1

Kembangkan Cabai Massal Cegah Tradisi Naik Turun Harga

9 May 2017 10:51 1638 Hits 0 Comments
kodim kediri

Upaya untuk tidak lagi mengalami tradisi dari tahun ke tahun akibat melonjaknya harga cabai, Kodim 0809/Kediri melakukan studi budidaya cabai rawit lokasi pembibitan cabai rawit milik Tarmuji warga Desa Brenggolo Kecamatan Plosoklaten. Danramil Plosoklaten, Kapten Kav Yanis Prasetyo bersama Ir.Sukamto dari Dinas Pertanian Kabupaten Kediri secara langsung memandu anggota Koramil jajaran Kodim Kediri untuk mengetahui lebih jauh seputar budidaya tanaman cabai, selasa (09/05/2017)

Bibit-bibit cabai yang masih berukuran kecil ini, semua dalam kondisi sehat, bahkan warna daun dan batangnya terlihat hijau muda tanpa cela sedikitpun. Selain itu, areal yang dimiliki Tarmuji juga cukup luas untuk ukuran pekarangan rumah rata-rata di Plosoklaten ini, apalagi disekitar rumahnya tumbuh tanaman yang besar dan rindang, sehingga membawa kesejukan tersendiri bagi seluruh anggota Kodim Kediri.

“Jangan membuat bibit cabai rawit dari cabai sisa yang disertakan di dalam bungkusan gorengan. Biasanya cabenya masih mentah dan belum tua benar, lebih baik ambil cabai rawit merah dari pasar, karena biasanya cabai rawit merahnya merah matang. Akan lebih baik lagi jika kita sudah mempunyai tanaman sendiri yang akan dibuat benih. Pilih cabai rawit yang sudah matang dan berwarna merah. Pastikan cabainya bagus dan tidak ada kelainan warna atau sebelumnya terserang penyakit,” jelas Ir.Sukamto

Dari keterangan Kapten Kav Yanis Prasetyo, budidaya tanaman cabai rawit di Kecamatan Plosoklaten merupakan salah satu produk tanaman unggulan bagi para petani disini, terutama yang memiliki lahan yang cukup luas disekitar rumahnya. Disamping itu, bibit-bibit hasil dari budidaya para petani disini, juga dijual keluar daerah ,diantaranya ke Tulungagung, Blitar, Malang, Jombang dan Nganjuk.

“Tradisi tahunan naiknya harga cabai, setidaknya bisa kita minimalisir dengan adanya studi ketahanan pangan ini. Pengetahuan yang benar-benar sudah diterapkan bapak Tarmuji, bisa disebarluaskan anggota Kodim Kediri. Apalagi bapak Tarmuji ini sudah lebih dari 10 tahun menggeluti budidaya tanaman cabai, jadi kredibitasnya sebagai petani sukses patut ditiru,” kata Kapten KavYanis Prasetyo.

Tags

About The Author

Dodik suwarno 55
Expert
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel