1

Penuhi Kebutuhan Air Dengan Karya Bakti Pemasangan Pipa Irigasi

6 May 2018 18:42 1828 Hits 0 Comments
kediri

KEDIRI. Koramil 22/Semen bekerjasama dengan Kecamatan Semen, Perangkat Desa Pagung serta warga setempat, melakukan karya bakti pemasangan pipa irigasi sebagai alternatif untuk memenuhi kebutuhan air, khususnya di lahan pertanian milik warga, minggu (06/05/2018)

“Ada 825 pipa yang nantinya akan terpasang lengkap, dari tembusan sungai menuju sawah milik warga. Sepanjang 3.300 meter, pipa ini akan mengalirkan air untuk memenuhi kebutuhan warga Desa Pagung,” jelas Camat Semen Sujiwo.

Merespon akan produktifitas pertanian, ia optimis akan ada peningkatan, khususnya tanaman jagung, karena mayoritas petani Desa Pagung menanam jagung. Sebelumnya, para petani menggantungkan kebutuhan airnya dengan cara menyedot air lewat mesin pompa.

“Kalau dikalkulasi antara biaya operasional dengan hasil panen, biaya banyak yang tersedot untuk pembelian minyak solar untuk pengoperasian mesin pompa. Nantinya, kalau pipa ini sudah terhubung, otomatis mesin pompa sudah tidak dipakai lagi,” sambungnya.

Menurut Danramil Semen Kapten Inf Arifin Effendi, dalam pemasangan pipa ini banyak kendala, terutama penempatan pipa yang harus menyesuaikan kondisi tanah yang naik turun atau tidak mendatar. Disamping itu, pemasangan pipa juga harus menerobos bebatuan yang terpendam ditanah dan pohon berukuran besar yang menghalangi jalur pipa. 

"Melalui Karya Bhakti ini, merupakan salah satu wujud mengentaskan kesulitan petani, sasaran karya bhakti kali ini melaksanakan pipanisasi, yang diharapkan dapat mempercepat dan meningkatkan produktifitas pertanian. Karya bakti berjalan sesuai harapan dan waktu yang ditentukan. Dan kegiatan karya bhakti ini harus dapat dijadikan media untuk mempererat persaudaraan dan meningkatkan kerja sama agar dapat mempercepat proses pembangunan di daerah, baik kerja sama dengan masyarakat maupun dengan instansi terkait yang ada di pemerintah," katanya.

 

Tags

About The Author

Dodik suwarno 55
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel