Kongres ​UMKM ​Tetapkan 12 Agustus Sebagai Hari UMKM

16 Jun 2016 20:37 2246 Hits 1 Comments
Samsul Hadi menyampaikan bahwa peserta Temu Nasional Pendamping Kedua, telah sepakat menetapkan tanggal lahir Proklamator Bapak Muhammad Hatta, 12 Agustus sebagai Hari UMKM.

 

JAKARTA --- Ketua Umum Asosiasi BDS Indonesia (ABDSI), Samsul Hadi beserta delegasi DPN ABDSI, Rabu sore 16 Juni 2016, melakukan kunjungan ramah tamah ke kediaman Ibu Meutia Hatta, dalam rangka menyampaikan hasil kegiatan bersama antara Working Group Pendampingan KUMKM dan ABDSI : Kongres Nasional UMKM dan Temu Nasional Pendamping Kedua  yang telah dilaksanakan pada 25-26 Mei 2016 di Yogyakarta.

Dalam kunjungan ini, Samsul Hadi menyampaikan bahwa peserta Temu Nasional Pendamping Kedua, telah sepakat menetapkan tanggal lahir Proklamator Bapak Muhammad Hatta, 12 Agustus sebagai Hari UMKM. Penetapan tanggal tersebut dimaksudkan untuk menghargai Muhammad Hatta yang konsisten sebagai tokoh yang memperjuangkan ekonomi kerakyatan Indonesia.

"Hari UMKM perlu untuk meneguhkan kembali semangat berdaulat dan mengakselerasi kemandirian bangsa wujudkan kesejahteraan rakyat", kata Samsul Hadi.

Prof. Dr.â Meutia Farida Hatta atau yang akrab dipanggil Meutia Hatta, seorang ahli antropologi dan politikus Indonesia, yang juga mantan Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Indonesia ke-7, selaku putri mantan wakil presiden dan proklamator Indonesia, Mohammad Hatta, menyambut baik kunjungan ini. "UMKM harus memiliki ruh koperasi yakni semangat bersama-sama menolong diri sendiri", ungkap Meutia Hatta.

Meutia Hatta berharap penghargaan terhadap almarhum ayahanda, Bapak Muhammad Hatta, dengan memperingati tanggal lahir 12 Agustus sebagai Hari UMKM, dapat merawat sikap asah, asih, asuh dalam semangat gotong royong yang kuat, seperti yang senantiasa dipesankan oleh Bung Hatta.

Dalam kesempatan tersebut, Samsul Hadi juga menyampaikan dokumen lengkap hasil Kongres Nasional UMKM dan Temu Nasional Pendamping Kedua, di antaranya:  (1) Piagam Yogyakarta, (2) Deklarasi Hari UMKM, (3) Deklarasi Kode Etik Pendamping dan (4) Tri Dharma UMKM.

"Dalam waktu dekat kita juga akan menyampaikan hasil kongres UMKM ini kepada Presiden RI Joko Widodo dengan harapan pilar-pilar UMKM (pemerintah, akademisi, bisnis, pendamping, komunitas) bersinergi tingkatkan produktivitas dan daya saing UMKM guna atasi kesenjangan ekonomi dan turunkan jumlah rakyat miskin", ungkap Samsul Hadi.

"Dengan latar belakang Presiden RI Joko Widodo sebagai mantan pengusaha UMKM di bidang furniture, kami optimis beliau akan sangat antusias menerima hasil kongres UMKM ini dan usulan Hari Nasional - Hari UMKM 12 Agustus", lanjut Samsul Hadi

Dengan adanya usulan Hari UMKM ini, maka Bangsa Indonesia telah lengkap memiliki hari peringatan untuk  gerakan Koperasi pada tanggal 12 Juli  dan UMKM pada tanggal 12 Agustus, sebagai sarana untuk merawat dan membesarkan semangat ekonomi kerakyatan.

Tags

About The Author

Dhimaz Sapto Poedjanarto 12
Novice

Dhimaz Sapto Poedjanarto

Facilitator of Local Economy Development, SME’s Cluster Development, Community Development & Empowerment, Creative Economy & Live skills, Good Governance Support, Participation Development, Interactive Training, ISO9001 & FSC Certification, Facilitator of C-BED (Community-Based Enterprise Development)

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Dhimaz Sapto Poedjanarto