1

Pramuka SMAN 5 Kediri Terima Wawasan Kebangsaan

22 Jul 2017 21:52 1158 Hits 0 Comments
pendim kediri

SMAN 5 Kediri berlokasi di Kecamatan Mojoroto Kota Kediri, kali ini siswa/siswinya mendapat kesempatan sedikit banyak mendengarkan pengetahuan seputar wawasan kebangsaan , yang disampaikan langsung Danramil Mojoroto, Kapten Inf Arifin Effendi. Dengan Tema “Empat Pilar Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara”, ratusan siswa/siswi yang duduk dibangku kelas 11 atau 2 SMAN 5 Kediri, mendengarkan wawasan kebangsaan di aula SMAN 5 Kediri, sabtu (22/07/2017)

 

Pada awal wawasan kebangsannya, Kapten Inf Arifin Effendi mengatakan, Pancasila sangat memenuhi syarat sebagai pilar bagi bangsa Indonesia yang pluralistik dan besar ini. Selain itu, Pancasila mampu mengakomodasi keanekaragaman yang terdapat dalam kehidupan negara-bangsa Indonesia.

 

Wawasan kebangsaan ini merupakan bagian dari pembinaan kepramukaan yang rutin diadakan setiap hari minggu oleh SMAN 5 Kediri ,dan kali ini latihan kepramukaan sedikit berbeda dibanding hari sebelumnya. SMAN 5 Kediri sebelumnya juga sudah melewati masa pengenalan lingkungan sekolah ,dan Koramil 03/Mojoroto turut melatih dan membina siswa/siswinya.

 

“Di alinea ketiga disebutkan bahwa “pernyataan kemerdekaan bangsa Indonesia itu atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa,” yang bermakna bahwa kemerdekaan yang dinyatakan oleh bangsa Indonesia itu semata-mata karena mendapat rahmat dan ridho dari Tuhan Yang Maha Esa. Kalimat tersebut merupakan suatu pengakuan adanya suatu kekuasaan di atas kekuasaan manusia yang mengatur segala hal yang terjadi di alam semesta ini,” kata Kapten Inf Arifin Effendi.

 

Lanjutnya ,”Pemuda merupakan salah satu penentu kemajuan suatu bangsa dan negara, karena dari pemudalah lahir calon pemimpin dimasa yang akan datang. Jika generasi muda pada saat ini pandai untuk mengeluarkan atau mengelola potensi-potensi yang ada dalam diri mereka masing-masing serta menjaga sumber daya alam dan kekayaan alam yang kita miliki saat ini, pasti Indonesia akan maju.”

 

Tags

About The Author

Dodik suwarno 55
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel