1

Aksi Tabur Benih Dan Penghijauan KMK

29 Apr 2018 19:13 1675 Hits 0 Comments
KEDIRI

KEDIRI. Komunitas Mancing Kediri (KMK) mengisi waktu liburan di hari minggu dengan menabur benih ikan dan penghijauan dilokasi sumber air Ganggong di Desa Sidomulyo Kecamatan Wates. Aksi KMK yang diketuai Windu Palapa ini juga diikuti Bati Tuud Koramil Wates Pelda Didik Susilo, Kepala Desa Legiono serta Babinsa dan Babinkamtibmas setempat, minggu (29/04/2018)

 

Sebagaimana keterangan Pelda Didik Susilo ,KMK melakukan tabur benih disekitar sumber air, dengan rincian 10.000 benih ikan tawes, 1.500 benih ikan tombro dan 5.000 benih ikan nila. Selain menaur benih ikan, KMK juga melakukan penghijauan diseputaran lokasi sumber air tersebut, dengan rincian 9 bibit tanaman pule, 3 bibit tanaman manga, 1 bibit tanaman beringin dan 1 bibit tanaman kenanga.

 

“Tabur benih ini kita lakukan agar tempat ini bisa menjadi objek tujuan para pemancing, sekaligus memelihara populasi ikan yang ada di sumber air Ganggong. Populasi ikan disini tidak boleh berkurang, karena akan berpengaruh bagi para pedagang kecil disekitar lokasi ini. Para pemancing yang datang disini juga sangat berpengaruh pada ekonomi warga sekitar,” kata Windu Palapa.

 

Mengenai penghijauan, ia juga melihat sisi lain yang juga berpengaruh pada sumber air Ganggong. Keberadaan pepohonan yang ada disekitarnya akan memelihara kondisi sumber air, khususnya debit air. Menurutnya, apa yang dilakukan KMK adalah wujud kepedulian terhadap lingkungan, tidak hanya sekedar memancing saja.

 

“Saya apresiasi kepedulian komunitas ini (KMK). Kegiatan yang mereka lakukan sangatlah positif dan sangat berguna ,khususnya bagi warga sekitar. Sumber air ini juga sedikit banyak menghasilkan pendapatan warga sekitar, terutama mereka yang berdagang kecil-kecilan,” ujar Legiono.

Tags

About The Author

Dodik suwarno 55
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel