1

Lomba Mobile Kihajar 2018 Berhadiah Total kurang lebih Rp. 308.000.000,-

9 Mar 2018 22:23 3135 Hits 0 Comments
Lomba Mobile Kihajar yang dulunya bernama Lomba Mobile Edukasi. Lomba ini mempertandingkan karya Aplikasi Mobile Edukasi, yaitu aplikasi yang dijalankan di perangkat smartphone atau tablet serta mengandung unsur pendidikan.

Lomba Mobile Kihajar yang dulunya bernama Lomba Mobile Edukasi. Lomba ini mempertandingkan karya Aplikasi Mobile Edukasi, yaitu aplikasi yang dijalankan di perangkat smartphone atau tablet serta mengandung unsur pendidikan. Lomba ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK) dan merupakan rangkaian acara Anugerah Kihajar yang diselenggarakan oleh Pustekkom Kemdikbud. Diharapkan dari kegiatan ini BPMPK beserta program-programnya dapat dikenal dan dirasakan secara langsung manfaatnya oleh seluruh masyarakat pendidikan di Indonesia.

Untuk melihat contoh aplikasinya boleh mengunjungi link ini.

Lomba ini bertujuan untuk :
  • Memotivasi pelajar, guru dan masyarakat untuk mengembangkan bahan belajar interaktif melalui perangkat handphone.
  • Memotivasi pelajar, guru dan masyarakat akan pentingnya bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK sebagai penunjang proses pembelajaran, khususnya mobile edukasi.
  • Membentuk budaya pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi seluruh pelajar, guru dan masyarakat melalui bahan ajar/media pembelajaran berbasis TIK, khususnya mobile edukasi.
  • Memperkaya konten pendidikan di internet.

Waktu dan Tempat
Pendaftaran dan pengumpulan karya Dilaksanakan pada 1 April 2018 sampai 1 Agustus 2018 secara online.

Rincian Kegiatan
Setelah kegiatan sosialisasi dimulai, dilanjutkan dengan penentuan waktu pendaftaran dan pengumpulan hasil karya lomba bagi peserta. Pendaftaran dan pengumpulan karya bertujuan untuk menjaring karya peserta dari berbagai daerah di Indonesia. Pendaftaran dilakukan secara online, peserta lomba wajib mendaftar secara resmi dan mengumpulkan karya dengan cara mengunggah (upload) karya di website resmi lomba di http://m-edukasi.kemdikbud.go.id/lomba

Langkah Pendaftaran
1. Kunjungi website lomba kemudian mendaftar menjadi peserta lomba
2. Akun user peserta adalah alamat email yang didaftarkan
3. Peserta mendapatkan konfirmasi email saat pendaftaran.
4. Peserta diwajibkan :
  • Melengkapi biodata
  • Mengupload identitas bukti diri (Kartu identitas)
  • Mengupload karya lomba yang di ajukan.
  • Mengupload video demo karya lomba dengan durasi 30-60 detik (contoh video bisa dilihat di webresmi lomba )
  • Upload 1 icon (200x200 px)dan 3 screenshoot karya (ukuran sesuai Smartphone).
  • Peserta memberikan diskripsi atau sinopsis mengenai karya yang diupload.
5. Biodata, karya lomba, video demo, icon dan diskripsi bisa diperbaharui dan diupload ulang sampai batas
akhir waktu pendaftaran.

Persyaratan Peserta :

1. Warga Negara Indonesia (WNI)

2. Peserta diwajibkan aktif mengikuti berita/informasi dari panitia lomba melalui website, email dan media sosial resmi lomba.
3. Lomba dibagi menjadi empat kategori yaitu :
a. Kategori Pelajar :

  • Pelajar SD, SMP, SMA/SMK atau sederajat dan pada saat grandfinal masih berstatus pelajar dengan menunjukkan bukti yang sah.
  • Wajib melampirkan/mengupload surat ijin dari kepala sekolah untuk mengikuti lomba.
  • Apabila lolos ke grandfinal, wajib membawa surat tugas sebagai peserta dari kepala sekolah.
  • Panitia memberi fasilitas transportasi dan akomodasi untuk satu guru pendamping saat grandfinal dengan membawa surat tugas dari kepala sekolah.

b. Kategori Guru :

  • Guru dari berbagai jenjang pendidikan (SD, SMP, SMA, SMK atau sederajat)
  • Pamong belajar, tutor keaksaraan, pendidik paud.
  • Wajib melampirkan/mengupload surat ijin yang mencantumkan mata pelajaran yg diampu, dari atasan langsung untuk mengikuti lomba.
  • Apabila lolos ke grandfinal, wajib membawa surat tugas sebagai peserta dari kepala sekolah atau atasan langsung.

c. Kategori Umum V-Lab : masyarakat umum dan mahasiswa
d. Kategori Umum Game-Edukasi : masyarakat umum dan mahasiswa

4. Karakteristik Peserta

  • Bersifat perorangan
  • Bersifat kelompok maksimal 3 orang (panitia menanggung biaya akomodasi 1 orang saat Grandfinal)

5. Peserta yang pernah menjadi Juara 1 Lomba Aplikasi Mobile Kihajar tidak akan menjadi finalis lomba berikutnya pada kategori yang sama.

Persyaratan Karya :
1. Karya adalah hasil ide dan kreasi original peserta. Isi karya menjadi tanggung jawab peserta.
2. Karya berupa aplikasi mobile yang bisa dipublish dan dimanfaatkan melalui website https://m-edukasi.kemdikbud.go.id
3. Aplikasi Mobile yang dimaksud adalah aplikasi yang dijalankan pada perangkat smartphone atau tablet.
4. Karya peserta tidak boleh lebih dari 200Mb. Jika karya melebihi ukuran tersebut maka karya tidak bisa di upload.
5. Karya yang dilombakan belum pernah dipublikasikan.
6. Karya yang dilombakan belum pernah menjadi juara di even lomba yang lain.
7. Karya yang dilombakan tidak mengandung unsur komersial.
8. Di dalam aplikasi, diwajibkan mencantumkan splashhscreen dengan logo standar yang telah
disediaan panitia (didownload di website resmi lomba tetapi animasi dan musik boleh dimonifikasi
max durasi 5 detik).
9. Di dalam aplikasi, peserta diwajibkan mencantumkan kredit yang berisi info pengembang, dan sumber/referensi yang digunakan (apabila menggunakan aset dari pihak lain). Karya adalah hasil ide dan kreasi original peserta.
10. Materi :
a. Pelajar
Berisi tentang sosial budaya ( Misalnya : Pendidikan Karakter, isu sosial, Budi pekerti, Kesenian Indonesia, Kebudayaan Indonesia, dan lain-lain)
b. Guru
Berisi tentang materi pembelajaran sesuai mata pelajaran yang di ampu dengan mencantumkan
tujuan pembelajaran (mata pelajaran yang diampu dicantumkan dalam surat ijin).
c. Umum V-Lab
Berisi tentang simulasi praktikum di laboratorium sekolah, dengan menyertakan lembar kerja praktikum dalam bentuk PDF.
d. Umum Game Edukasi
Berisi tentang aplikasi permainan yang mengandung unsur pembelajaran
11. Disajikan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, kecuali mata pelajaran
bahasa asing/daerah/muatan lokal.
12. Peserta yang masuk grandfinal 10 besar per kategori, menyertakan SourceCode atau ReSource saat presentasi di Grandfinal.
13. Satu karya hanya boleh di ikut sertakan pada satu kategori saja. Jika ditemukan karya yang sama dan terdaftar pada lebih dari satu kategori, maka Panitia Lomba Aplikasi Mobile Kihajar berhak
mendiskualifikasi.

Ketentuan umum
Peraturan dan ketentuan umum dalam pelaksanaan  lomba ini adalah sebagai berikut:
1. Panitia tidak menerima komplain keterlambatan dikarenakan peserta tidak mengikuti berita/
informasi dari panitia lomba.
2. Pengumpulan karya diusahakan 1 minggu sebelum batas akhir pengumpulan karya.
3. Panitia berhak membatalkan kepesertaan calon peserta bila peserta atau karya tidak sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.
4. BPMPK memiliki hak publikasi dan distribusi atas 80 karya (20 karya per kategori).
5. Keputusan panitia dan/atau juri tidak dapat diganggu gugat.
 

Total keseluruhan hadiah yang disediakan untuk semua kategori dalam Lomba Aplikasi Mobile Kihajar
2018 kurang lebih Rp. 308.000.000,-

Hadiah Untuk Pemenang
Kategori Pelajar

  • Juara 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah. Total Rp. 12.000.000,-
  • Juara 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah. Total Rp. 10.000.000,-
  • Juara 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah. Total Rp. 8.000.000,-
  • Peringkat 4-20 : Sertifikat dan Hadiah. Total Rp. 2.500.000,-

Kategori Guru

  • Juara 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah. Total Rp. 14.000.000,-
  • Juara 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah. Total Rp. 12.000.000,-
  • Juara 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah. Total Rp. 10.000.000,-
  • Peringkat 4-20 : Sertifikat dan Hadiah. Total Rp. 2.500.000,-

Kategori Umum V-Lab

  • Juara 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah. Total Rp. 14.000.000,-
  • Juara 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah. Total Rp. 12.000.000,-
  • Juara 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah. Total Rp. 10.000.000,-
  • Peringkat 4-20 : Sertifikat dan Hadiah. Total Rp. 2.500.000,-

Kategori Umum Game Edukasi

  • Juara 1 : Piala, Sertifikat dan Hadiah. Total Rp. 14.000.000,-
  • Juara 2 : Piala, Sertifikat dan Hadiah. Total Rp. 12.000.000,-
  • Juara 3 : Piala, Sertifikat dan Hadiah. Total Rp. 10.000.000,-
  • Peringkat 4-20 : Sertifikat dan Hadiah. Total Rp. 2.500.000,-

Untuk lengkapnya silahkan download Petunjuk Teknis Lomba Aplikasi Mobile Kihajar 2018

Tags

About The Author

Rikardo Dacosta 34
Ordinary

Rikardo Dacosta

Saya adalah guru aktif di salah satu sekolah negeri di sumatera utara
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel