1

Yuk Intip Perkembangan Teknologi Di Indonesia!

16 Jan 2018 13:16 2304 Hits 0 Comments
Indonesia memiliki satu problem yang fatal, yaitu besarnya bentang alam. Lebih banyak laut daripada daratan membuat pemerataan teknologi terbarukan menjadi sangat............lambat Contohnya saja, dinegara-negara maju dengan bentang alam yang tidak terlalu rumit sebut saja Korea Selatan, mereka sudah siap-siap untuk membuat jaringan 5G! Jaringan yang jauh diatas 4G!

Perkembangan Teknologi dan Informasi memang menjadi tolak ukur kemajuan suatu Negara, tak terkecuali di Indonesia, perkembangan teknologi Indonesia bisa dibilang cukup maju tetapi tidak merata, hanya di kota-kota besar saja, sedangkan di kota-kota kecil bagaimana nasibnya?

Indonesia memiliki satu problem yang fatal, yaitu besarnya bentang alam. Lebih banyak laut daripada daratan membuat pemerataan teknologi terbarukan menjadi sangat lambat. Contohnya saja, dinegara-negara maju dengan bentang alam yang tidak terlalu rumit sebut saja Korea Selatan, mereka sudah siap-siap untuk membuat jaringan 5G! Jaringan yang jauh diatas 4G!

Penggunaan 3G di Indonesia masih belum cukup merata, padahal sekarang jaringan 4G yang sedang popular dan banyak digunakan di berbagai Negara maju, bahkan dibanyak tempat jaringan 3G masih sebagai barang yang langka. Hanya kota-kota besar saja yang bisa menikmati jaringan 3G, itupun kurang maksimum. Karena tetap saja, walaupun namanya jaringan 3G, tetapi akses internet tetap dirasa lambat. Di Indonesia sendiri pun jaringan 4G sudah popular, tetapi hanya di sebagian kota-kota besar saja, baru-baru ini, dikota-kota besar seperti Surabaya dan Jakarta sudah menikmati jaringan 4G, walaupun masih terbatas. Untuk kualitas SDM sendiri Indonesia tidak kalah hebat, tidak sedikit orang-orang Indonesia yang jago dan terkenal di dunia dalam hal teknologinya. Seperti bapak Prof. Dr. Khoirul Anwar beliau adalah penemu jaringan 4G saat masih di Jepang, bahkan 4Gpun ditemukan orang Indonesia tetapi kenapa di Indonesia belum juga direalisasikan teknologinya?

Selain itu ada juga Jim Geovedi, lelaki yang hanya lulusan SMA ini menjadi salah satu top hacker didunia. Dia sudah sering diundang dalam event hacker dunia. Tidak hanya itu, dia bahkan bisa menghack koordinat satelit dan mengubah koordinat sesuai dengan yang diinginkannya.

Semoga kedepannya, pemerintah Indonesia menjadi lebih bijak. dan mampu memanfaatkan orang-orang jenius seperti mereka. Sebenarnya dari segi SDM kita sudah sangat siap, tetapi support dari pemerintah masih sangat kurang. Mereka masih sibuk membicarakan politik yang tak berujung, dan sedikit menganak tirikan masalah teknologi dan informasi. Alhasil, perusahaan asing menjadi lebih leluasa untuk memonopoli pasar Indonesia.

Sumber: teknonisme.com

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Seperti banyak negara berkembang lainnya, Indonesia belum dianggap sebagai negara yang terkemuka di dunia dalam perkembangan sains dan tekologi. Namun, sepanjang sejarahnya, ada prestasi penting, dan kontribusi yang dibuat oleh Indonesia untuk sains, dan teknologi. Saat ini,Kementrian Penelitian dan Teknologi adalah badan resmi yang bertanggung jawab atas sains, dan pengembangan teknologi di negara ini. Pada tahun 2010, Pemerintah telah mengalokasikan dana Rp. 1,9 triliun (sekitar $205 juta) atau kurang dari 1 persen dari total anggaran belanja negara untuk penelitian, dan pengembangan.

Sejarah

Hidup dalam budaya agraris, dan maritim, orang-orang di kepulauan Indonesia telah terkenal di beberapa teknologi tradisional, khususnya di bidang pertanian dan kelautan. Di bidang pertanian, misalnya, orang-orang di Indonesia, dan juga di banyak negara Asia Tenggara lainnya, terkenal dalam teknik budidaya padi yaitu terasering. Suku Bugis dan Suku Makassar adalah orang Pribumi-Nusantara di Indonesia yang juga dikenal dengan teknologi mereka dalam membuat Kapal Layar kayu yang disebut Pinisi. Candi Borobudur dan candi lainnya juga mencatat penguasaan orang Indonesia dalam teknologi arsitektur, dan teknologi konstruksi.

 

Tags Teknologi

About The Author

Indri Ratika Dewi 26
Novice

Indri Ratika Dewi

Simple
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel