yang memiliki banyak kemiripan tersebut menurut Apple mulai dari ikon yang terdapat pada layar Galaxy hingga pada pembungkusan paket yang melanggar desain Apple. Samsung pun diklaim menjiplak mentah-mentah kombinasi unsur Apple Product Configuration Trade Dress. Kemiripan desain produk tersebut dicatat Apple memiliki desain persegi panjang yang mirip dengan produk Apple, termasuk desain sudut bulat, pinggiran berwarna hitam, hingga berbagai ikon yang digunakan.

Kemiripan Iklan

Selain bentuk dan desain produk, perseteruan antara Samsung vs Apple ini berlanjut hingga ke level promosi. Samsung, melalui iklannya yang ditayangkan untuk pasar Korea, secara terbuka menggunakan model yang sama dengan model pada iklan iPhone 4S milik Apple. Di dalam iklan Apple, gadis kecil tersebut menjadi model untuk kebutuhan promosi kamera iPhone 4S. Apabila diperhatikan dengan lebih teliti, iklan Galaxy Tab 8.9 LTE memiliki struktur scene yang mirip dengan iklan iPhone 4S. Anehnya, setelah perseteruan tersebut memanas, pihak Samsung langsung menghapus video yang berdurasi kurang dari 1 menit tersebut.

Bagi Anda yang penasaran bagaimana rupa model dalam dua iklan berbeda produk ini, bisa dilihat pada cuplikan video di bawah ini.

[4G LTE] 갤럭시탭8.9 LTE_아이편 - YouTube.FLV

Apple - iPhone 4S - TV Ad - Camera

Tags

About The Author

Plimbi Editor 999
Administrator

Plimbi Editor

Plimbi Chief Editor

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel