Babinsa Koramil 0815/19 Magersari Bersama Petani Berantas Hama Tikus

22 Feb 2019 17:55 3563 Hits 0 Comments
Mojokerto, -  Bati Tuud Koramil 0815/19 Magersari Kodim 0815 Mojokerto Serma Sofiul beserta sejumlah Babinsa mendampingi dan membantu kelompok tani dalam pengendalian hama tikus di areal persawahan Lingkungan Gedangan, Kelurahan Gunung Gedangan, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur,

Mojokerto, -  Bati Tuud Koramil 0815/19 Magersari Kodim 0815 Mojokerto Serma Sofiul beserta sejumlah Babinsa mendampingi dan membantu kelompok tani dalam pengendalian hama tikus di areal persawahan Lingkungan Gedangan, Kelurahan Gunung Gedangan, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto, Jawa Timur, Kamis (21/02/2019).

Pemberantasan hama tikus di arela pertanian yang ditanami padi beragam varietas berumur enam hingga tujuh minggu ini, dilakukan bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Mojokerto, PPL dan Gapoktan  Kota Mojokerto, secara keseluruhan berjumlah 25 orang.

Menurut Serma Sofiul, pemberantasan hama tikus tersebut menggunakan Racumin 0,75TP semacam formula bubuk siap pakai untuk pengendalian tikus. Untuk penggunaannya setiap 100 gram Racumin dicampur dengan 2 kilogram umpan siap pakai berupa beras.

Penaburan campuran racumin dan umpan tersebut, lanjut Serma Sofiul, dilakukan di pematang saluran tersier / irigasi pertanian sepanjang kurang lebih 800 meter dengan meletakannya di atas sekam sebanyak satu genggam, kemudian ditimbun sekam.    

Dijelaskan Serma Sofiul, selain itu, pada kegiatan tersebut juga disiapakan 30 potong bambu (Bumbung,-red) dengan panjang kurang lebih 60–70 centimeter yang didalamnya berisi campuran umpan dan racumin, berfungsi sebagai perangkap tikus (mbesang,-red).

"Sejak tanaman padi berumur dua minggu setelah tanam para petani sudah memasang perangkap, baik perangkap untuk kepiting sawah (yuyu) maupun tikus”, imbuhnya.

Ditegaskannya, kegiatan pengendalian dan pemberantasan hama tikus ini bertujuan untuk menyelamatkan areal pertanian di wilayah Gunung Gedangan dari serangan hewan pengerat, sehingga para petani tidak mengalami kerugian akibat gagal panen.

Turut serta dalam kegiatan tersebut, antara lain Staf Dinas Ketahanan Pangan Kota Mojokerto, Khoirul Anam beserta enam orang, Koordinator PPL Kota Mojokerto Anggarwati Tami, Koordinator PPL Kecamatan Magersari Pami Indayani, Babinsa Kelurahan Gunung Gedangan beserta empat Babinsa Koramil 0815/19 Magersari, PPL Gunung Gedangan Mawiaji, Ketua Gapoktan Kota Mojokerto Suhartono dan Anggota Poktan Kelurahan Gunung Gedangan.

Tags News

About The Author

anan alkarawangi 56
Expert

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel