Begini Antusiasme Warga Bali Ikuti Kampanye Switch Off 2018

26 Mar 2018 19:48 2384 Hits 0 Comments

Begini Antusiasme Warga Bali Ikuti Kampanye Switch Off 2018

Mangupura (Badung) -  Istimewa begitu gambaran perayaan Earth Hour berupa Kampanye Hemat Energi Switch Off 2018 yang berlangsung di Pulau Bali pada hari Sabtu (24/3) 2018 di Beach Walk Mall Jalan Pantai Kuta, Badung. Sebagai lokasi utama perayaan Switch Off 2018 tahun ini, ratusan elemen masyarakat  ikut berpartisipasi dalam kegiatan. Berbagai Komunitas turut meramaikan kampanye Switch Off yang berlangsung dari pukul 20.30 s.d 21.30 wita waktu setempat diantaranya Komunitas Ketimbang Ngemis Bali, Komunitas Kakak Asuh Bali, Komunitas Gerakan Perpustakaan Anak Nusantara (GPAN) Regional Bali, Komunitas Buku Bagi NTT, Komunitas Marine Buddies, Komunitas Bali Deaf Community, Komunitas Vario Raider (Viber) Bali, Komunitas Guru Belajar Denpasar, Komunitas Kita Sayang Remaja (Kisara) Bali, Komunitas Earth Hour Surabaya, Komunitas Earth Hour Makassar, Komunitas Bring Your Tumbler, Komunitas Bengkel Energi, Komunitas Plastic Detox, Komunitas One Piece Dewata Bali, dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) PM Universitas Udayana.

Tahun 2018 ini untuk pertama kalinya pihak otoritas Angkasa Pura I sebagai pengelola Bandara mendukung dan berpartisipasi penuh mendukung gerakan Earth Hour. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menjadi satu dari 13 Bandara yang berpartisipasi. Khusus untuk Bandara I Gusti Ngurah Rai beberapa titik dipadamkan saat perayaaan Switch Off 2018 seperti Patung Pahlawan I Gusti Ngurah Rai, Candi Bentar Gapura pintu masuk Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, dan Billboard disekitar Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai. Disusul 17 Hotel dan Resort, 3 Mall, dan 1 café yang ambil bagian memadamkan lampu dan alat elektornik saat proses switch off 2018

Teddy C Putra sebagai Ketua Panitia sekaligus Koordinator Aksi Komunitas Earth Hour Bali mengatakan bahwa persiapan perayaan switch off 2018 sudah dipersiapkan dengan matang satu bulan sebelumnya. Perayaan Switch Off 2018 juga dirayakan diseluruh dunia termasuk Indonesia yang pertama kali bergabung di tahun 2012.

“Kegiatan Switch 2018 sudah dipersiapkan dengan matang satu bulan sebelumnya. Kegiatan ii rutin dilakukan satu tahun sekali di minggu ketiga Bulan Maret karena di belahan bumi bagian lain sedang mengalami perubahan musim, penggunaan penghangat ruangan jadi tidak terlalu dipergunakan, maka gerakan ini akan terasa lebih maksimal jika dilakukan secara serentak” Tegasnya.

Sedangkan Yensa Margaret, Sekjen Komunitas Earth Hour Bali  saat di Beachwalk Mall kepada para tamu undangan mengungkapkan bahwa perayaan Switch Off 2018 merupakan perayaan yang begitu besar karena bisa bekerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yaitu Angkasa Pura I. Yensa Margaret berpesan bahwa gerakan hemat energi Switch Off tidak hanya dilakukan selama satu jam namun jadikan Gaya Hidup sesuai slogan tahun ini “Connect To Earth”

“Bisa bekerjasama dengan Angkasa Pura I merupakan salah satu pencapaian terbesar Komunitas Earth Hour Bali. Semoga bisa terus bekerjasama dalam kegiatan yang diusung Komunitas Earth Hour Bali. Kami juga mengajak seluruh elemen masyarakat Bali, pihak pemerintah , dan pelaku pariwisata untuk menjadikan perayaan Switch Off 2018 tidak hanyak dengan mematikan lampu saja. Tetapi kedepannya bisa menjadikan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan seperti tema Switch Off 2018 tahun ini yakni Connect To Earth” tandasnya.

 Sementara itu di lokasi yang sama, Indarwati sebagai Coordinator For Responsible Marine Tourism WWF-Indonesia mengatakan bahwa Perayaan Switch Off 2018 merupakan  upaya memulihkan energi, Ada 180 Negara yang mengikuti perayaan ini. Aksi kecil mematikan lampu dan alat elektronik yang tidak terpakai selama satu jam akan membuat Planet Bumi menjadi lebih baik lagi.

“Jutaan orang di dunia melakukan aksi perayaan Switch Off 2018, tentunya Bumi sebagai tempat tinggal manusia dan makhluk hidup lainnya akan berterima kasih pada kita semua” jelasnya.

Selama proses perayaan Switch Off 2018, para undangan dan elemen masyarakat di Bali yang berada di Beach Walk Mall meletakkan lilin  di depan panggung membentuk angka +60 yang melambangkan kampanye hemat energi selama satu jam dan setelah satu jam menjadikan gaya hidup lebih ramah lingkungan.

Para peserta switch off 2018 selama acara berlangsung dihibur dengan tari tradisional Bali dan akustik musik hingga acara berakhir. Street Campaign yang dilakukan Komunitas-Komunitas yang hadir mendapat perhatian dari para wisatawan yang melintas di Kawasan Pantai Kuta.

Tags

About The Author

Herdian Armandhani 42
Ordinary

Herdian Armandhani

Blogger, Citizen Journalist, Traveller

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel