Cara Kantor Pusat Google di California Membuat Betah Karyawannya

2 Aug 2018 10:28 1202 Hits 0 Comments
Fasilitas yang ada di Googleplex menjadi surga bagi para karyawannya.

Setiap perusahaan tentu memiliki karyawan yang merupakan salah satu aset terpenting. Jika sudah memiliki karyawan yang potensial maka perusahaan akan mengupayakan berbagai cara untuk membuat karyawan tersebut betah sehingga bisa produktif dalam bekerja dan mampu menghasilkan banyak karya-kayra cemerlang bagi perusahaan.

Begitupun dengan perusahaan raksasa Google, perusahaan mesin pencari ini memberikan berbagai fasilitas mewah dan menggiurkan bagi para karyawannya. Pantas saja jika banyak lulusan universitas dari seluruh penjuru dunia yang ingin sekali bekerja di Google. 

Bahkan saking nyamannya perusahaan ini setiap 25 detik, perusahaan ini menerima satu lamaran pekerjaan. Dalam sehari saja, perusahaan ini dibanjiri 40.000 lamaran pekerjaan dan magang. Namun tingginya lamaran bukan semata-mata karena tingginya gaji dan karir yang menjanjikan, tetapi perusahaan ini pun sangat memerhatikan karyawannya hingga kesehatannya sekalipun.

Nah apa saja fasilitas mewah tersebut? Yuk simak penjelasannya.

1. Patung Android

Foto di depan ikon Android Nougat di Googleplex, Mountain View, AS, Selasa (16/5/2017).

Di depan gedung "43" terdapat patung Android Nougat terbaru yang menjadi titik wajib foto bagi para pengunjung. Patung itu akan diganti sesuai dengan versi Android terbaru yang dirilis. 

2. Makan Gratis Di Kafe

Googlplex Cafetaria

Kafe Yoshka di Googleplex, Mountain View, AS, Selasa (16/5/2017).

Image result for yoshka cafe google

Banyak sekali kafe yang berada di Googleplex ini, dan karyawan dapat makan di kafe tersebut dengan gratis dan sepuasnya. Mulai dari sarapan, makan siang, dan makan malam. Kafe utamanya yaitu Charlie Place yang mengambil nama dari koki pertama google yaitu Charlie Ayers. 

Kafe lainnya yaitu Pasifik kafe, Charleston Cafe, Cafe 150, No name cafe, dan Yoshka kafe yang berasal dari nama anjing salah satu googlers. Menariknya setiap kafe di Googleplex menawarkan makanan yang berbeda-beda. Google menyajikan lebih dari 200 resep dalam kafe tersebut dalam kafe.

Google juga menyediakan ruang khusus camilan bagi Googlers. Seperti camilan permen, granola, cokelat pretzel, jus, kopi, minuman kaleng, dan yang lainnya. 

3.Tempat Pangkas Rambut dan Salon

Related image

Google juga menyediakan salon gratis bagi para googlers yang sibuk dan tidak memiliki waktu luang untuk mencukur rambutnya ke luar kantor.

4.Toilet yang unik

Toilet di Googleplex sangatlah unik. Untuk masuk ke dalam toliet, para Googlers diharuskan untuk memecahkan puzzle dab juga tips seputar coding untuk sekedar buang air kecil. Toilet ini mengajarkan kepada kita agar kita selalu berpikir meskipun dalam situasi yang sangat genting. Google membuat toilet yang sedemikian itu, karena Google percaya toilet merupakan salah satu tempat terbaik untuk mendapatkan inspirasi.

5.Jaminan kesehatan bagi para karyawan 

Image result for kantor google di california

Image result for tempat gym di googleplex

Related image

Agar karyawannya tetap bugar, Google menyediakan gym dan kolam renang di lingkungan kantornya. Tak tanggung-tanggung, kolam renang itu dijaga oleh petugas khusus untuk memastikan keselamatan para penggunanya. Karyawan Google yang tidak enak badan atau terluka saat bekerja juga bisa membuat janji dengan dokter di Googleplex.

Meskipun bekerja di Google terlihat sangat menyenangkan, para karyawan juga punya tanggung jawab yang besar dan dituntut untuk berkinerja baik. Karena itu, pekerjaan juga bisa membuat mereka pusing. Namun, ketika sukses menyelesaikan suatu proyek dengan baik, mereka bisa menikmati bonus pijat selama 1 jam dari therapist yang disewa Google.

6. Aturan 80/20

Peraturan 80/20

Google menuntut para karyawannya untuk menghabiskan 80 persen waktu kerja di kantor untuk mengerjakan pekerjaan mereka, dan meluangkan 20 persen sisanya untuk mengerjakan proyek khusus sesuai passion mereka. Artinya, dalam waktu kerja standar selama seminggu, ada satu hari penuh yang dapat mereka gunakan untuk mengerjakan proyek di luar pekerjaan utama mereka.

Google banyak mengembangkan teknologi masa depan di Google Labs. Menurut Google, kebanyakan teknologi canggih itu justru berawal dari proyek-proyek "sampingan" para karyawan dalam program 20 persen itu.

7. Cuti melahirkan tetap mendapatkan gaji

Bayi

Sementara kantor-kantor lain hanya memberikan cuti melahirkan kepada para karyawan perempuan, Google juga bermurah hati memberikan cuti "menyambut anak" bagi para karyawan laki-lakinya. Google memberikan hadiah "libur" selama 6 minggu, dan tetap digaji, kepada Googler laki-laki yang istrinya melahirkan.

Sementara itu, kepada Googler perempuan yang baru melahirkan, Google memberikan libur selama 18 minggu setelah sang anak lahir. Bukan itu saja. Setelah kelahiran sang anak, karyawan juga mendapatkan bonus untuk meringankan biaya-biaya membeli kebutuhan bayi. Setelah sang ibu kembali bekerja, dia bisa membawa bayinya ke kantor dan menitipkannya di fasilitas Day Care yang disediakan di Googleplex.

8. Laundry Gratis

Related image

Fasilitas laundry dan dry cleaning ini diberikan pihak Google secara cuma-cuma kepada karyawannya. Jadi janganlah heran apabila banyak karyawan Google yang membawa banyak baju kotor ke kantor.

9. Tempat bermain untuk Googlers

Image result for fasilitas bermain di googleplex

10 Fasilitas di Kantor Google Yang Bikin Karyawan Betah

Di Googleplex, karyawan bisa beristirahat sejenak untuk bermain ping pong, biliar, dan foosball. Permainan ini tersedia di berbagai tempat sehingga karyawan bisa bebas bermain dimana saja. Tak ketinggalan ada pula video game yang bisa digunakan karyawan yang ingin melepas penat.

10. Belajar dimanapun

Googleplex-4.jpg

Related image

Related image

Karyawan Google sudah terbiasa kedatangan tamu dari kalangan orang-orang cerdas dan terkenal sehingga mereka bisa belajar banyak dari orang-orang tersebut. Selain itu, di sini juga banyak ornamen seperti puzzle yang bisa menciptakan inspirasi bagi para Googler yang sedang bekerja. Salah satu tempat favorit untuk mendapatkan ide dan inspirasi adalah di toilet.

11. Diperbolehkan membawa hewan peliharaan

Related image

Related image

Anda mempunyai Kucing atau Anjing yang Anda selalu khawatirkan bila senidiri di rumah? Di Googleplex anda diizinkan membawa Hewan peliharaan anda untuk menemani anda dalam bekerja atau bahkan hanya sekedar diberi makan, karena di Googleplex makanan hewan peliharaan juga tersedia dan gratis.

12. Kendaraan gratis menuju Googleplex

Googleplex Transport

Bagi para karyawannya yang tinggal di Mountain View, Google dengan senang hati menyiapkan armada transportasi gratis karena letaknya yang berdekatan dengan lokasi Googleplex.

13. Bertemu dengan tokoh sukses

Larry Page

Sudah menjadi hal lumrah jika karyawan Google diisi oleh orang-orang pintar. Di Googleplex, Googler juga terbiasa berkomunikasi dan bekerja sama dengan beberapa tokoh sukses dan pintar lainnya, termasuk Sergey Brin dan Larry Page.

Sudah menjadi hal biasa jika para Google bekerja dengan para pemikir, pemimpin bahkan seleb industri teknologi.

14. TechStop

wwwww

TechStop adalah unit yang dijaga oleh para spesialis TI terbaik di Googleplex. Di sana, para karyawan yang mendapat kesulitan dalam berhubungan dengan hardware ataupun software bisa meminta pertolongan. Techstop buka selama 24 jam selama 7 hari dalam seminggu.Techstop akan memberikan sekecil apapun fasilitas termasuk ketika lupa membawa charger handphone ataupun kerusakan Handphone.

15. Tunjangan Kematian

Google akan menjamin kesejahteraan para Karyawannya bahkan hingga meninggal sekalipun. Ketika terdapat Googlers yang meninggal, Google akan mencairkan asuransi kematian kepada keluarga yang ditinggalkan. Setelah itu juga Google akan memberikan setengah dari gaji kepada suami/istri hingga 10 tahun ke depan. selain itu juga Google akan memberikan tunjangan sebesar $1000 kepada anak-anaknya.

 

Bagaimana? sangat menakjubkan bukan? memang surga bagi para karyawannya.

Tags

About The Author

MutiaraRizkynaArlinda 26
Novice

MutiaraRizkynaArlinda

student of SMK WIKRAMA BOGOR

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel