Dandim 0815 Ajak Generasi Muda Warisi Semangat Juang Para Pahlawan

10 Nov 2018 20:20 1660 Hits 0 Comments
Mojokerto, - Komandan Kodim (Dandim) 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH bersama Unsur Forkopimda Kabupaten dan Kota Mojokerto melaksanakan ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Gajah Mada, Jalan Pahlawan Kota Mojokerto, Jawa Timur

Mojokerto, - Komandan Kodim (Dandim) 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH bersama Unsur Forkopimda Kabupaten dan Kota Mojokerto melaksanakan ziarah nasional di Taman Makam Pahlawan (TMP) Gajah Mada, Jalan Pahlawan Kota Mojokerto, Jawa Timur, Sabtu (10/11/2018).

Ziarah nasional tersebut dilangsungkan dalam rangka memperingati Hari Pahlawan Ke-73 Tahun 2018, yang pelaksanaannya seusai Upacara Peringatan Hari Pahlawan. Dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Mojokerto H. Pungkasiadi, SH bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) sementara AKP Hudi S dari Polres Mojokerto Kota sebagai Komandan Upacara.

Hadir dalam kegiatan sekitar 400 orang, antara lain Danrem 082/CPYJ diwakili Kasiops Letkol Inf Slamet Supriyanto, Kapolres  Mojokerto Kota AKBP Sigit Dany Setiyono, SH. S.I.K. MSc (Eng), Kajari Kabupaten Mojokerto Rudy Hartono, SH., MH., Ketua DPRD Kabupaten Mojokerto H. Ismail Pribadi, SE., Sekdakab Mojokerto Ir. Herry Suwito, MM, Sekda Kota Mojokerto Hj. Harlistyati, SH., M.Si, Dandenpom V/2 Mojokerto Mayor Cpm Rudi HW, SH dan Gadik SPN Polda Jatim AKP Suryadi.

Peserta upacara terdiri dari 1 SST Kelompok Pamen Korem 082/CPYJ, Kodim 0815, Bapras, Polres Mojokerto, dan Polres Mojokerto Kota, 1 SST Kelompok Pama Korem 082/CPYJ, Kodim 0815, Bapras, Polres Mojokerto, dan Polres Mojokerto Kota, 1 SST LVRI, 1 SST Persit KCK dan Bhayangkari, 1 SSR Satsikmil Ajenrem 082 Mojokerto, 1 SST Pasukan Bersenjata Rem 082/CPYJ, 1 SST Pasukan Bersenjata Yonif PR 503/MK, 1 SST Pasukan Bersenjata Polres Mojokerto, 1 SST Polres Mojokerto Kota, 1 SST Gabungan Kodim 0815 dan Sat Bapras Rem 082/CPYJ, Gabungan ASN Rem 082/CPYJ – Kodim 0815, 1 SST Satpol-PP Kota Mojokerto, 1 SST Karyawan Hotel Grand Wizh Trawas, dan 1 SSK Pramuka/Pelajar SMK Tamansiswa.

Pantauan di lapangan, prosesi ziarah nasional diakhiri dengan penghormatan terakhir kepada arwah pahlawan dilanjutkan dengan tabur bunga.

Usai kegiatan, Dandim 0815 Mojokerto Letkol Kav Hermawan Weharima, SH mengatakan, ziarah nasional atau ziarah kubur ini dilakukan untuk mengenang dan menghormati jasa dan perjuangan para pahlawan.

“Beliau-beliau ini yang telah memperjuangkan, merebut dan mempertahankan kemerdekaan dari tangan penjajah.  Sudah menjadi kewajiban kita sebagai generasi penerus bangsa untuk selalu mengenang jasa-jasa mereka dan melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan,” tegas Dandim.

Masih tutur Dandim, perjuangan para pahlawan ini tidak bisa diukur dengan materi. Tak hanya harta dan benda, para pahlawan ini dengan ikhlas menyerahkan segenap jiwa raganya demi mempertahankan Bumi Pertiwi dari tangan penjajah.

“Untuk itu, saya menghimbau dan mengajak kepada generasi muda, utamanya warga Mojokerto untuk terus mengenang dan menghormati jasa-jasa para pahlawan serta mewarisi semangat juang para pahlawan. Kita semua harus melanjutkan cita-cita perjuangan para pahlawan melalui kegiatan dan hal-hal positif dalam mengisi kemerdekaan,” pungkas Dandim.

Tags News

About The Author

anan alkarawangi 56
Expert

anan alkarawangi

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel