1

Cyber Ansor Surabaya Siap Perangi Kelompok Seperti Saracen Di Medsos

29 Aug 2017 18:12 1418 Hits 0 Comments
Sufaat mengajak seleruh elemen masyarakat untuk menerapkan 3 S saat berselancara di dunia maya. Adalah Saring Sebelum Sharing.

Ketua PC GP Ansor Kota Surabaya H. FaridZ Afif yakin masih banyak kelompok lain serupa dengan Saracen yang suka menebar ujaran kebencian.

"Mereka bukan hanya Saracen. Masih banyak kelompok-kelompok penebar ujaran kebencian dan konten SARA yang masih belum ditangkap. Ideologi mereka membahayakan yang bisa memecah belah bangsa ini," ujar Gus Afif panggilan akrab Ketua GP Ansor Surabaya (29/8/2017).

Gus Afif juga meminta partisipasi masyarakat melawan kelompok yang menebarkan ujaran kebencian seperti Saracen di media sosial.

"Mereka menggunakan media sosial sebagai tempat berperang. Kader Ansor Surabaya juga siap melawan  mereka melalu tim cyber kami. Tapi, kita gunakan ini untuk sisi positif, bukan seperti mereka," tambah Gus Afif. 

Sementara itu, Koordinator Cyber Ansor Surabaya Sufaat mengapresiasi kepolisian atas tertangkapnya sindikat penyebar kebencian, isu SARA, dan berita hoax bernama Saracen. 

"Ini sejalan dengan kita yang juga memerangi para kelompok penebar kebencian, Sara, dan Hoax," katanya.

Sufaat mengajak seleruh elemen masyarakat untuk menerapkan 3 S saat berselancara di dunia maya. Adalah Saring Sebelum Sharing.

"Jangan terburu-buru menyebar informasi yang mengandung ujaran kebencian. Kita harus setia melakukan pengecekan terhadap setiap informasi yang kita dapatkan," tandas Sufaat. 

Sebelumnya, polisi mengungkap keberadaan kelompok Saracen yang menebar ujaran kebencian dan hoaks berbau SARA berdasarkan pesanan.

Tujuan mereka menyebarkan konten tersebut semata karena alasan ekonomi.

Media-media yang mereka miliki, baik akun Facebook maupun situs, akan mengunggah berita atau konten hoaks tergantung pesanan.

Para pelaku menyiapkan proposal berharga puluhan juta rupiah untuk ditawarkan kepada siapa saja yang memerlukan.

Hingga kini, polisi masih mempelajari para pemesan konten, berita, atau ujaran kebencian yang diunggah di grup maupun situs berita milik Saracen. 

 

Tags

About The Author

Ansor Surabaya 22
Novice

Ansor Surabaya

Cyber Ansor Surabaya
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel