1

Hal yang harus kamu ketahui Silicon Valley, Tempat Ngumpulnya Raksasa Teknologi Dunia

13 Jul 2018 09:03 1821 Hits 0 Comments
Hal yang harus kamu ketahui Silicon Valley, Tempat Ngumpulnya Raksasa Teknologi Dunia

Kamu mungkin udah akrab banget dengan nama Youtube, Google, Facebook, hingga Apple. Pernah penasaran nggak sih sama markas mereka? Ternyata perusahaan raksasa tersebut bernaung di kawasan yang sama, yakni Silicon Valley.

Coba bayangkan satu kawasan tempat berkumpulnya orang-orang di balik bisnis besar yang menguasai hampir seluruh dunia. Wah, besar sekali ya pastinya. Nah, karenanya Hipwee kali ini bakal membahas tentang Silicon Valley. Yuk, kenal lebih jauh tentang kawasan legendaris ini.

1.Silicon valley bukan negeri khayalan . ia terletak di amerika tempatnya di san fransisco

Silicon Valley adalah sebutan bagi daerah selatannya San Fransisco Bay Area, California – Amerika Serikat. Bisa dibilang Silicon Valley adalah ibukotanya teknologi dunia. Sebutan itu memang pantas, mengingat Silicon Valley adalah rumah bagi banyak perusahaan teknologi informasi dari yang startup hingga yang sudah lama berdiri. Kawasan Silicon Valley sendiri mencakup berbagai area, di antaranya Menlo Park, Mountain View, Palo Alto, dan Sunnyvale. Tertarik mengun

2.Apasih arti silicon valley

Yang mencetuskan nama Silicon Valley adalah Ralph Vaerst, seorang pengusaha sukses di California. Sementara yang memunculkannya pertama kali di media massa adalah Don Hoefler, yang nggak lain adalah teman dari Vaerst. Artikel berbentuk seri yang berjudul Silicon Valley in The USA ini pertama kali terbit tahun 11 Januari 1971. Namun, nama Silicon Valley baru ngehits banget di tahun 80-an

Kenapa namanya harus silicon valley ?

Silikon adalah bahan yang digunakan untuk membuat produk semikonduktor komersial. Karena di kawasan tersebut ada banyak perusahaan yang terlibat dalam industri semikonduktor dan komputer, maka tercetuslah nama Silicon Valey!

3.Silicon valley merupakan perusahaan impian anak muda,Kita bisa menemukan raksasa teknologi sekelas ,Google,Facebook,Youtube disana

Kawasan ini adalah rumah bagi banyak perusahaan teknologi ternama. Sebut aja Yahoo, Google, Facebook, Youtube, hingga Apple dan HP bermarkas di sana. Kalau kebetulan kamu punya kesempatan untuk berkunjung ke Silicon Valley, sayang banget kalau nggak mengunjungi berfoto di depan kampusnya Google atau Facebook! Yah, meski mungkin nggak bisa masuk ke dalamnya, setidaknya kamu bisa selfie di depannya. Hehehe.

4.Percaya atau engga,banyak perusahaan ternama dunia yang awalnya lahir di garasi rumah silicon valley

Perusahaan ternama – Apple, bahkan berawal dari sebuah garasi. Kala itu Steve Jobs di garasi rumah masa kecilnya bersama dengan rekannya – Steve Wozniak (co-founder Apple), berhasil menyelesaikan 50 komputer pertama mereka. Selain Apple, HP juga memulai bisnis mereka dari garasi rumah. Setelah bisnisnya sukses, barulah mereka mulai membangun kantornya sendiri.

Pesan moralnya, nggak harus nunggu sampai punya fasilitas lengkap dulu untuk memulai usaha. Kamu bisa memulainya dengan sumber daya yang ada. Nggak menutup kemungkinan kamu yang saat ini bermimpi punya startup sendiri, bisa punya cerita yang sama seperti founder-nya Apple dan HP yang melahirkan inovasi besar dari garasi rumah.

5.Siapapun kamu dan berapa pun usiamu ,asalkan punya bakat,silicon valley siap menerimamu dengan banyak peluang untuk berkembang!

Itulah alasan kenapa Silicon Valley adalah surganya mereka yang punya hasrat kuat membangun startup. Kalau kamu punya ide yang brilian dan bisa kamu wujudkan, jangan ragu untuk merangkai mimpimu menjadi kenyataan. Di Silicon Valley, banyak banget orang dari berbagai daerah dan negara yang datang ke sana untuk mewujudkan startup mereka menjadi nyata. Mulai dari startup di bidang teknologi sampai merambah ke bidang lainnya.

Udah banyak nih ceritanya, anak muda jenius usia 20-an yang menciptakan aplikasi tertentu kemudian punya startup-nya sendiri lantaran dilirik oleh investor besar. Yup, di Silicon Valley, bukan hal yang mustahil kamu menciptakan perusahaanmu sendiri yang dibiayai oleh investor, selama ide dan produk yang kamu ciptakan itu brilian.

 

About The Author

I Putu Aldy Cahyakusuma 23
Novice

I Putu Aldy Cahyakusuma

Student
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel