Mengatasi Error Cannot modify header information

27 Dec 2018 20:34 1492 Hits 0 Comments
Error Cannot modify header information – headers already sent by error

Pengenalan

Rasanya sungguh sangat mengesalkan jika tiba-tiba website WordPress Anda tak dapat digunakan sepenuhnya. Hal tersebut pasti ada banyak penyebabnya, dan salah satu error yang paling sering terjadi di WordPress adalah Warning: cannot modify header information – headers already sent by pluggable.php. Jika sekarang Anda mendapatkan pesan error seperti itu, maka tutorial kali ini adalah solusi yang tepat untuk menangani permasalahan Anda. Pada tutorial kali ini, saya akan membahas penyebabnya dan menjelaskan solusi yang tepat untuk menangani error tersebut agar kelak tak terjadi kembali.

 

Yang Harus Anda Persiapkan

Agar lebih mudah untuk mengikuti langkah tutorial ini, sebaiknya Anda:
  • Login ke control panel Hosting Anda atau FTP

Mengapa Bisa Terjadi error Cannot modify header information – headers already sent by?

Saya akan memberikan satu contoh sehingga Anda dapat mempelajari error ini secara baik-baik. Biasanya, pesan error ini akan muncul dengan bentuk:

Warning: Cannot modify header information – headers already sent by (output started at /public_html/wp-content/plugins/my-plugin/my-function.php:#) in /public_html/wp-includes/pluggable.php on line #

Terdapat dua buah file dalam pesan error tersebut. File yang pertama (pada contoh yang kami berikan: my-function.php berada di /public_html//wp-content/plugins/my-plugin/) adalah penyebab terjadinya error. File itu berisikan custom code yang berfungsi untuk menimpa fungsionalitas core WordPress. Fungsionalitas core tersebut terletak di dalam file pluggable.php (file core WordPress ini sama dengan setiap instalasi WordPress). Dengan kata lain, file pertama mengalami masalah sampai file kedua tak dapat berfungsi sepenuhnya.

Adanya space kosong pada file pertama merupakan penyebab utama terjadinya error ini. Space kosong bisa terjadi di mana saja pada setiap file, bahkan juga dapat terjadi di antara tag PHP <!--?php and ?-->. Hal ini biasanya disebabkan karena programmer sering membuat kesalahan ketika mengetik kode, seperti tak sengaja menekan tombol space dua kali. Huruf # menunjukkan darimana pesan error ini muncul – Jadi Anda tak perlu bersusah payah untuk mengatasi error ini.

Mengatasi error Cannot modify header information – headers already sent by error

Terdapat dua cara yang disediakan untuk mengatasi error ini. Dua cara ini dapat Anda lakukan secara terpisah, atau mungkin saja berurutan apabila langkah pertama tak dapat mengatasi error yang ada.

Cara 1 – Mengedit file rusak

Cara pertama untuk memperbaiki error Warning: cannot modify header information yaitu mengedit file yang telah rusak dengan cara manual. Sebelumnya Anda telah mengetahui dimana file yang menyebabkan error muncul. Maka, langkah selanjutnya yaitu Anda harus membuka file tersebut melalui aplikasi FTP semacam FileZilla atau File Manager.

Langkah Selanjutnya Bisa Anda Lihat Selengkapnya Di Cara Mengatasi cannot modify header information – headers already sent by pluggable.php

Tags

About The Author

SSTutorial 20
Novice

SSTutorial

Just Sharing Artikel

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel