1

Tidur Siang Bisa Bermanfaat

9 Jul 2018 11:02 1072 Hits 0 Comments
Tidur siang dulunya dianggap sebagai tanda kemalasan. Namun, satu dekade terakhir para ahli justru menyarankan kita untuk tidur siang demi meningkatkan produktivitas.

Tidur siang dulunya dianggap sebagai tanda kemalasan. Namun, satu dekade terakhir para ahli justru menyarankan kita untuk tidur siang demi meningkatkan produktivitas.

Rutin tidur siang juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Walau begitu, durasi tidur siang harus tepat. Tidur siang yang terlalu lama bisa mengganggu waktu tidur malam dan mengurangi semua manfaat dari tidur siang.

Asisten profesor psikologi di Univesity of Pennysylvania, Amerika Serikat Philip Gehrman mengatakan, tidur siang tidak hanya menghilangkan rasa kantuk di siang hari, namun mampu meningkatkan keseluruhan kinerja, kreativitas, dan suasana hati.

 para peneliti percaya bahwa tidur siang juga mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh kalian dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Di sisi lain, tidur siang jika dilakukan dengan waktu yang salah bisa mengganggu proses istirahat di malam hari. Untuk itu, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk membuat kebiasaan ini tetap menyehatkan. 

1.Durasi tidur ideal

Tidur siang dengan cepat selama 15 sampai 30 menit mampu membantu kalian melawan rasa kantuk dan meningkatkan kewaspadaan. Namun, jika merasa pikiran sedang buntu atau tersumbat secara mental, tidur siang bisa dilakukan selama 90 menit. Tidak lebih, jadi jangan lama – lama tidur siang.

Hal itu memungkinkan kalian untuk memasuki fase tidur lebih nyenyak dan membantu untuk bangun dan siaga.

Namun, terbangun di tengah siklus tersebut membuat kalian merasa tidak nyaman. Inilah mengapa ketika bangun dari tidur siang, kalian bisa merasa lebih gelisah dan disertai dengan sakit kepala ringan.

Tips untuk mendapatkan manfaat besar dari tidur siang adalah konsisten dengan jadwal setiap hari. "Dengan tidur pada jadwal yang tetap, tubuh akan mengenali kapan untuk mengurangi energi sehingga kita dapat tidur siang dengan cepat dan tidak pusing setelah bangun.

2.Olahraga dan Tidur

Para peneliti berpendapat, olahraga sebelum tidur bukanlah hal yang baik untuk dilakukan. Latihan merangsang otak untuk membuatnya istirahat lebih sulit. Karena olahraga sudah memiliki manfaat membangkitkan energi sehingga tubuh dan otak kita tidak punya kesempatan istirahat setelah tidur siang.

Paling tidak, berikan jeda minimal dua jam antara olahraga dan waktu tidur agar tidur siang
tidur siang kalian berkualitas.

Konsisten dengan waktu tidur siang merupakan sebuah pendekatan yang baik. Kondisi tubuh kalian akan tahu kapan waktunya istirahat untuk mengisi ulang energi.

3.Tidak semua orang bisa tidur siang

Jika kalian tidak merasa perlu untuk tidur siang, tidak perlu melakukannya.

Penelitian mengatakan, ada 50 persen orang yang tidak mendapat manfaat dari tidur siang. Mereka dikenal memiliki ritme sirkadian monophasic. Itu berarti tubuh mereka merespons siklus terang-gelap dan tidak bisa tidur kapan saja.

Ini juga berarti tubuh cukup istirahat dan tidak perlu tidur siang.

Tags

About The Author

ilham13 40
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel