Cara Koreksi LJK (Lembar Jawaban Komputer) Dengan Kamera Smartphone

7 Sep 2016 22:57 28708 Hits 1 Comments
Berikut ini adalah cara mengoreksi LJK dengan kamera Smartphone Anda.

Video ini menggunakan aplikasi Android yang bernama ZipGrade. Dengan menggukan aplikasi ini maka Kamera smartphone Anda bisa mengoreksi Lembar jawban Komputer (LJK) yang sudah disediakan formatnya. Aplikasi ini sangat membantu rekan guru dalam hal mengoreksi jawaban siswa. Tentunya mengurangi Human Error (Salah koreksi). Jadi cukup ZipGrade + Kamera = Hasil Koreksi. Simple dan mudah.

Guru sering membuat tes kepada siswa dalam bentuk pilihan berganda untuk mengetahui keterberhasilan belajar siswa. Guru sebagai seorang manusia, sering salah mengoreksi hasil tes siswa. Sehingga siswa sering protes kepada Guru karena nilainya kurang atau lebih. Proses koreksi juga memakan waktu yang lama dan butuh konsentrasi tinggi. Sehingga muncul dalam benak "Ada gak yah, software yang bisa koreksi hasil tes siswa dengan cepat dan tepat ?"

Beberapa Saya temukan software yang bagus, namun software tersebut membutuhkan alat Scanner yang harganya luar biasa mahal. Tanpa sengaja saya menemukan aplikasi ZipGrade ini. Ternyata hanya menggunakan Kamera Smartphone yang notabenenya guru sudah punya (alias tidak beli lagi) dapat mengoreksi layaknya scanner yang mahal tersebut, yang penting kamera Anda bagus.
Anda bisa mendownloadnya di Play Store Android ataupun di Apps Store Iphone.

ZipGrade menyediakan 3 Tipel LJK, yaitu :
1. Tipe 20 Soal (tidak pakai nomor id peserta)
2. Tipe 50 Soal (pakai nomor id peserta)
3. Tipe 100 Soal (pakai nomor id peserta)
Ketiga tipe ini dipilih sesuai dengan kondisi yang dipakai disekolah. LJK ini bisa didownload di laman https://www.zipgrade.com/forms/. Ada disediakan yang bertentuk file PDF. Ada juga yang berbentuk gambar PNG. Gambar PNG ini bisa Anda Edit. Saya mengedit yang 20 soal agar dalam 1 lembar kertas muat 4 LJK. Jadi bisa hemat kertas. Yang 50 dan 100 soal sudah pas 1 lembar kertas, tidak bisa di edit lagi. Silahan Cetak sendiri. Untuk memperbanyak boleh difotokopi. Jadi lebih hemat jika dibandingkan pakai LJK yang biasanya, karena LJK itu biaya cetaknya mahal.

Setelah LJK dijawab siswa, dengan ZipGrade tinggal mengoreksi saja. Cukup arahkan kamera smartphone Anda ke lembar jawabannya. Nanti hasilnya akan di tampilkan di layar Smartphone Anda. Setelah selesai mengoreksi, hasil koreksi dapat di eksport menjadi PDF atau CSV File. Jika ingin melihat hasilnya cukup eksport ke PDF saja. Tapi jika ingin melakukan analisis tes, Anda bisa mengeksportnya ke CSV file, nanti file tersebut bisa di buka di aplikasi pengolah Angka Komputer seperti Microsoft Office Excel.

Untuk lebih lengkapnya silahkan lihat video berikut ini.

Semoga artikel ini bermanfaat buat rekan-rekan Guru yang Saya muliakan. Sekian dan terima kasih.

About The Author

Rikardo Dacosta 29
Pena

Rikardo Dacosta

Saya adalah guru aktif di salah satu sekolah negeri di sumatera utara

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel