1

Selain Main Game, Ini Beberapa Kegunaan VR

30 Jun 2018 18:52 1394 Hits 1 Comments
Akhir-akhir ini teknologi VR mulai disukai. Dengan VR, orang bisa merasakan pengalaman seperti nyata berada di dalam realitas maya. pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan dengan proyeksi 3D yang digarap oleh komputer yang membuat seolah-olah pengguna berada di dalam lokasi tersebut.

Akhir-akhir ini teknologi VR mulai disukai. Dengan VR, orang bisa merasakan pengalaman seperti nyata berada di dalam realitas maya. pengguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan dengan proyeksi 3D yang digarap oleh komputer yang membuat seolah-olah pengguna berada di dalam lokasi tersebut.

Umumnya, teknologi ini banyak digunakan untuk bermain game dan menonton film. Salah satunya, beberapa waktu lalu Marvel menggunakan teknologi VR untuk promo film Avengers di bioskop-bioskop terkemuka. Nyatanya, teknologi ini memiliki banyak manfaat lain yang mampu membuat kehidupan menjadi nyata

 Apa aja sih kegunaan VR selain di bidang game itu , sebenarnya ada banyak namun ada beberapa fungsi sebagai berikut :

1. Kebutuhan Medis

 kenapa sampai ke dunia medis ??  sekarang memang baru dikembangkan ,  teknologi ini mulai dikembangkan untuk mempermudah dan memberi efisiensi kepada pekerjaan dokter . Salah satunnya di bidang kejiwaan . Teknologi ini disebut sangat membantu para dokter untuk menyembuhkan Fobia.tentunya juga untuk meminimalisir biaya dan tempat penyembuhan . Selain untuk membantu para penderita penyakit jiwa , VR ternyata juga bisa digunakan untuk membantu penyembuhan penyakit luar , bahkan membantu proses pembedahan .

2. Melakukan Simulasi

 Simulasi di sini tidak hanya untuk game , tetapi benar benar simulasi untuk ujian. Walaupun juga sedang dikembangkan untuk bidang ini , tentu akan sangat membantu jika kita memiliki mesin simulasi yang dipadukan dengan pemandangan maupun situasi yang realistis . Simulasi ini juga bukan hanya untuk kendaraan saja namun juga simulasi untuk suatu keadaan darurat misalnya bencana alam . Kita bisa mengetahui bagaimana situasi yang dibuat serealistis mungkin walaupun tanpa perlu untuk terjun ke tempat langsung.

3. Bidang Pendidikan

Teknologi ini juga bakal sangat membantu jika dikembangkan pendidikan . Bayangkan saja kita bisa mengoperasi pasien walaupun tanpa ada wujud sebenarnya , dan itu sudah benar benar terjadi di dunia ini . Kita bisa melatih para calon dokter untuk menggunakan teknologi ini sebagai alat untuk belajar tentang anatomi makhluk hidup dengan lebih realistis , dan tentu jika kita melakukan kesalahan dalam pembedahan atau sewaktu kita latihan , maka program ini bisa diulangi kembali.

4.Bidang Perdagangan

selain fungsi fungsi di atas VR juga bisa digunakan untuk perdagangan lho. Terutama untuk tester benda benda yang akan dijual . Teknologi ini bisa memberikan gambaran visual tentang produk yang akan dijual tanpa harus membawa produk yang asli untuk dicoba ke calon pelanggan . Hal ini bisa menaikkan tingkat keamanan dari toko yang menjualnya , karena akan semakin minimal angka pencurian yang akan terjadi di toko tersebut.

Nah , itulah beberapa fungsi lain dari VR atau Virtual Realita. Teknologi ini menyimpan banyak manfaat bukan terutama bagi dunia manusia . Jika teknologi ini dikembangkan lebih jauh lagi , maka tidak menutup kemungkinan untuk mempunyai fungsi yang lebih luas lagi.

Tags

About The Author

ilham13 40
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel