1

Menyemprot Hama Tetap Lanjut Saat Bulan Ramadhan

4 Jun 2017 07:23 1114 Hits 0 Comments
pendim kediri

Penyemprotan hama saat secara bersamaan menjalani ibadah puasa di bulan Ramadhan, dilakukan hari ini oleh 6 anggota Koramil 13/Kepung bersama para petani Desa Keling Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri. Penyemprotan tersebut dilakukan karena disinyalir beberapa lahan pertanian milik petani terkena hama wereng, minggu (04/06/2017).

Dari keterangan Bati Tuud Koramil Kepung, Pelda Supriyono, lahan yang terimbas dari serangan hama wereng sekitar 4,2 hektar, itupun sebatas dugaan sementara, tetapi yang benar-benar terkena hama wereng mencapai 1,6 hektar, yang berada di lahan pertanian milik Tumijan (0,5 hektar), Ramidi (0,7 hektar) dan Sutari (0,4 hektar), ketiganya adalah petani Desa Keling. Sedangkan lahan yang diduga terkena imbas hama wereng sekitar 2,6 hektar, dan 0,7 hektar diantaranya adalah lahan pertanian milik Kasi Trantib Desa Keling, Mugiono, dan sisanya adalah lahan pertanian milik petani setempat.

Menurut Yulianto, selaku PPL Pertanian, dugaan sementara tersebut berdasarkan lokasi lahan pertanian yang berada disekitar lahan pertanian yang terkena langsung hama wereng. Sedangkan untuk kebenaran atau tanda-tanda pada tanaman padi masih belum ditemukan, karena faktor cuaca yang terkadang turun hujan deras, sangat menyulitkan untuk mengetahui secara jelas.  Sedangkan lahan yang diduga terkena imbas hama wereng sekitar 2,6 hektar, dan 0,7 hektar diantaranya adalah lahan pertanian milik Kasi Trantib Desa Keling, Mugiono, dan sisanya adalah lahan pertanian milik petani setempat.

Ramidi, salah satu petani yang lahan pertaniannya terkena hama wereng menjelaskan, keberadaan hama wereng tersebut perlu dicek terlebih dahulu. Berbeda lagi dengan Mugiono, kendati lahan pertaniannya masih bersifat dugaan, tetapi langkah antisipasi sudah dilakukan sejak dini, karena penyebaran hama yang satu ini, juga masih tidak jelas kemana arahnya.

Tags

About The Author

Dodik suwarno 55
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel