1

Dialog Interaktif Bersama Danrem 082/CPYJ Di Posko LTT Kodim 0809/Kediri

7 Jun 2017 16:42 986 Hits 0 Comments
pendim kediri

Usai meresmikan rehabilitasi dan pembangunan sumur baru di Desa Manggis Kecamatan Puncu, Danrem 082/CPYJ Kolonel Kav.Gathut Setyo Utomo S.I.P didampingi Dandim Kediri ,Letkol Arm Joko Setiyo K, M.Si (Han) dan Danramil Papar, Kapten Chb Mulyono, kumpul bareng Abdul Majid ,Seskitjen Kementan RI di posko LTT yang berdiri di Desa Puhjajar Kecamatan Papar Kabupaten Kediri. Dialog sambungrasa di dalam posko LTT ini, juga dihadiri Camat Papar Sujatmiko, Kades Puhjajar Sukobudi dan PPL Desa Puhjajar Suparno, rabu (07/06/2017)

 

Orang nomor satu di jajaran Korem 082/CPYJ ini sempat bertanya jawab langsung dengan ketua kelompok tani setempat ,seputar fluktuasi harga terkini gabah dan beras, baik harga yang dipatok Bulog maupun pedagang. Disamping itu Danrem 082/CPYJ juga menanyakan langsung kebutuhan alsintan sekarang, dari jenis yang memang sangat dibutuhkan ,maupun jenis yang relatif kurang efektif di lapangan.

 

Dari tanya jawab tersebut, dapat ditarik kebutuhan paling dominan untuk segera direalisasikan, dan jenis alsintan itu berupa transplanter. Tetapi jenis yang satu ini juga harus digodok terlebih dahulu untuk diketahui sejauhmana kebutuhan alsintan jenis transplanter ini di Kediri.

 

Selain itu, Abdul Majid juga menjelaskan masalah teknis yang selalu menjadi alasan global dari para petani, terutama saat menjalankan mesin. Beberapa petani sempat mengeluhkan kondisi mesin yang kurang bersahabat untuk membantu areal pertanian mereka, tetapi dengan transparan, Abdul Majid menjelaskan kondisi para petani didaerah lain yang mampu menggunakannya dengan tepat dan benar, itu semua perlu skill bukan hanya mengandalkan otot saja, terutama saat menghadapi tanah yang padat atau posisi sawah yang menggunakan teras siring.

 

Abdul Majid juga meminta kesadaran para petani untuk menyadari kemampuan skill masing-masing dan tidak memaksakan bila tidak mampu menguasai mesin dari berbagai jenis yang sudah diperbantukan pemerintah. Ketidakmampuan skill bisa dicari solusinya, yaitu mencari orang tepat untuk menjalankan mesin tersebut dengan benar.

 

Kapten Chb Mulyono juga angkat bicara masalah kondisi alam yang tidak bisa diprediksi secara tepat, seperti hujan yang bisa datang sewaktu-waktu atau justru sebaliknya, berbulan-bulan tanpa turun hujan, semua itu bukan berarti harus menyalahkan siapa dan siapa yang patut disalahkan, tetapi mencari solusi yang tepat, karena alam tidak bisa diatur manusia. Petani harus membaca alam, bukan malah melawan alam, untuk itu pengetahuan sektor pertanian harus dicerna dan dipraktekan secara nyata dilapangan.

 

Tags

About The Author

Dodik suwarno 55
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel