1

Nabi dan Rasul

27 Jul 2016 10:17 2224 Hits 1 Comments
apakah anda mendengar dan apakah itu nabi dan rosul?

 

Nabi dan rasul apakah anda mendengar dan apakah itu nabi dan rosul?

Pasti anda pernah mendengarnya kalau anda beragama islam, dari sejak kecil sering di jelaskan di pengajian pengajian , bahkan sering juga di ceritakan oleh guru mengaji tentang cerita cerita nabi dan rosul pasti ceritanya seru kan.

Dan di bawah ini adalah definisi dari nabi dan rasul :

Nabi adalah seorang dengan jenis kelamin pria yang mendapatkan wahyu dari ALLAH swt namun tidak wajib disebarkan kepada orang lain atau untuk dirinya sendiri.

 

Rasul adalah seseorang dengan jenis kelamin laki-laki yang mendapatkan wahyu dari Allah saw dan memiliki kewajiban untuk menyebarluaskan wahyu tersebut kepada umatnya.

 Dan perbedaan anatara nabi dan rasul adalah para Nabi boleh menyampaikan wahyu yang diterimanya tetapi tidak punya kewajiban untuk menyampaikan kepada umat tertentu atau wilayah tertentu. Sementara, kata "rasul" berasal dari kata risala yang berarti penyampaian. Karena itu, para rasul, setelah lebih dulu diangkat sebagai nabi, bertugas menyampaikan wahyu dengan kewajiban atas suatu umat atau wilayah tertentu.                                                

 Dari semua rasul, Muhammad sebagai 'Nabi Penutup' atau yang disebut khotaminnabiyin yang mendapatkan gelar resmi di dalam Al-Qur'an Rasulullah  adalah satu-satunya yang kewajibannya meliputi umat dan wilayah seluruh alam semesta 'Rahmatan lil Alamin'.

Dan berapakah nabi dan rasul yang harus kita ketahui?

Yaitu 25 yang wajib kita ketahui tapi jumlah yang sebenarnya itu lebih dari 25 bahkan sampai ribuan.

Dan ini nama nama nabi dan rasul yang harus kita ketahui :

Nabi Adam as, Nabi Idris as ,Nabi Nuh as ,Nabi Huud as ,Nabi Shaleh as ,Nabi Ibrahim as

,Nabi Ismail as ,Nabi Luth as ,Nabi Ishaq as ,Nabi Ya’qub as ,Nabi Yusuf as ,Nabi Syu’aib as ,Nabi Ayyub as ,Nabi Dzulkifli as ,Nabi Musa as ,Nabi Harun as ,Nabi Daud as ,Nabi Sulaiman as ,Nabi Ilyas as ,Nabi Ilyasa as ,Nabi Yunus as ,Nabi Zakaria as ,Nabi Yahya as ,Nabi Isa as ,Nabi Muhammad saw.

 

Apakah kalian sudah tahu semuanya nama nabi dan rasul, kalau sudah tahu ya bagus, tabi bagi yang belum tahu coba di ingatya nama namanya dan bagi orang yang sudah dewasa jangan kalah sama anak kecil.

Tags Agama

About The Author

sandi sutisna 22
Novice

sandi sutisna

sandi adalah salah seorang siswa yang sedang gemar mencari pengalaman
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel